Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Fungsi Utama Camshaft Pada mesin Mobil dan Sepeda Motor

Mazyanto-com, mengenal fungsi dan cara kerja camshaft pada kendaraan baik itu motor maupun mobil, camshaft adala salah satu komponen utama pada mesin mobil maupun motor, pasalnya putaran dari poros engkol ini akan diteruskan ke camsahaft melalui fanbel ataupun timing chain atau juga rante klep untuk mesin motor. Sehingga poros camshaft akan berputar dan menggerakan pelatuk klep.

Untuk itu penting nya kita tahu fungsi dan cara kerja nya adalah agar tahu bagaiamana cara merawatnya, karena merawat tanpa mengetahui mekanisme akan sangat berbahaya.

Namun pada kesempatan ini akan dibahas apa sih fungsi utama Camshaft pada mesin  kendaraan kita, ini dia penjelesan mengenai fungsi utamanya.

fungsi utama camshaft


Fungsi Camshaft 

1. Sebagai pengatur klep

Salah satu fungsi utama camshaft adalah untuk mengatur klep sesuai dengan waktu buka tutup yang tepat, dalam hal ini putaran yang dihasilkan akan camshaft akan mengatur buka tutup yang telah disesuaikan melalui cam lobe yang bentuk nya menonjol dibagian poros nok.


Jika kita lihat mekanisme cara kerjanya adalah nok cam lobe ini yang berputar akan mendorong klep sehingga akan membuka dan menutup dengan waktu timing yang pas.

2. Sabagai pemutar poros distributor mesin mobil

Salah satu fungsi nya lagi adalah untuk memutar poros distributor , kita tahu ini adalah untuk jenis system kendaraan yang masih memakai distributor dalam system firing ordernya.

3. Sebagai penggerak fuel pump

Salah satu funginya lagi adalah untuk menggerakan fual pump jenis mekanikal, namun ini untuk kendaraan system tempo dulu, sedangkan untuk sekarang banyak yang menggunakan system elektrik.

4. Sebagai tempat sensor yang mendeteksi putaran

Salah satu fungsi lainya adalah tempat sensor untuk mendeteksi setiap putaran mesin itu sendiri., namun tidak semua jenis mobil memakai system tersebut.

5. Menghasilkan Tenaga

Kenapa fungsinya untuk menghasilkan tenaga karena pada proses ini katup akan mengatur buka tutup sesuai dengan waktu yang tepat Dan pembakaran terjadi dengan sempurna.

6. Mengatur Efisiensi Bahan Bakar

Salah satu fungsi lainya adalah untuk mengatur efisiensi bahan bakar  dengan cara meningkatkan kecepatan dan mengatur jumlah udara yang masuk ke dalam ruang bakar.

Sistem Cara Kerja Camshaft

1. Pada Saat Posisi Menekan

Camshaft bekerja untuk menekan klep dan tidak menekan klep, artinya pada saat posisi menekan seperti ini maka klep akan membuka dan campuran bahan bakar udara akan masuk begitupun pada saat menekan klep buang maka hasil sisa pembakaran akan dikeluarkan melalui klep buang. Maka dapat diambil kesimpulan bahwa pada saat posisi menekan klep akan membuka.

2. Pada saat posisi tidak menekan

Selanjutnya adalah ketika posisi tidak menekan, artinya tidak terjadi tekanan dan  posisi klep tertutup atau netral.

Catatatn: pada saat ada tekanan maka klep masuk membuka dan pada saat langkah buang posisi klep akan tertekan lagi namun untuk membuang sisa hasil pembakaran.

Komponen camshaft mesin mobil

1. Bearing Journal

2. Timing Pulley

3. Driver Gear

4. Gigi Sentrik

5. Fuel Pump Cam Drive

Demikian lah penjelasa mengenai fungsi camshaft pada mesin mobil maupun motor, pada prinsipnya sama, hanya saja jika pada mesin mobil ada banyak silinder sedangkan untuk motor satu silinder atau lebih. 


Posting Komentar untuk "6 Fungsi Utama Camshaft Pada mesin Mobil dan Sepeda Motor"