Cara Mengatasi Mobil Daihatsu Taruna Mogok, Brebet Atau Pincang

Mazyanto.com- Cara mengatasi mobil taruna mogok, brebet, atau pincang. Mobil taruna merupakan mobil legend yang sampai saat ini masih cukup banyak peminatnya. Mobil tahun 2000 an ini bisa dibilang mudah dalam hal perawatan nya.
solusi mobil taruna mogok, mesin pincang, brebet
Daihatsu Taruna fxg 2005

Daihatsu taruna terkadang sering mogok, mesin brebet-brebet dan mesin pincang. hal itu karena memang bisa dibilang mobil ini tergolong tua, beda dengan mobil zaman sekarang.

Permasalahan yang sering terjadi pada Daihatsu taruna adalah pada pengapian dan pembakaran nya ( bahan bakar).

Berdasarkan pengalaman yang saya rasakan. Pengapian coil dan busi taruna mudah mati, padahal asli dari Astra Daihatsu.

Saat ini saya memakai Daihatsu taruna tahun 2005. Kurang lebih selama 4 tahun memakai Daihatsu taruna, ada beberapa kali mengalami mogok, pincang, brebet. Dan pernah juga mesin mendadak mati.

Dan dari pengalaman tersebut melalui artikel ini saya akan sedikit berbagi bagaimana cara mengatasi mobil Daihatsu taruna mogok, pincang, brebet.

Cara mengatasi mobil Daihatsu taruna mogok, brebet, pincang. 

Jika mobil kalian mengalami hal seperti ini, coba simak penjelasan dibawah ini:

#1.  hal pertama yang harus di cek adalah  pada pengapian, cek terlebih dahulu pengapian seperti busi dan coil. Jika belum tau bagaimana cara melihat kodisi busi dan coil yang bagus, maka coba lihat penjelasan ini Cara cek pengapian busi dan coil.

#2. Jika pengapian sudah di cek dan ternyata masih bagus. Maka langkah selanjutnya adalah melihat bahan bakar, apakah bahan bakar masih ada atau tidak, selain itu juga cek peralatan yang berhubungan dengan bahan bakar seperti filter bahan bakar, filter udara, pompa bahan bakar ( full pimp ). Jika belum tau cara mengecek nya, maka coba lihat penjelasan cara sederhana mengecek atau melihat kondisi fullpump, filter udara, filter minyak dalam kondisi baik atau tidak.

Perhatian: Pada dasarnya syarat kendaraan dapat hidup adalah ada nya pengapian dan pembakaran.  Jadi ketika mobil mendadak mogok maka hal pertama yang di cek adalah pada pengapian, lalu pembakaran, periksa bagian yang berhubungan dengan bahan bakar dan pengapian.

Biasanya brebet dan pincang pada kendaraan Daihatsu taruna di sebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya adalah:

-Bahan bakar kurang bagus
-terjadi kebocoran pada busi
-Salah satu busi ada yang mati
-ada koil yang mati
-filter udara kotor atau tersumbat
-filter bahan bakar tersumbat
-tangki bahan bakar kotor
-full pump melemah

Solusinya adalah dengan mengecek satu persatu komponen diatas. Dan mengganti atau memperbaikinya jika masalah sudah ditemukan.

#1. Berdasarkan pengalaman yang pernah saya alami, mobil Daihatsu taruna tahun 2005 Efi tipe fgx 1.5, dalam perjalanan pernah mengalami pincang/getaran mesin kuat. Sehingga tenaga mobil menjadi berkurang, ketika gas di injak putaran mesin seperti putus. Dan dalam kondisi mesin hidup, putaran mesin menjadi rendah. Dan dari situ pertama kali yang saya cek adalah pada bagian pengapian, dikarenakan taruna hanya memiliki 2 koil, 1 koil mendistribusi 2 busi. Jadi yang saya lakukan hanya mencabut soket koil. Dan melihat koil  mana yang masih berfungsi. Karena kondisi busi pada waktu itu masih baru. Jadi langsung saya tuju koil nya. Dari situ ketemu ada satu koil yang sudah tidak berfungsi dan menggantinya dengan koil yang baru dengan harga 300ribu.

#2. Pengalaman kedua pernah terjadi mesin brebet, pada saat awal dihidupkan mesin normal, namun ketika gas sedikit diinjak mesin menjadi brebet-brebet dan semakin lama di gas mesin malah mati. Melihat masalah ini saya langsung tertuju pada pompa bahan bakar. Dan setelah dicek ternyata benar, full pump dalam kondisi lemah.

Kesimpulan:
Dari analisa diatas dapat disimpulkan bahwa perawatan berkala pada kendaraan memang harus rutin dilakukan, demi menjaga performa mesin.

Tidak ada komentar untuk "Cara Mengatasi Mobil Daihatsu Taruna Mogok, Brebet Atau Pincang"

Berlangganan via Email