Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Donasi

Inilah Penyebab Katup / klep (Valve) Rusak atau aus beserta cara Memperbaikinya

Katup merupakan salah satu komponen mesin yang krusial, pasal nya proses kerja mesin bisa terjadi dengan sempurna karena katup dapat bekerja dengan baik.

Namun dalam pembahasan kali ini akan  membahas apa penyebab katup (valve) rusak ataupun aus, lalu bagaimana cara mengatasinya.

Inilah Penyebab Katup (Valve) Rusak atau aus beserta cara Memperbaikinya


Di artikel sebelumnya  sudah dibahas mengenai cara melepas dan memasang katup (valve) kemudian cara memperbaiki katup (valve) yang rusak /  aus, nah dalam pembahasan ini seperti yang sudah dijelaskan diatas yaitu penyebab katup (valve ) rusak / aus.

Katup yang rusak sudah pasti ada yang menyebabkan nya, tidak mungkin komponen ini rusak dengan sendirinya, untuk itu berikut ini apa saja yang menyebabkan katup rusak:

Inilah Penyebab katup (valve ) Rusak

1. Rantai Timing Putus

Penyebab katup rusak yang pertama adalah terjadi masalah pada rantai timing, karena jika rantai tersebut putus maka secara kerja  mesin menjadi tidak sesuai dengan titik mati atas, sehingga posisi piston dan klep terjadi benturan mengakibatkan kebengkokan dan bahkan bisa sampai hancur.

Kondisi seperti ini biasanya sering terjadi karena usia rantai timing yang sudah lama atau bisa juga karena jarang ganti oli sehingga pelumasan pada rantai kurang dan menjadi kering.

Dan akibat dari masalah ini adalah:

a. Katup / klep bengkok

b. Katup / klep hancur

c. Katup, dan piston hancur

Cara mengatasi / memperbaikinya:

Cara memperbaikinya adalah bongkar pada bagian head silinder dan bak magnet, kemudian  periksa pada bagian mana yang terjadi kerusakan parah, biasanya rantai timing, piston, dan payung klep sudah pasti harus diganti dengan yang baru. Kemudian lakukan pergantian pada komponen yang mengalami kerusakan tersebut.

2. Usia Pakai katup / jarang ganti oli

Penyebab kerusakan pada katup lainya adalah memang usia pakai yang sudah lama ditambah lagi si pemakai kurang nya perawatan. Hal ini bisa saja terjadi karena setiap komponen memiliki masa pakai atau masa dimana akan mengalami kerusakan, jadi sebaiknya lakukanlah perawatan berkala secara rutin sehingga performa mesin tetap terjaga.


Dan akibat dari usia katup terlalu lama adalah:

1. Terjadi keausan pada batang katup

Apabila batang katup mengalami keausan maka akan menyebabkan masalah masalah seperti berikut:

a. Kompresi menjadi bocor / ngobos

b. Sulitnya mesin ketika akan dihidupkan

c. Bahan bakar menjadi boros

Untuk itu cara mengatasi dan memperbaikinya adalah dengan cara men skir ulang  dan jangan lupa untuk memeriksa komponen yang lainya apakah masih layak pakai atau sudah waktunya ganti.

3.. Seal Klep Bocor

Penyebab kerusakan pada katup yang rusak lainya adalah seal klep yang sudah lama bocor namun tetap saja dibiarkan, karena umumnya seal klep diganti setiap kali melakukan perawatan servis berat, jadi ketika si pemiliki kurang perawatan maka hal ini bisa saja terjadi.

Jika seal klep ini sudah aur / bocor maka akan menyebabkan :

a. Oli masuk keruang bakar

b. Mesin menjadi  berasap putih dan hitam

c. Busi mudah kotor dan bahkan cepat mati

d. Piston menjadi cepat berkerak

e. Ruang bakar kotor / berkerak

Untuk itu cara mengatasinya atau memperbaikinya adalah dengan mengganti seal dengan yang baru dan kemudian jangan lupa untuk men skir ulang klep / katup.

Itulah beberapa penyebab mengapa katup rusak atau aus sehingga menyebabkan mesin kendaraan mogok.

Inilah Penyebab Katup (Valve) Rusak atau aus beserta cara Memperbaikinya


Kesimpulan:

Dari penjelasan diatas dapat diambil kesimpulan bahwa jika perawan dilakukan secara rutin maka kondisi mesin motor tidak akan rusak separah ini, namun begitu juga sebaliknya. Untuk itu lakukanlah perawatan secara rutin untuk menjaga kerja mesin.


Posting Komentar untuk "Inilah Penyebab Katup / klep (Valve) Rusak atau aus beserta cara Memperbaikinya"