Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Inilah jalur Rangkaian Sistem Pengapian Honda Megapro

Rangkaian sistem pengapian motor Honda Megapro- Halo selamat datang kembali teman" mazyanto semoga selalu dalam keadaan sehat dan dilancarkan segala urusannya amin,  kali ini kita bahas mengenai rangkaian sistem pengapian pada motor Honda Megapro yang pada dasarnya menggunakan sistem DC.

Rangkaian sistem pengapian pada Honda Megapro ini sendiri sebenernya sangat simpel dan tidak terlalu rumit, sama seperti tipe pada kendaraan lainnya, namun jika kita belum Pham tentu akan membuat bingung dan bisa menyebabkan masalah tentunya.

Untuk itu mari kita kupas tuntas mengenai pengapian yang ada pada kendaraan ini, rangkaian yang menggunakan sistem DC ini tentu baterai adalah sebagai sumber arus utama.

Selanjutnya pada jenis CDI nya sendiri memiliki enam jalur kabel  namun yang aktif hanya empat kabel saja,  untuk mengecek apabila terjadi masalah pada pengapian Honda Megapro tersebut hal pertama yang harus di cek adalah Busi dan komponen lainya.

Jika busi dalam kondisi baik maka selanjutnya koil, CDI, dan bagian bawah ada spul beserta pulser nya. Namun sebelum mengecek komponen tersebut tentu kita harus paham terlebih dahulu dengan jalur rangkaian pada sistem pengapian ini, untuk itu mari simak penjelasan lengkap dibawah ini:

Inilah jalur Rangkaian Sistem Pengapian Honda Megapro


1. Pertama adalah untuk jenis kabel putih hitam yang menuju ke baterai,  jalur ini berfungsi untuk menyuplai arus pengapian.

2. Untuk kabel yang berwarna hijau adalah kabel massa bodi, atau kabel yang menghubungkan ke masa bodi, seperti pada kendaraan umum lainnya.

3. Selanjutnya untuk kabel berwarna kuning biru adalah kabel pulser, atau kabel yang menghubungkan CDI ke pulser, yang fungsinya akan memberikan sinyal. Perlu diketahui pulser itu sendiri terletak di bagian magnet.

4. Dan yang terakhir adalah kabel kuning hitam, ini merupakan jalur output dari CDI menuju ke coil, atau kabel ini ialah keluaran dari CDI menuju ke Koil, sehingga pengapian hasil dari CDI akan dinaikan oleh koil dan terjadilah percikkan bunga api yang sempurna oleh busi.


Sebenernya tidaklah sulit untuk memahami sistem pengapian pada motor Honda, karena tidak jauh berbeda, namun terkadang juga bisa lupa, untuk itu perlu kita catat agar sewaktu waktu bisa kita mudah untuk melihat kembali.

Baiklah sampai disini dulu penjelasan nya semoga bermanfaat dan sampai jumpa di artikel selanjutnya, sekian dan terimakasih 🥰

Posting Komentar untuk "Inilah jalur Rangkaian Sistem Pengapian Honda Megapro"