Cara Menanam Karet Yang Baik Dan Benar Agar Cepat Besar

Mazyanto.com- Cara menanam pohon karet agar cepat besar. Indonesia merupakan negara dengan penghasil karet yang sangat besar. Kebanyakan para petani banyak yang bergantung kehidupan nya pada getah karet. Salah satu daerah yang banyak penghasil karet adalah Sumatra Selatan.  

Oleh karena itu budidaya tanaman karet saat ini masih sangat menjanjikan. Banyak para petani yang sukses dalam berkebun karet. 

Budidaya tanaman karet memiliki cara tersendiri dalam hal penanaman nya. Mulai dari pemilihan bibit sampai karet siap panen atau sadap.
cara tanam karet yang baik
Gambar ini hanya contoh, hindari tanam karet di lahan yang sering banjir

Nah berikut ini cara menanam pohon karet agar cepat besar berdasarkan pengalaman di lapangan.

1 . Lokasi atau tempat penanaman karet.

Tempat atau yang biasa petani sebut sebagai ladang adalah faktor utama dalam berkebun karet. Sebelum karet di tanam, terlebih dahulu siapkan lahan yang sudah di bersihkan, lalu di ukur dan di pancang agar nanti nya tanaman tumbuh dengan teratur. Selanjutnya lubangi sesuai dengan ukuran yang sudah di tentukan. Lubang tersebut harus lebih besar dari polibag bibit karet.

2 . Cari bibit unggulan

Bibit karet yang bagus akan menghasilkan getah karet yang berkualitas. Untuk itu pilihlah bibit karet yang bagus sebelum menanam nya. Bibit karet yang bagus biasanya  hasil stek dari pohon yang banyak getah nya.

2 . Jarak antar pohon karet.

Jarak penanaman pohon karet ini sangat berpengaruh pada pertumbuhan batang karet, semakin renggang jarak antara pohon karet maka semakin cepat pula pertumbuhan nya. Kebanyakan ukuran tanaman karet para petani 3*4 meter, seperti karet saya sendiri. Namun sebenernya jarak normalnya adalah 3*7 meter. Setiap jarak memiliki kelebihan dan kekurangan. Dimna bila terlalu rapat pertumbuhan nya akan lama dan jika terlalu renggang akan mudah tumbang bila terkena angin hujan.

3 . Penanaman dan penyulaman

Sebelum melakukan penanaman alangkah baiknya jika lubang di beri sedikit pupuk kandang. Sebaiknya penanaman dilakukan pada saat musim penghujan agar nanti nya tidak terlalu banyak melakukan penyiraman. Karena pada musim penghujan suhu kelembaban sangat bagus untuk pertumbuhan tanaman karet. Proses penyulaman dilakukan apabila ada salah satu tanaman karet yang mati. Hal ini dilakukan agar proses pertumbuhan batang karet tumbuh secara merata.

4. Hindari dari hama

Masa pertumbuhan pada tanaman karet sering kali terserang hama, ntah itu ulat, babi, monyet dan lain lain. Usahakan lakukan perawatan secara rutin agar terhindar dari hama tersebut. 

Berkebun karet memang harus mengerti semua segala penyakit, perawatan,  penanaman serta proses pertumbuhan nya.

Jika hanya mengandalkan penanaman saja tanpa melakukan perawatan, maka hal itu akan sia sia. Lakukanlah perawatan secara bertahap dari usia baru tanam sampai karet siap menghasilkan.

Nah itulah beberapa tips tentang cara penanaman pohon karet agar cepat besar. Artikel ini dirangkum berdasarkan pengalaman di lapangan. Semoga bermanfaat

Tidak ada komentar untuk "Cara Menanam Karet Yang Baik Dan Benar Agar Cepat Besar"

Berlangganan via Email