Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jalur Pengapian dan Kelistrikan Yamaha Scorpio


Ingin tahu jalur rangkaian sistem pengapian pada Yamaha Scorpio? Silahkan baca bahasan dulu di sini. Hal yang penting untuk kenali rangkaian adalah tahu soal kabel-kabelnya, jadi mari bahas lebih dalam tentangnya!

Informasi Sekilas Tentang Sistem Pengapian Yamaha Scorpio

Rangkaian sistem pengapian Yamaha Scorpio menggunakan jenis sistem pengapian AC. Pengapian ini berasal dari arus dari spull pengapian. Untuk aktivasinya, pengapian ini perlu koneksi dengan soket CDI yang nanti masih terhubung dengan magnet dan menjadi pemantik pengapian.

Untuk memahami, jalur rangkaian sistem pengapian ini, Anda harus perhatikan 7 kabel berbeda yang penting susunannya pada CDI. Selama tahu ini, rangkaian sistem mudah dikenali. 

Jalur Pengapian dan Kelistrikan Yamaha Scorpio

7 Kabel Pada Jalur Rangkaian Sistem Pengapian Pada Yamaha Scorpio

Untuk memahami jalur rangkaian sistem pengapian motor ini, pastikan ketahui warna kabel dan posisinya pada CDI. Berikut adalah penjelasan masing-masing kabel tersebut:

Kabel Warna Putih Kecil

Kabel ini bertugas menjadi penghubung pulser (+) dan bersama dengan kabel merah, bisa pasang di CDI langsung juga. Biasanya ada di koneksi posisi bawah paling kiri soket.

Kabel Warna Merah

Untuk yang besar ini adalah pulser (-). Kabel ini bisa langsung masuk CDI dengan posisi paling bawah dan berjarak satu lubang di kanan kabel putih kecil  pulser (+).

Kabel Warna Coklat

Kabel ini menjadi penghubung listrik masuk CDI. Posisi kabel ini ada di atas kabel merah pulser (-) serta berada di antara kabel kuning dan putih besar kunci kontak.

Kabel Warna Putih Besar

Kabel putih yang ini memiliki ukuran sedikit lebih besar dibanding kabel putih lainnya. Jadi, walaupun warna sama, Anda masih bisa membedakan satu sama lain. Kabel ini bertugas sebagai kunci kontak. Posisi kabel ini berada atas soket CDI, tepatnya di antara kabel hijau dan cokelat.

Kabel Warna Kuning 

Kabel ini adalah listrik keluaran CDI yang mengarah ke coil. Posisinya ada di soket pojok atas kanan di CDI.

Kabel Warna Hijau

Kabel ini adalah massa CDI. Posisinya ada di bagian atas dan pojok sebelah paling kiri. Posisinya ada di atas kabel warna putih kecil pulser (+) dan dekat kabel putih besar kunci kontak.

Kabel Warna Hitam

Kabel ini adalah massa umum yang dapat dihubungkan ke kontak aki minus ataupun body. Posisinya ada di sebelah kanan kabel warna merah pulser (-). Jangan samakan kabel ini dengan massa CDI karena tugasnya berbeda.

Penutup

Sekian bahasan tentang jalur rangkaian sistem pengapian pada Yamaha Scorpio. Selama tahu kabel dan koneksinya ke mana pada CDI, Anda sudah pasti tahu jalur rangkaian pengapian ini. Semoga bahasan ini berguna!


Posting Komentar untuk " Jalur Pengapian dan Kelistrikan Yamaha Scorpio"