Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Donasi

Cara Mudah Melepas dan Memasang Katup ( Valve )

Halo Sobat mazyanto.com, balik dengan artkel tentang cara melepas dan memasang katup.

Katup merupakan komponen pada mesin  seperti  mesin mobil, mesin motor, mesin diesel yang memiliki fungsi sebagai pengatur aliran fluida baik berupa cair ataupun berupa gas atau juga bisa dibilang alat untuk membuka dan  menutup.

Baca Juga: Cara melepas dan memasang kepala silinder sepeda motor

Katup sendiri memiliki cara kerja membuka dan menutup, selain itu juga katup digerakan oleh poros  chamshaft yang diputar melalui rantai timing.

Cara Mudah Melepas dan Memasang Katup (Valve)
katup (Valve)


Untuk melepaskan , membongkar dan memasang katup ada cara sendiri yang harus dilakukan, tidak asal lepas saja. 

Umumnya katup yang masih bagus akan menhasilkan kerja yang bagus juga seperti suara pada mesin yang halus dan efisiensi bahan bakar yang baik.

Namun jika katup sudah mengalami masalah maka akan banyak terjadi problem, seperti apakah jika katup bermasalah, simak penjelasan dibawah ini

Inilah Akibat Jika Katup mengalami kerusakan

1. Batang Katup Haus / rusak

Jika terjadi masalah pada batang katup biasanya karena sudah aus atau karena kurang nya pelumas mesin sehingga menyebabkan  batang menjadi longgar dan lama lama akan menipis.

Hal ini juga akan menyebabkan batang katup menjadi goyang atau sudah tidak stabil lagi karena kelonggaran atau keausan tersebut. Solusinya adalah dengan mengganti katup yang baru.

Selain itu itu juga akan menyebabkan oli menjadi cepat habis karena secara otomatis akan masuk ke ruang bakar melalui celah batang katup yang longgar tersebut.

Kemudian ruang bakar akan menjadi cepat mengerak atau mudah kotor akibat dari oli yang masuk tersebut.

Oli yang masuk keruang bakar lama kelamaan akan menjadi kerak dan menimbulkan masalah baik pada busi ataupun nozel.

Catatan perbaikan : Solusi dari batang katup yang sudah aus addalah dengan mengganti katup dengan yang baru, dan jangan lupa untuk melakukan skir ulang.

2. Permukaan katup Pecah / piringan katup pecah

Akibat dari pecahnya permukaan katup ini sangatlah fatal seperti  tenaga kompresi mesin menjadi bocor sehingga tenaga sudah pasti loyo.

Biasanya dalam kondisi seperti ini kondisi mesin akan lebih sulit untuk dihidupkan karena kompresi tidak lagi padat  (kompresi bocor)

Catatatn perbaikan: Untuk proses perbaikanya adalah cukup dengan mengganti kkatup dengan yang baru kemudian skir kembali katup tersebut hingga tidak ada kebocoran.

3. Katup Patah, bengkok, melengkung atau pecah

Hal ini biasanya diakibatkan karena katup bertumburan dengan piston, ntah itu karena timing chain putus atau memang tidak stel, atau bahkan ada loncatan pada gigi timing chain. Atau bisa juga timing belt putus. Jika terjadi hal seperti itu maka biasanya mobil:

1. Tidak akan hidup

2. Katup macet/seret

Catatan perbaikan: untuk mengatasi hal ini adalah cukup dengan mengganti katup dengan komponen yang baru.

Nah itulah penjelasan mengenai  kerusakn kerusakan yang terjadi pada katup, sekarang bagiamana cara melepas dan memasang katup tersebut.

Inilah cara melepas / membongkar katup

Sebelum melakukan pembongkaran pada katup sebaiknya persiapkan terlebih dahulu peralatan peralatan yang akan dipakai seperti alat penekan pegas, jika saya bisanya menggunakan kunci shok dan lap, Kemudian :

1. Gunakan alat penekan pegas tersebut untuk menekan pegas katup, setelah itu keluarkan kunci tersebut dan lepaskan pegas katup.

2. Kemudian setelah itu lakukan secara berturut turut dengan membuka pegas katup – seal pegas katup /  karet katup – penahan pegas katup – pelat cincin – dan batang katup dari kepala silinder itu sendiri.

3. Proses pelepasan selesai, sebaikan lakukan pengecekan dan pembersihan

Sekarang bagaimana cara memasang katup?

Untuk melakukan pemasangan katup yaitu dengan malakukan kebalikan nya dari proses pelepasan seperti:

1. Pasanglah katup pada kepala silinder – pasang seal katup -  pasang pegas katup – paanglah pelindung pegas – pasang penahan pegas katup / sepi tersebut. Jika dirasa semua komponen sudah terpasang maka kita tinggal siap untuk melakukan pemasangan yaitu dengan menekan kembali dengan alat penekan pegas yang dipakai untuk melepas tersebut.

Kesimpulan

Dari penjelasan diatas dapat disimpulkan bahwa pada semua jenis  mesin intinya sama, mau itu mesin sepeda motor, mesin mobil, bagaimana cara melepasnya dan bagaimana cara memasangnya, karena umumnya komponen ini sama.


Posting Komentar untuk "Cara Mudah Melepas dan Memasang Katup ( Valve )"