Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian, Fungsi dan Cara Kerja Blok Silinder ( Cyilinder Block ) | Penjelasan Lengkap

 Halo sobat mazyanto, kali ini akan kita bahas mengenai blok silinder pada sebuah mesin, apa sih itu blok silinder? Dan apa saja fungsi dari blok tersebut  pada sebuah mesin, untuk yang selama ini belum mengerti mari kita belajar bersama sama.

mengenal blok silinder mobil dan motor


Apa itu Blok Silinder?

Blok silinder adalah sebuah komponen penting pada  mesin  yang dalam nya  berbentuk silinder atau tabung, yang fungsi salah satunya adalah  sebagai  ruang kerja piston naik turun sehingga pembakaran yang sempurna menghasilkan gaya dorong kemudian diubah menjadi gerak melalui tang piston.

Apa Fungsi Utama Blok SIlinder?

1. Sebagai tempat Piston Bekerja naik turun

Piston adalah salah satu komponen penting pada mesin, yang bekerja naik turun karena hasil dari pembakaran didalam ruang bakar.   Untuk mendapatkan hasil yang maksimal tentunya blok harus dalam kondisi bagus atau tidak terjadi kecacatan dan baret, untuk itu penting nya memperhatkan perawatannya.

2. Sebagai tempat pembakaran 

Salah satu fungsinya lagi adalah sebagai tempat ruang bakar mesin itu sendiri, kinerja mesin di tunjang oleh proses pembakaran yang sempurna sehingga menghasilkan haya kinetic kecepatan yang diatur oleh transmisi. 

3. Menjaga Suhu Panas Mesin

Salah satu fungsinya lagi adalah yaitu untuk mengatur suhu panas agar tidak terjadi overhead pada mesin itu sendiri,  karena pada sela sela blok tersebut terdapat saluran air pendingin yang selalu menjaga suhu mesin tersebut agar tidak terjadi overheat.

4. Sebagai tempat saluran oli pelumas

Salah satu fungsinya adalah untuk jalannya sirkulasi saluran oli pelumas, hal ini bertujuan untuk menjaga kinerja setiap komponen yang ada pada blok silinder itu sendiri, sehingga komponen menjadi awet dan tahan lama serta mendapatkan kinerja yang maksimal.

5. Sebagai rumah silinder linier atau boring, kepala silinder

Fungsi lain blok silinder adalah sebagai perumahan linier atau boring yang berbentuk silinder sebagai jalan nya piston bekerja naik turun.


Apa saja komponen Blok Silinder?

1. Silinder

Adalah komponen utama pada blok silinder yang berbentuk silinder dan fungsinya sebagai jalan nya naik turun piston bekerja, linier silinder ini terbuat dari lapisan khusus yakni cylinder liner, walaupun lapisan ini terbilang cukup tipis namun mampu menahan panas yang dihasilkan dari gesekan antara piston dan diding silinder, hal ini karena komponen lain bekerja dengan baik seperti saluran oli dan saluran system pendingin.

2. Water jacket

Adalah sebuah komponen pada blok silinder yang memiliki peran sebagai penghantar panas yang dengan baik, panas yang diterima nanti akan dialirkan berama fluida menuju ke radiator untuk di dinginkan.

3. Saluran Fluida

Jalur fluida atau oli ini adalah komponen yang memiliki peran penting untuk menjaga setiap komponen agar dapat bekerja dengan baik dan mengurangi gesekan yang terjadi.

4. Crankcase

Adalah komponen yang memiliki fungsi sebagai tempat atau  perumahan poros engkol di tepatkan., 

5. Engine mounting

Adalah komponen yang memiliki peran sebagai pengait antara mesin dengan sasis kendaraan.

6. Gasket

Gasket adalah komponen penting yang berfungsi untuk menahan atau mencegah kebocoran kompresi pada mesin.



Posting Komentar untuk "Pengertian, Fungsi dan Cara Kerja Blok Silinder ( Cyilinder Block ) | Penjelasan Lengkap"