Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

40+ Komponen Utama Bagian Mesin Mobil Beserta Fungsinya | Penjelasan Lengkap

Mazyanto.com- Mengenal komponen dan bagian pada mesin mobil, mesin pada kendaraan merupakan sebuah alat yang sangat penting sekali karena mesin ini sebagai sumber utama kenapa mobil bisa bergerak. Mesin mobil memiliki 2 jenis yang umum digunakan yaitu mesin dengan bahan bakar bensin dan mesin dengan bahan bakar diesel. Kedua nya memiliki power yang sama sama kuat, hanya saja untuk jenis diesel lebih tahan terhadap tekanan tinggi, itulah mengapa banyak kendaraan pengangkut bahan yang berat lebih menggunakan mesin diesel.

komponen utama pada bagian mesin mobil


Untuk dapat bekerja dengan baik tentu mesin tidak bekerja dengan sendirinya, ada bagian bagian penting pada mesin mobil sehingga dapat beroprasi dengan baik, bagian atau komponen tersebut memiliki fungsi masing masing.

Beriku ini akan kami bahas mengenai komponen atau bagian yang ada pada mesin mobil, bagian ini merupakan terpenting pada mesin, sehingga akan bermasalah jika disalah satu komponen mengalami kerusakan, untuk itu simak penjelasan lengkap dibawah ini?

Komponen Utama Bagian Mesin Mobil

Bagian komponen Kepala Silinder mobil

Kepala silinder pada mesin mobil adalah komponen yang terletak dibagian paling atas, yang terbuat dari bahan aluminium alloy, bagian ini memiliki banyak komponen turunan diantaranya sebagai berikut:

- Busi adalah komponen yang menempel pada bagian atas kepala silinder yang berfungsi untuk memercikan bunga api

- Adjusting shim adalah komponen yang berfungsi untuk mengatur celah katup

- Valve seat merupakan komponen yang fungsinya sebagai dudukan kepala katup

- Katup  masuk (in) adalah komponen pada bagian kepala silinder yang berfungsi untuk membuka dan menutup waktu campuran bahan bakar dan udara masuk ke dapal ruang bakar.

- Katup buang ( ex) adalah sebuah komponen yang berfungsi sebagai jalur pembuangan hasil gas sisa pembakaran di dalam ruang bakar yang akan diteruskan menuju ke kenalpot.

- Poros Camshaft adalah adalah komponen yang berfungsi untuk melakukan proses buka dan tutup katup sesuai dengan waktu pengapian.

- Rocker arm adalah komponen yang berfungsi untuk mengatur seberapa besar gas yang masuk dan keluar melalui setl celah katup.

- Intake manifold adalah komponen yang memiliki fungsi saluran bahan bakar dan udara yang akan masuk ke dalam ruang bakar.

- Exhaust manifold adalah komponen yang memiliki fungsi sebagai jalur saluran pembuangan gas sisa pembakaran.


Fungsi Kepala Silinder

- Tempat atau ruang pembakaran

- Rumah mekanisme katup

- Sebagai jalur pendingin radiator

- Jalur sirkulasi oil

- Sebagai dudukan saluran intake dan exhaust

Untuk lebih lengkap  mengenai penjelaan komponen dan fungsi kepala silinder mobil klik disini karena sudah di tulis di artikel sebelumnya.


Bagian Komponen Blok Silinder mobil

Blok silinder merupakan wadah atau tempat proses pembakaran di dalam ruang bakar akan di ubah menjadi tenaga melalui langkah piston, pada bagian ini tentu ada beberapa komponen penting diantaranya sebagai berikut:

- Piston adalah sebuah komponen utama pada mesin mobil yang fungsinya sebagai pengatur volume pembakaran atau bagian mesin yang bergerak naik turun karena dari hasil ledakan didalam ruang bakar.

- Ring piston adalah komponen penting yang menempel dibagian piston yang memiliki fungsi untuk merapatkan piston terhadap dinding silinder agar tidak terjadinya kebocoran kompresi atau oli. Ring piston pada umumnya ada 3 jenis yakni ring kompresi 1, kompresi 2, dan ring oli.

- Gasket atau yang biasa disebut pack Deksel adalah komponen yang menempel pada kedua bagian antara kepala silinder dan blok silinder, komponen ini berfungsi untuk mencegah kebocoran di ruang bakar antara kepala silinder dan blok silinder. Jika mengalami kebocoran maka mesin bisa overheat.

- Stang piston atau batang penggerak piston adalah komponen pada mesin mobil yang berfungsi untuk menghubungkan piston dengan poros engkol atau poros crankshaft mesin mobil.

- Crankshaft atau poros engkol adalah komponen penting pada mesin mobil yang memiliki fungsi utama nya adalah untuk mengubah gerak naik turunnya piston untuk menjadi gerak putar sehingga fly wheel berputar.

- Flywheel atau yang sering disebut sebagai roda gila, ini merupakan komponen penting pada mesin mobil yang memiliki fungsi untuk menyalurkan energy putar yang dihasilkan mesin untuk di teruskan menuju transmisi.

- Carter oli adalah komponen pada mesin mobil yang berfungsi untuk menampung oli yang terletak dibagian paling bawah.

- Pompa oli adalah komponen yang berfungsi untuk memompa oli sehingga dapat mengalir di seluruh bagian mesin mobil.

Selain menganal komponen mesin bagian blok silinder berikut beberapa fungsi dari blok silinder itu sendiri:

1. Salah satu fungsi pertama adalah sebagai tempat naik turun nya piston mobil.

2. Salah satu tempat sirkulasi oli dan air pendingin

3. Tempat silinder liner, kepala silinder dan roda gila

Selain fungsi  ada beberapa jenis blok silinder yang perlu diketahui, diantaranya adalah:

1. Silinder Mono atau yang artinya jenis silinder yang memiliki hanya satu tabung

2. Silinder yang memiliki lebih dari satu tabung dan memiliki letak berbaris atau yang namanya inline silinder

3. Silinder dengan jenis V silinder adalah jenis blok silinder lebih dari satu yang bentuk nya v\

4. Jenis silinder dua baris


Bagian Komponen mesin mobil sebagai penggerak

1. Timing chain adalah komponen utama pada mesin mobil sehingga mesin dapat beroperasi dengan baik, fungsi timing chain sendiri adalah sebagai penghubung putaran poros engkol dengan putaran chamshaft, sehingga poros chamshaft dapat mengatur mekanisme katup dengan baik.

2. Tutup timing chain ( timing chain cover) adalah komponen yang berfungsi untuk menutupi timing chain sehingga terlindungi.

3. Dynamo starter atau motor starter pada mesin mobil merupakan komponen yang berfungsi untuk menghidupkan mobil saat pertama kali, mekanisme kerja motor starter adalah mengubah energy listrik menjadi energy mekanik gerak.

4. Fan bel / driber belt adalah komponen yang berfungsi untuk menghubungkan beberapa komponen pada mesin mobil sehingga dapat bekerja dengan baik, seperti contoh untuk memutar alternator pengisian, ac, power stering dan lain]ya.


Bagian komponen system pendingin pada mesin mobil

Pendingin pada mesin mobil merupakan salah satu komponen yang sangat penting sehingga suhu suatu mesin dapat terjaga dan tidak mengalami panas yang berlebihan. Berikut beberapa komponen pendingin tersebut:

1. Radiator mobil adalah komponen system pendingin mesin mobil yang memiliki fungsi utama sebagai system pendingin dengan cara menyerap udara panas melalui cairan air radiator yang kemudian air tersebut dialirkan menuju sirip sirip pendingin radiator untuk di dinginkan.

2. Thermostat adalah komponen system pendingin mesin mobil yang memiliki fungsi untuk menjaga suhu air radiator agar tetap sehingga tidak mengalami panas yang berlebihan.

3. Tutup radiator adalah alat yang berfungsi untuk menutup radiator sehingga air tidak keluar.

4. Kipas radiator atau cooling fan adalah komponenyang berrfungi untuk mendinginkan sirp sirip bagaian radiator.

5. Tangki reservoir adalah cadangan air radiator sehingga ketika air di dalam radiator mengurang akan secara otomatis mengisi dengan sendirinya.

6. Selang bawah dan selang atas radiator adalah tempat untuk menyalurkan air radiator sehingga sirkulasi menjadi normal dan pendinginan bekerja.

7. Sensor panas atau water temperature sensor adalah alat untuk mengukur suhu panas radiator itu sendiri, sehingga dapat kita lihat hasilnya di bagian dasbor mobil.


Bagian komponen system pengisian pada mesin mobil

System pengisian merupakan komponen penting karena seluruh kelistrikan pada mobil berasal dari aki dan sumber pengisian aki adalah alternator, untuk itu inilah komponen pada system pengisian :

1. Alternator adalah komponen pada mesin mobil yang  menghasilkan arus listrik kemudian untuk mengisi aki mobil.

2. Regulator adalah komponen pada system pengisian yang berfungsi untuk mengatur jumlah arus tegangan yang dihasilkan alternator untuk kemudian mengisi daya aki mobil.

3. Aki adalah komponen system pengisian yang berfungsi untuk menyimpan arus listrik yang dihasilkan oleh alternator.


Bagian komponen system pelumasan pada mesin mobil

System pelumasan pada mesin mobil merupakan fungsi yang sangat penting, karena hal ini dapat :

1. Mencegah  komponen mudah haus

2. Mengurangi panas setiap komponen

3. Melumasi komponen mesin mobil

4. Sedikit mengurangi gesekan

Adapun komponen system pelumasan sebagai berikut:

1. Pompa oli adalah komponen yang berguna untuk memompa oli di dalam mesin mobil sehingga oli dapat mengalir dan bersirkulasi dengan baik

2. Filter oli adalah alat yang berguna untuk menyaring kotoran oli mesin


Bagian komponen pada system bahan bakar

1. Tangki bahan bakar adalah tempat dimana bahan bakar ditampung pada mobil

2. Filter bahan bakar adalah komponen untuk menyaring bahan bakar sebelum masuk kedalam ruang bakar

3. Pompa bensin adalah alat untuk memompa bahan bakar sehingga tekanan bahan bakar sampai dari dalam tangki menuju ke ruang bakar.

4. Karburator / injector adalah komponen penting yang berfungsi untuk mengatur campuran bahan bakar dan udara untuk di teruskan kedalam ruang bakar, sehingga proses pembakaran sempurna.


Inilah sedikit penjelasan mengani komponen yang ada pada mesin mobil, sehingga mesin dapat bekerja dengan sempurna, semoga informasi ini bermanfaat sekian dan terimakasih.



Posting Komentar untuk "40+ Komponen Utama Bagian Mesin Mobil Beserta Fungsinya | Penjelasan Lengkap"