Tips Sederhana Merawat Dan Membersihkan Busi Agar Tetap Awet

Mazyanto.com-Tips sederhana merawat dan menjaga busi agar tetap awet. cara mudah membersihkan dan merawat busi agar tetap awet. Busi merupakan  komponen penting dalam sebuah kendaraan. Pada kendaraan busi bertugas memercikan bunga api guna untuk  membakar campuran udara dan bahan bakar di dalam ruang bakar.
merawat busi agar awet
Perawatan Pada Busi

Pembersihan pada busi. 
Agar kondisi busi selalu tetap awet dan terjaga, maka pembersihan rutin harus sering dilakukan.
Berikut langkah-langkah dalam melakukan pembersihan busi:
Siapkan kunci busi.
Buka busi
Bersihkan busi dengan menggunakan sikat dan bensin.
Bersihkan kerak-kerak pada elektroda dan pastikan busi sudah bersih.
Keringkan atau lap dengan kain.
Jika sudah kering, langkah selanjutnya adalah pasang kembali.

Perawatan pada busi kendaraan.
Busi yang bagus harus rutin dilakukan perawatan berkala.

Berikut ini langkah-langkah dalam melakukan perawatan pada busi :

1 . Perawatan berkala. 
Perawatan berkala adalah perawatan  yang dilakukan secara rutin atau dilakukan secara kontinu. Dalam hal ini perawatan berkala pada busi sangat berpengaruh terhadap kelangsungan umur busi. Dimana semakin rutin perawatan makan akan semakin awet busi tersebut. Perawatan berkala dapat dilakukan dengan cara membersihkan busi, seperti membersihkan kerak-kerak pada elektroda busi, mengecek kerenggangan celah busi dan mengecek keausan busi.

Bagaimana cara membersihkan busi yang hitam. 
Nah jika busi anda sudah terlalu hitam dan bingung bagaimana cara membersihkan kan nya, tenang saja. Cukup rendam beberapa menit dengan bensin pada bagian yang hitam. Jika sudah bersihkan menggunakan sikat gigi hingga bersih.

2 . Perawatan tahunan
Nah jika berskala dilakukan secara rutin dan kontinu maka perawatan tahunan di lakukan setiap beberapa tahun sekali. Lalu bagaimanakah perawatan nya. Perawatan nya adalah dengan cara mengganti busi dengan yang baru. Karena jika kita trus melakukan perawatan berkala maka lama kelamaan performa dari busi itu sendiri akan melemah dan api yang dikeluarkan juga tidak bagus. Sehingga pembakaran yang terjadi tidak sempurna dan menimbulkan kerak-kerak kering pada busi.

Kesimpulan
Dari analisa diatas dapat disimpulkan bahwa perawatan pada busi sangat penting, seperti perawatan berkala dan perawatan tahunan. Namun perlu kita ketahui bahwa tidak selama nya perawatan itu akan dilakukan terus menerus, pada masa nya akan ada titik pergantian yang harus dilakukan. Karena busi juga memiliki umur Pakai.

Itulah sedikit informasi mengenai tips merawat busi agar tetap awet. Semoga dengan melakukan cara tersebut kendaraan kita selalu dalam kondisi normal dan awet.

Baca juga: Cara memperbaiki busi mati

Tidak ada komentar untuk "Tips Sederhana Merawat Dan Membersihkan Busi Agar Tetap Awet"

Berlangganan via Email