Cara Melepas dan Memasang Kepala Silinder Sepeda Motor

 Mazyanto.com- Cara melepas dan memasang kepala silinder sepeda motor. Kendaraan saat ini menjadi peran penting dalam kehidupan sehari-hari, tak jarang orang menggunakan nya sebagai sarana untuk menunjang kegiatan sehari-hari. Kendaraan sepeda motor ada dua jenis, 2 tak dan 4 tak. Cara kerjanya pun sama hanya saja langkah dan putaran nya yang membedakan. 

Cara Melepas dan Memasang Kepala Silinder Sepeda Motor


untuk menunjang Kinerja sepeda motor 4 tak tentu kita harus rutinitas melakukan perawatan, salah satu nya pada bagian kepala silinder. Karena kepala silinder memegang peranan penting. Pasalnya mulai dari pengapian, proses pembangkaran dan pembuangan terjadi di bagian kepala silinder. 


Adapun komponen komponen pada bagian kepala silinder di antara nya, cham shaff, roker arm, katup masuk, katup buang, dan gear timing. 


Proses pembakaran yang terjadi di ruang bakar atau didalam silinder dapat terjadi karena adanya chamshaff yang berputar sehingga katup masuk dan buang bekerja dengan baik. 


Untuk itu perawatan berkala pun penting untuk dilakukan demi menunjang kondisi mesin yang baik, untuk melakukan perawatan ada perawatan ringan dan juga perawatan berat. Jika kondisi mesin sudah lama pemakaian dan perlu untuk dilakukan perawatan berat maka penanganan yang lebih serius harus segera dilakukan. 


Perawatan berat yang harus dilakukan adalah dengan membongkar bagian seluruh kepala silinder serta memeriksa komponen satu persatu lalu membersihkan nya. Untuk melepas atau membongkar  kepala silinder diperlukan keahlian, pasal nya pada saat pemasangan posisi TMA harus sesuai dengan timing nya. Misalnya pada saat piston berada di TMA maka posisi chamshat/klep harus netral. 


Langkah melepas dan membongkar kepala silinder. 

Untuk melepas kepala silinder pertama kita harus melepas komponen komponen yang menempel pada bagian kepala silinder salah satunya seperti kenalpot, karburator/intake manifol, filter udara dan komponen lainya.  Melepas bagian kepala silinder ada urutan urutan tertentu, jika tidak mengikuti prosedur maka tidak semua komponen dapat terbuka, seperti rocker arm. Peralatan yang harus digunakan pun harus lengkap  dan sesuai dengan ketentuan agar proses pembongkaran berjalan dengan baik sesuai standar keamanan. 


1. Melepas kepala silinder

- Lepas komponen yang menempel pada kepala silinder, kenalpot, intake manifol, body body. 

- Lepaskan  lubang pemeriksa tanda T di bagian bak magnet.  Dan juga lepas tutup gear timing serta tutup klep untuk melihat posisi TMA .  Periksa celah kelep dan top timing. 

- Jika sudah lepaskan baut silinder head dan rantai mesin. 

- Sebelum melepas rantai harap periksa rantai apakah sudah kendur atau belum. 

- Lepaskan silinder head dari silinder. 

- Bersihkan sisa sisa gasket yang menempel pada kepala silinder dan tutup kepala silinder. 

2. Membuka isi kepala silinder

Cara Melepas dan Memasang Kepala Silinder Sepeda Motor


- Kendurkan celah klep

- Keluarkan pin/poros rocker arm dengan menggunakan baut biasanya 12/14, pada ujung ulir, lalu keluar pen tersebut. 

- Keluarkan rocker arm

- Periksa rocker arm dan pin dari kausan. 

- Jika kira nya sudah aus maka segera ganti dengan  komponen yang baru. baru

- Periksa juga payung klep, apakah sudah ada kebocoran atau tidak, jika terjadi kebocoran maka segera skirr. 

- Bersihkan ruang bakar dari kerak dan gasket yang menempel. 

3. Memasang kepala silinder

- Siapkan gasket yang baru "Top Set" Sesuai dengan jenis kendaraan

- Pasang silinder, jangan lupa gasket nya juga. 

- Rakit terlebih dahulu  isi kepala silinder, seperti memasang payung klep, rocker arm chamshaff

- Jika sudah terpasang semua, pasang kepala silinder dengan silinder, kemudian kencangkan. 

- Pasang rantai klep sesuai dengan timing. Dimna posisi piston TMA dan chamshaff / klep netral lalu lihat tanda T pada lubang bak mesin magnet. Untuk melihat chamshaff netral atau tidak bisanya pada bagian gear rantai klep ada tanda titik, pastikan tanda titik tersebut sejajar dengan tanda panah/titik di bagian kepala silinder. 

- Jika sudah pasang kembali komponen yang menempel di bagian kepala silinder seperti kenalpot, karburator dan lain lain. 


Itu lah pengalaman cara melepas dan memasang Kepala silinder, setiap kendaraan proses nya sama hanya saja berbeda tempat dan komponen nya.  Terimakasih sudah berkunjung semoga bermanfaat. 


Tidak ada komentar untuk "Cara Melepas dan Memasang Kepala Silinder Sepeda Motor"

Berlangganan via Email