Cara Merawat Tanaman Karet Agar Cepat Besar

Mazyanto.com- Cara merawat tanaman karet agar cepat besar. Merawat tanaman pohon karet memang susah susah gampang. Cara supaya tanaman karet cepat besar salah satunya adalah dengan melakukan perawatan yang baik dan rutin terhadap tanaman tersebut.
tips ampuh merawat tanaman karet
Merawat Tanaman Karet

Dalam hal perawatan tanaman karet ada beberapa hal kusus yang harus diperhatikan, salah satunya adalah pada jenis tanaman karet itu sendiri. Karena karet memiliki beberapa jenis.

Pohon karet yang selalu dirawat secara rutin memiliki banyak keuntungan, selain akan mempercepat pertumbuhan nya, getah yang akan dihasilkan nya pun akan semakin banyak dan berkualitas.

Nah, untuk mengetahui bagaimana cara merawat tanaman karet agar cepat besar, dibawah ini kan saya bahas kurang lebih tips dan trik nya. Simak penjelasan dibawah ini:

Tips merawat tanaman karet agar cepat besar.

1 . Perhatikan kondisi tanah
 Tanah yang di tanami pohon karet juga sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan. Jika tanah tersebut subur tidak tandus, tentu nya hal ini akan mempercepat proses pertumbuhan nya, Begitupun Sebalik nya. Untuk itu perlu kita perhatikan bagaimana kondisi tanah tersebut.

2 . Lakukan Pembersihan pada tanaman karet.
Kebersihan di sekitar linkungan tanaman karet juga sangat berpengaruh pada pertumbuhan, seperti rumput dan tumbuhan lainnya. Biasanya tanah yang subur banyak ditumbuhi rumput-rumput. Nah untuk itu lakukan pembersihan secara rutin agar pertumbuhan nya cepat.

3 . Lakukan pemupukan yang sesuai
Lakukan pemupukan pada tanaman karet agar tanah di sekitar pohon karet menjadi subur. Dengan melakukan pemupukan ini pertumbuhan pohon karet akan subur dan kuat. Lakukan pemupukan secara berskala sehingga kesuburan tetap selalu terjaga.

3 . Bokor atau timbun sedikit
Lakukan pembokoran pada sekitar pohon karet, cara nya cukup cangkul dengan kedalaman sekitar 15-30 cm. Dengan tujuan tanah akan lebih empur sehingga cepat meresap saat melakukan pemupukan atau air akan mudah cepet terserap.

4 . Pencabangan pohon karet.
Proses pencabangan pohon karet ini harus tepat pada waktunya. Jika tidak tepat hal ini akan berpengaruh terhadap pertumbuhan, begitupun sebalik nya. Umumnya proses ini dilakukan saat usia tanaman karet 1,5 tahun.

5 . Menyunat karet.
Cara ini juga dapat dilakukan untuk mempercepat pertumbuhan pada pohon karet, caranya cukup goreskn ujung sabit pada batang karet, tarik dari atas kebawah
 Sampai terbentuk goresan. Umunya menyunat karet dilakukan saat usia 2.5 tahun.

Penting nya perawatan pada tanaman karet berguna untuk mendapatkan getah yang berkualitas, mengingat Indonesia merupakan produksi karet terbesar. Banyak para petani yang bergantung pada hasil karet. Dengan berkualitas nya getah karet maka harga nya pun akan berkualitas juga.

Itulah beberapa tips perawatan pada tanaman karet agar cepat besar. Berdasarkan pengalaman penulis cara di atas sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan dan kualitas getah karet, selain pemilihan bibit yang unggul.

Baca Juga: Cara menanam karet yang baik dan benar agar cepat besar

Tidak ada komentar untuk "Cara Merawat Tanaman Karet Agar Cepat Besar"

Berlangganan via Email