Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penjumlahan dan Pengurangan Pecahan Biasa Beserta Contohnya

 Penjumlahan dan Pengurangan Pecahan Biasa  Beserta Contohnya

penjumlahan dan pengurangan pecahan biasa serta contohnya


Dalam Pembelajaran matematika terdapat banyak jenis bilangan salah satunya yaitu bilangan pecahan. Jenis jenis bilangan pecahan yaitu pecahan biasa, pecahan campuran, pecahan desimal, pecahan senilai. Lalu operasi bilangan pecahan yaitu penjumlahan,pengurangan ,perkalian dan pembagian pecahan. Nah pada artikel ini kita hanya membahas tentang penjumlahan dan pengurangan bilangan pecahan. Pada materi ini juga biasanya siswa diperkenalkan terlebih dahulu  bagaimana bentuk bilangan pecahan tersebut, pecahan adalah istilah matematika yang memiliki bentuk a/b dimana b ≠0 ,  a merupakan pembilang dan b merupakan penyebut penjelasannya seperti berikut:

a/b

Penjumlahan  dan pengurangan pecahan biasa 

Menyelesaikan penjumlahan dan pengurangan pecahan biasa hal yang perlu diingat pertama kali yaitu penyebut harus sama, setelah penyebut sama barulah pembilang dapat dijumlahkan atau dikurangkan.

Contoh  1 

4/6+  7/6=⋯

Jawab :

Karena penyebutnya sudah sama maka jumlahkan pembilangnya dan penyebut tetap sama 

4/6+  7/6 = (4+7)/6 = 11/6

Jadi   4/6+  7/6=  11/6

Contoh 2

4/3+  7/4=⋯

Jawab:

Karena penyebutnya tidak sama maka langkah pertama yang kita lakukan yaitu mengalikan penyebut tersebut seperti dibawah ini

4/3+  7/4= /(3×4)+  /(3×4 )    = /12+  /(12 )

Langkah kedua kerjakan pecahan pertama 4/3  dengan cara  12 dibagi dengan 3 hasilnya 4 lalu dikalikan dengan pembilangnya yaitu 4 jadi 16 begitupun cara mengerjakan pecahan kedua 7/4 jadi seperti dibawah ini :

4/3+  7/4= 16/12+  21/(12 ) = 37/(12 ) 

jadi  4/3+  7/4= 37/(12 )


Posting Komentar untuk "Penjumlahan dan Pengurangan Pecahan Biasa Beserta Contohnya"