Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Fungsi, Gejala dan Cara Memperbaiki Sensor EOT ( Engine Oil Temperatur ) Pada Motor Injeksi

Halo sobat mazyanto, pembahasan kali adalah mengenai sensor Engine Oil Temperatur atau yang biasa disebut dengan nama sensor EOT. Sensor EOT berfungsi  untuk mendeteksi perubahan suhu mesin kendaraan tersebut.

Pada umumnya jenis kendaraan terbaru saat ini seperti motor beat dan yang lainya tentu sensor ini sangat berguna sekali sebagai alat pendeteksi, sehingga ketika suhu suatu mesin telalu panas yang berlebihan dapat terbaca dan bisa di antisipasi segera. Karena panas yang berlebihan dapat menyebabkan mesin menjadi overheat.

Secara umum cara kerja sensor EOT ini akan membaca suhu panas mesin kemudian akan di sampaikan ke ECU lalu ditampilakan melalui kode mil yang ada di spidometer kendaraan. Dengan begini maka kita selaku pemilik kendaraan harus teliti dengan tanda tanda seperti ini, gejala kerusakan seperti ini memang penting harus tau bagis semua pengendara motor, seperti apa gejala kerusakan yang terjadi? 

Fungsi, Gejala dan Cara Memperbaiki Sensor EOT Motor Injeksi


Pada umunya gejala yang terjadi pada kerusakan system sensor eot ini adalah:

1. Pada layar monitor kendaraan kita akan menyala kedipan kode mil

2. Pada saat mesin panas motor akan normal namun jika posisi dingin di pagi hari pertama kita hidupkan akan terasa brebet dan sulit untuk dinyalakan.

3. Pembakaran mesin diruang bakar tidak sempurna sehingga akan mengeluarkan gas buang hitam sedikit pekat.

4. Untuk mengetahui selanjutnya jika ciri ciri diatas mulai terasa  maka coba cabut soket sensor eot, biasanya jika terjadi kerusakan pada sensor ini maka ketika dicabut mesin akan normal.


Cara memperbaiki sensor EOT

Cara untuk memperbaiki jika motor kita bermaslaah dengan tanda tanda seperti diatas adalah :

1. dengan cara me Reset kendararaan kita, pada motor beat dibagian bawah tutup aki ada soket yang sudah tersedia untuk mereset, jadi pertama cukup lakukan hal tersebut

2. dengan cara me reset sensor EOT, yang kedua adalah dengan cara melakukan reset  eot kendaraan tersebut.

Jika kedua langkah tersebut sudah dilakukan dengan berhasil maka masalah akan hilang, jangan lupa untuk mengganti sensor eot yang sudah rusak tersebut, 

Nah itulah sedikit penjelasan tentang masalah pada sensor eot , bagi teman teman yang memiliki kendaraan dengan tipe yang menggunakan pendingin harus selalu diperhatikan.


Posting Komentar untuk "Fungsi, Gejala dan Cara Memperbaiki Sensor EOT ( Engine Oil Temperatur ) Pada Motor Injeksi"