Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Fungsi Utama Kepala Silinder (Cylinder Head) Mobil dan Sepeda Motor

Mazyanto.com- Fungsi Utama Kepala Silinder (Cylinder Head) Mobil dan Sepeda motor, Kepala silinder adalah salah satu komponen pada kendaraan seperti mobil maupun motor yang sangat  memiliki peran penting, posisi kepala silinder sendiri terletak pada bagian paling atas sendiri sesuai dengan namanya kepala silinder.

Mengenai fungsi sendiri kepala silinder sangat banyak, tidak hanya sebagai ruang bakar namun sebagai tempat busi dan yang lainya. Untuk kepala silinder mobil dan motor umumnya memiliki fungsi yang sama, hanya saja sedikit berbeda  bentuk saja, karena jika motor saya memiliki satu silinder atau lebih namun untuk mobil sudah  pasti diatas tiga silinder dan bahkan kebanyakan empat silinder untuk kebanyakan mobil minibus dan empat keatas untuk mobil muatan seperti truk fuso dan lainya.

Pada kesempatan ini akan dijelaskan mengenai fungsi utama pada kepala silinder baik mobil maupun sepeda motor yang umumnya tidak jauh berbeda, simak penjejelasan dibawah ini:

fungsi utama kepala silinder ( cylinder head)


Fungsi Utama Kepala Silinder ( Cylinder Head )

1. Sebagai rumah pemasangan busi

Salah satu fungsi utama lainya adalah sebagai tempat busi dimana akan ditempatkan atau dipasang, kepala silinder yang sudah di desain sedemikian rupa  dan sudah diperhitungkan untuk di pasang busi,  jadi itulah salah satu funginya

2. Sebagai tempat pembakaran 

Salah satu  fungsi utama kepala silinder mobil adalah sebagai ruang dimana tempat terjadinya pembakaran campuran bahan bakar dan udara dibakar.

3. Sebagai jalur sirkulasi system Pendinginan

Salah satu fungsinya lagi adalah sebagai jalur cairan pendingin bersirkulasi, hal ini bertujuan untuk menjaga panas agar tidak berlebihan dan tidak mengakibatkan overheat pada mesin.

4. Sebagai tempat oli pelumas bersirkulasi

Didalam sela sela kepala silinder tentu ada lubang lubang oli yang bersirkulasi untuk melumasi kompone komponen yang ada di dalam kepala silinder, sehingga meminimalisir gesekan dan membuat komponen menjadi lebih awet.

5. Sebagai tempat saluran intake dan exhaust

Salah satu fungsinya lagi adalah untuk menjadi tempat saluran intake dan exhaust manifold, dimana intake adalah jalur masuk nya campuran bahan bakar dan udara sebelum proses pembakaran terjadi, sedangkan exhaust adalah jalur dimana sisa gas hasil pembakaran di dalam ruang bakar akan dibuang atau dikeluarkan yang biasa disebut sebagai jalur kenalpot.

6. Sebagai tempat mekanisme katup bekerja

Salah satu fungsinya lagi adalah untuk jalanya mekanisme katup bekerja, sehingga proses buka tutup untuk aliran bahan bakar dan udara menjadi lancar. Pada proses ini poros camshaft akan berputar mendorong katup dan terjadilah buka tutup.

Nah itulah fungsi utama kepala silinder mobil maupun motor pada mesin, untuk menjaga agar  komponen didalam kepala silinder awet maka sebaiknya lakukan perawatan secara rutin dengan memperhatikan sirkulasi oli, pendingin dan lianya.

Demikianlah penjelasan mengenai  fungsi utama kepala silinder, semoga sedikit informasi ini bermanfaat terimakasih.


Posting Komentar untuk "6 Fungsi Utama Kepala Silinder (Cylinder Head) Mobil dan Sepeda Motor "