Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Motor Suzuki Satria FU Hilang pengapian, Brebet atau Mogok ? Ini penyebab dan Cara Memperbaikinya

Halo sobat mazyanto pembahasan kali ini mengenai pengapian motor satria fu hilang, brebet atau mogok di tengah jalan, tentu hal ini ada yang pernah ngalami juga sebagian besar dari teman teman pecinta fu.

satria fu hilang pengapian


Kita tahu pengapian pada motor merupakan komponen yang sangat penting karena tanpa ini maka kendaraan tidak akan menyala dengan sempurna. Sehingga hasil percikan bunga api yang dihasilkan akan membakar campuran udara dan bahan bakar dengan sempurna di dalam ruang bakar.

Namun ketika salah satu komponen pengapian ada yang bermasalah tentu output dari busi tidak bisa memercikan bunga api dan tentu hal ini akan membuat motor menjadi mogok, kebetulan belum lama lama ini saya sendiri pernah mengalami masalah pada motor satria fu dengan kendala tiba tiba mogok dijalan.

Saat kendaraan mogok dijalan saya sedikit bingung namun masih santai karena ketika kita mengalami kendala seperti motor mogok dengan masalah pengapian hilang atau tidak ada arus pengapapian ada beberapa hal yang perlu atau harus kalian cek dan pastikan komponen tersebut bekerja dengan baik.

Namun sebelum kita bahas cara memperbaikinya perlu kita ketahui dulu apa saja penyebab umum nya pengapian satria fu hilang.

Penyebab pengapian Suzuki satria fu hilang:

1. Busi Mati

2. Koil Mati

3. CDI Mati

4. Spul Mati

5. Pulser Rusak

6. Ada jalur arus pengapian yang putus

7. Ada soket soket yang berkarat atau berjamur

Cara mengatasi / memperbaiki motor Suzuki satria FU hilang pengapian atau mogok dijalan:

1. Hal pertama yang harus dicek versi saya adalah cabut kabel koil yang menancak ke busi kemudian konsletkan dengan masa bodi, jika ada arus api yang keluar maka bisa dipastikan busi yang mati, namun jika sebaliknya tidak ada arus api sama sekali maka kita cek bagian cdi dan spul.

2. Selanjutnya urutan ke dua adalah cek arus keluaran dari spul,  untuk memahami jenis warna kabel Spul  motor Satria FU bisa klik disini dan setelah dicek hasilnya normal maka kita cek bagian cdi.

3. Langkah ke tiga adalah cek soket dan jalur bagian CDI, untuk yang belum tahu jalur warna kabel CDI bisa klik disini dan jika semua jalur yang menuju ke cdi normal semua tidak ada yang putus maka coba periksa soket soketnya dan terahir periksa CDI nya itu sendiri.

4. Setelah itu cek jalur pengisian ke kiprok  dan pengeluaran kiprok menuju kebatrai serta masa kiprok.

Berdasarkan pengalaman yang kemaren saya alami ternyata ada masalah pada jalur dari spul menuju ke cdi yang terputus sehingga tidak sampai ke cdi.

Catatan: hal pertama yang harus di cek adalah bagian keluaran dari spul, seperti jalur pengisian, lampu dan pulser, jika semua jalur tersebut normal maka bisa dipastikan masalahnya ada pada bagian jalur cdi, koil.

Note: untuk kondisi motor brebet bisa disebabkan karena Tutup Busi, Bahan bakar dan konsleting kelistrikan

Itulah sedikit penjelasan mengenai satria hilang pengapian, semoga sedikit informasi ini bermanfaat tetimakasih.


Posting Komentar untuk "Motor Suzuki Satria FU Hilang pengapian, Brebet atau Mogok ? Ini penyebab dan Cara Memperbaikinya"