Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Komponen Utama Kepala Silinder Mobil Beserta Fungsi dan Cara Kerjanya | Penjelasan Lengkap

mazyanto.com- Komponen Kepala SIlinder Mobil,  pada kesempatan kali ini kita akan bahas mengenai komponen apa saja yang ada pada kepala silinder mobil dan apa fungsi atau kegunaan dari masing masing komponen tersebut? Simak penjelasan dibawah ini.

Apa Itu Kepala Silinder?

komponen kepala silinder mobil beserta fungsi dan cara kerjanya
Kepala Silinder mobil / Deksel


Kepala silinder atau yang biasa disebut silinder head adalah komponen utama pada sebuah mesin. Komponen ini merupakan  bagian dari mesin mobil yang terletak di bagian paling atas.  Sehingga  ini memiliki fungsi  peranan yang sangat penting. Kepala silinder adalah bagian dari tempat ruang proses dimana pembakaran campuran bahan bakar dan udara terbakar dan menghasilkan tenaga melalui dorongan gerakan piston tersebut.

Pada umumnya  kepala silinder terbuat dari baja dan alumunium alloy sehingga bahan ini sangat kuat  dan tahan terhadap tekanan serta  panas yang tinggi. Mengapa hal ini harus  kuat tahan panas dan tekanan?  Karena pada saat proses pembakaran  maka didalam ruang bakar akan terjadi tekanan dan panas yang sangat tinggi.

Untuk  itu perawatan secara berkala  memang harus  rutin dilakukan untuk menjaga performa mesin agar selalu maksimal dan dalam kondisi normal.  Perawatan pada kepala silinder  sebenarnya sangat sederhana jika kita teliti yaitu dengan cara memperhatikan  dan selalu mengganti oli tepat waktu, selain itu juga perhatikan dari kebocoran oli. 

Apa fungsi  Kepala Silinder?

komponen utama kepala silinder mobil beserta fungsi


Sebagai tempat / rumah busi

Kita tau busi adalah komponen utama yang fungsinya sangat fital sekali, karena  proses pembakaran akan terjadi jika busi bekerja dengan baik. Di bagian kepala silinder inilah busi akan memercikan bunga api di dalam ruang bakar.

Sebagai Ruang Pembakaran

Salah satu fungsi utama kepala silinder adalah sebagai tempat atau ruang pembakaran  pada mesin.  Dan didalam ruang bakar ini lah hasil dari pembakaran akan di ubah menjadi tenaga oleh piston melalui stang piston dan poros engkol.

Sebagai Ruang Mekanisme Katup

Katup pada mesin merupakan sebuah komponen yang penting, untuk itu ruang mekanisme yang letaknya di bagian kepala silinder akan mengatur waktu tertutup dan terbukanya katup masuk maupun katup buang.  Katup merupakan komponen yang berhubungan dengan intake manifold dan exhaust manifold karena pada proses ini katup berfungsi untuk mengatur  masuk dan keluarnya campuran bahan bakar dan udara serta gas sisa pembakaran.

Sebagai tempat saluran Intake dan Exhaust

Salah satu fungsi kepala silinder lainya adalah menjadi tempat atau rumah saluran intake dan exhaust.  Yang dimaksud saluran intake adalah jalur masuknya udara, sedangkan saluran exhaust adalah jalur pembuangan sisa pembakaran didalam ruang bakar.

Sebagai Tempat jalur sirkulasi Oli

Didalam kepala silinder tentu ada jalur jalur lubang oli yang memang fungsinya adalah untuk melumasi semua bagian komponen yang ada didalam kepala silinder, sehingga semua bagian mesin dapat bekerja dengan baik dan umur pakai yang lebih lama. Seperti pada bagian camshaft adalah komponen yang selalu bergesekan dengan rocker arm sehingga pelumas dapat meminimalisir kehausan dan memperpanjang usia pakai.

Sebagai jalur ruang Sirkulasi Air Pendingin

System pendinginan pada mesin merupakan hal yang sangat penting pasalnya putaran mesin yang tinggi jika tidak di imbangi dengan pendinginan maka akan terjadi panas yang berlebihan sehingga dapat membuat mesin menjadi overheat. Suhu mesin yang tinggi ini disebabkan oleh proses pembakaran di dalam ruang bakar . ini alasan kenapa di dalam kepala silinder terdapat jalur sirkulasi air pendingin.

Nah penjelasan diatas adalah fungsi utama dari bagian bagian kepala silinder mobil, lalu apa saja komponen didalam kepala silinder mobil itu sendiri, mari simak penjelasan dibawah ini.

Komponen utama kepala silinder mobil beserta fungsi penjelasan lengkap

1. Cylinder Block atau Blok Silinder adalah komponen yang berhubungan dengan kepala silinder yang fungsinya sebagai ruang pembakaran atau tempat terjadinya campuran bahan bakar dan udara dibakar sehingga menjadi tenaga.

2. Spark plug atau busi adalah komponen dari  bagian kepala silinder yang berfungi sebagai penyuplai atau pembakar  dengan cara memercikan bunga api sehingga didalam ruang bakar dapat terjadi pembakaran dengan sempurna.

3. Gasket atau yang biasa disebut pack deksel berfungsi untuk merapatkan celah antara kepala silinder dengan silinder blok, sehingga tidak akan terjadi kebocoran.

4. Piston atau seher pada mesin mobil berfungsi untuk mengubah tenaga panas yang dihasilkan oleh pembakaran di ruang bakar menjadi tenaga mekanik melalui poros engkol atau crank shaft.

5. Combustion chamber atau ruang bakar berfungsi untuk ruang pembakaran mesin itu sendiri.

6. Water jacket pada mesin berfungsi sebagai saluran air pendingin guna untuk mendinginkan mesin dari panas yang berlebihan, sehingga suhu panas dapat terjaga dengan normal.

7. Valve guide adalah komponen kepala silinder yang memiliki fungsi sebagai  penghantar dari gerakan katup

8. Valve lifter adalah komponen kepala silinder yang berfungsi untuk mengangkat katup yang berada dikepala silinder mobil tersebut.

9. Valve intake atau klep masuk berfungsi untuk menghisap bahan bakar dan udara

10. Valve exhaust atau klep buang berfungsi untuk membuang hasil sisa pembakaran pada ruang bakar.

11. Adjusting shim berfungsi untuk mengatur celah katup

12. Valve seat adalah komponen yang berfungsi sebagai dudukan kepala katup.

13. Oil seal adalah komponen yang berfungsi untuk merapatkan oli agar tidak terjadi kebocoran pada mesin.

14. Valve keepers adalah komponen yang berfungsi untuk menjaga atau mengunci katup dengan pegas katup.

15. To intake manifold adalah komponen yang terhubung dengan intake manifold

16. Dan yang terahir adalah to Exhaust manifold adalah komponen yang terhubung dengan exhaust manifold.

Itulah 16 komponen utama pada kepala silinder mobil beserta fungsi dan kegunaan nya, karena setiap komponen memiliki fungsi tersendiri, untuk itu jika terjadi kerusakan pada salah satu maka sudah pasti mesin akan mengalami masalah.

Tips Merawat Komponen kepala silinder 

Hal yang harus dilakukan agar kepela silinder tetap terjaga adalah:

1. Pastikan air pendingin pada radiator tidak berkuran atau mengalami kebocoran

2. Pastikan selalu ganti oli beserta filter oli tepat waktu

3. Hindari pembelian oli palsu yang beredar, usahakan ganti oli langsung ke bengkel resmi.

Jika sampai terjadi kebocoran pada system pendingin maka akan berdampak fatal yaitu mesin bisa terjadi overheat karena panas berlebih, begitupun juga jika kehabisan oli. Untuk itu mari rawat mobil kita dengan baik dan teratur.

Bagaimana cara kerja kepala silinder mobil?

Ini merupakan komponen yang tidak bergerak atau statis, artinya kepala silinder merupakan sebuah wadah untuk bagian komponen lain bekerja sesuai dengan fungsi masing masing.

Pada umumnya proses pembakaran di dalam ruang bakar terjadi ketika campuran bahan bakar dan udara mesuk melalui katup masuk kemudian busi memercikan api dan piston posisi tmb menuju tma maka ruang bakar akan terisi gas yang siap dibakar. Gas sisa pembakaran akan terbuang melalui katup buang yang kemudian di teruskan melalui jalur kenalpot.

Nah itulah penjelasan lengkap mengenai kepala silinder mobil beserta fungsi masing masing bagiannya, semoga sedikit informasi ini bermanfaat terimakasih, sampai jumpa diartikel selanjutnya.



Posting Komentar untuk "Komponen Utama Kepala Silinder Mobil Beserta Fungsi dan Cara Kerjanya | Penjelasan Lengkap"