Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Dan Membaca Kode DTC Mobil Vios, Yaris

Apakah ingin tahu masalah apa yang ada pada mobil Vios dan Yaris Anda? Hal ini bisa dilakukan dengan belajar cara membaca kode DTC mobil Vios dan Yaris. Untuk belajar cara itu, baca dulu artikel berikut ini!

Mengenal Dan Membaca Kode DTC Mobil Vios, Yaris


Aktifkan dulu DTC dengan Koneksikan Pin di DLC

Untuk mengaktifkan lampu DTC di mobil Vios dan Yaris, Anda mencari alat DLC terlebih dahulu pada mobil. DLC adalah singkatan Data Link Connector. Pada alat ini ada pink dengan lubang banyak. Setiap lubang tersebut ada pin yang dapat dihubungkan dengan kabel untuk menyalakan DTC.

Proses koneksi DLC ini harus dalam keadaan kunci kontak off. Hal ini untuk hindari tegangan yang tiba-tiba muncul saat koneksi dilakukan.

Pada DLC mobil Vios dan Yaris ada di sebelah kanan bawah stir pengemudi. Saat sudah ketemu, coba hitung yang ada di situ. Deretan pin harus berjumlah 16 buah. Tandai nomor tiap pin tersebut dari 1 sampai 16 agar tidak salah menghubungkannya.

Nomor tersebut berdasarkan urutan pin dari atas ke bawah dengan pola hitung kiri atas ke kanan atas, kiri bawah ke kanan bawah. Jika penomoran pas, coba Hubungkan pin nomor 4 dengan nomor 13 untuk menyalakan DTC.

Cara Membaca Kode DTC di Mobil Vios dan Yaris

Setelah terhubung, waktunya putar kunci pada posisi on dan cek kedipan lampu simbol check engine. Hal ini akan menjadi sumber informasi DTC.

Cara membaca kode DTC mobil Vios dan Yaris adalah melihat berapa banyak kedipan pada lampu simbol check engine. Kedipan akan terbagi dua dengan jeda sekitar 1,5 detik.

Contoh saja Anda lihat kedipan cepat dua kali, setelah 1,5 detik muncul kedipan satu kali. Nantinya ada jangka waktu lama sekitar 2,5 detik sebelum sinyal lampu kedip dua kali muncul lagi dan berulang dengan pola yang sama.

Ini dapat dibaca muda. Dua kedipan cepat artinya kode dua, setelah jeda sebentar ada satu kedipan artinya kode 1. Jika ditunggu lama kembali mengulang, kodenya sudah selesai dan bisa dibaca sebagai kode DTC 21.

Setelah tahu kodenya, coba ketik di Google ‘kode DTC 21 mobil Yaris’ untuk cari tahu masalahnya. Pasti akan ada jawaban muncul. Untuk kode DTC 21 ternyata berhubungan dengan sensor oksigen.

Sekian bahasan tentang cara membaca kode DTC mobil Vios dan Yaris. Mudah-mudahan bahasan ini membantu Anda mengetahui masalah mobil tersebut. Silahkan coba sendiri caranya!


Posting Komentar untuk "Mengenal Dan Membaca Kode DTC Mobil Vios, Yaris"