Cara Mudah Mengatasi Dan Memperbaiki Busi Mati Agar Dapat Hidup Kembali

Mazyanto.com- Cara mengatasi dan memperbaiki busi mati pada kendaraan. Busi merupakan sebuah alat yang berfungsi memercikan bunga api guna untuk membakar campuran bahan bakar dan udara. Pada sebuah kendaraan, busi merupakan sebuah komponen yang penting. Kenapa? jika tidak ada busi maka bagaimana proses pembakaran akan terjadi.
Cara memperbaiki busi mati

Khusus kendaran yang berbahan bakar bensin 2 tak, dan 4 tak umumnya menggunakan busi untuk memercikan api agar pembakaran terjadi.

Oleh karena itu busi merupakan alat penunjang utama dalam sebuah kendaraan. perawatan pada busi harus rutin dilakukan agar proses pembakaran yang terjadi tetap dalam kondisi normal. lalu apa yang harus dilakukan jika busi mendadak mati dan tidak dapat beroprasi?

Lalu bagaimana cara agar kendaraan dapat beroperasi kembali dengan normal. Solusinya adalah dengan mengganti busi tersebut dengan busi yang baru.

Bagaimana jika terjadi kerusakan busi diperjalanan, ditengah hutan, dikebun, atau disuatu tempat yang jauh dari bengkel atau sparepart busi.

Nah, melalui artikel ini mazyanto akan mengupas tuntas solusi tentang bagaimana cara mengatasi dan memperbaiki busi mati pada kendaraan.

Namun sebelum itu, saya akan sedikit berbagi pengalaman ke teman-teman. Pernah suatu ketika pada saat lebaran idul Fitri, kendaraan yang saya pakai yaitu motor Honda Revo tahun 2009 mogok dijalan, setelah di cek ternyata busi mati. Karena jauh dari bengkel ahirnya saya berinisiatif Dateng kerumah orang yang ga dikenal dan minta tolong mau minjem tempat kompor gas untuk membakar busi yang mati tersebut. Setelah menunggu beberapa menit ahirnya saya pasang kembali busi dan Alhamdulillah motor dapat beroperasi kembali.

Nah, Itulah pengalaman saya dulu saat kendaraan terjadi mati busi.

Berikut ini solusi cara mengatasi dan memperbaiki busi mati pada kendaraan.

Cara Memperbaiki dan mengatasi busi mati:
5 Cara memperbaiki busi busi mati

1 . Membakar ujung busi.

 Cara ini merupakan cara yang pernah saya pakai pada saat dulu berada jauh dari bengkel. Jika keadaan sudah darurat berada jauh dari bengkel atau tempat penjualan busi, maka langkah ini bisa kalian coba dengan cara membakar ujung busi sampai merah, lalu diamkan sampai kedaan busi kembali ke suhu normal. Jika sudah, pasang kembali busi dan coba hidupkan kembali mesin kendaraan. Jika dapat beroperasi dengan normal berarti cara ini berhasil. Namun dari pengalaman saya cara ini banyak berhasilnya. Selamat mencoba

2 . Memecahkan keramik pematik busi

Cara sederhana selanjutnya adalah dengan cara memecahkan keramik pada ujung busi. Pecahkan keramik pematik busi tersebut sampai bersih, jangan sampai ada sisa atau retakan yang tersisa pada busi, karena hal itu dapat menyebabkan fatal pada ruang pembakaran jika masih ada sisa retakan keramik. Jika sudah dibersihkan tes terlebih dahulu, lihat apakah ada percikan bunga api yang dihasilkan busi. Pasang kembali busi tersebut. Langkah ini bisa dicoba jika terjadi kerusakan pada busi kendaraan dal keadaan darurat.

3 . Bersihkan bagian kepala busi.

Bersihkan kepala busi dengan menggunakan sikat dan cairan bensin, pastikan kerak-kerak yang menempel pada busi hilang. Dengan cara membersihkan busi, hal ini akan membuat percikan bunga api yang di hasilkan akan menjadi normal atau percikan yang berkembang.

4 . Atur celah katup busi. 

Cara ini dapat dilakukan untuk melihat percikan mana yang paling bagus, jika busi sudah mati, biasanya akan berwarna kemerahan. Nah untuk itu cobalah atur sedemikain guna untuk mengatur percikan bunga api yang bagus sehingga busi dapat digunakan kembali.

5 . Cara mengatasi busi mati yang terakhir adalah dengan cara mengganti busi yang baru. 

Jika beberapa cara diatas sudah dilakukan semua, dan hasilnya tetap saja tidak ada perubahan, maka tidak ada jalan lain selain menggantinya dengan yang baru. Namun dari pengalaman yang sudah-sudah beberapa cara diatas sudah banyak yang berhasil.

Itulah sedikit informasi tentang bagaimana cara memperbaiki busi mati agar dapat digunakan kembali, semoga cara diatas dapat membantu anda yang sedang mencari referensi cara memperbaiki busi mati.  Cara ini merupakan cara alternatif bila dalam kondisi darurat. Namun jika disekitar ada bengkel cara ini tidak dianjurkan, sebaik nya gatilah busi dengan yang baru.

Tidak ada komentar untuk "Cara Mudah Mengatasi Dan Memperbaiki Busi Mati Agar Dapat Hidup Kembali"

Berlangganan via Email