Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Komponen Utama bagian Mesin Sepeda Motor 4 tak dan 2 Tak Beserta Fungsinya

Halo sobat mazyanto, penjelasan kali ini adalah mengenal komponen komponen pada bagian mesin sepeda motor baik jenis 4 tak maupun jenis 2 tak. Dan yang pertama akan kita bahas adalalah motor jenis 4 tak yang saat ini banyak digunakan dikalangan masyarakat.

Sepeda motor jenis 4 tak terkenal dengan efisiensi bahan bakar yang tinggi dan mengurangi  populasi karena memang pada mesin pembakaranya sangat semurna sehingga gas sisa pembakaran terbakar bersih, hal ini berbeda dengan jenis motor 2 tak yang memang sangat tidak ramah lingkungan sekali, sehingga akan mencemari lingkungan ketika sering dipakai.

Itulah mengapa saat ini banyak lah dipakai jenis 4 tak dibanding dengan 2 tak karena memang sangat ramah lingkungan ketika digunakan, selain itu juga untuk efisinsi pemakaian bahan bakar lebih irit dibanding dengan jenis 2 tak.

Jenis 4 tak secara umum memiliki wilayah wilayah tersendiri seperti, pada bagian atas ada kepala silinder, kemudian bagian samping kana nada bagian kopling, sedangkan bagian kiri ada magnet dan pada bagian tengah ada transmisi. Nah setiap masing masing bagian tentu memiliki komponen utama sehingga proses kerja mesin dapat bekerja dengan baik dan sempurna. Untuk itu simak penjelasan dibawah ini mengenai komponen utama mesin motor.


Komponen utama Bagian Mesin sepeda motor

1. Bagian kepala Silinder (Cyilinder head)

bagian mesin kepala silinder sepeda motor


Komponen ini sendiri letaknya berada pada bagian paling atas mesin motor yang memiliki fungsi sebagai tempat pembakaran dan terjadinya proses mekanisme katup berjalan. Pada bagian kepal silinder terdapat beberapa komponen seperti, Klep, gear, noken as, rocker arm, dan bearing.  Kepala silinder memiliki peran penting sehingga proses masuk nya campuran bahan bakar dan udara terjadi.


2. Blok Silinder

10 Komponen Utama bagian Mesin Sepeda Motor 4 tak dan 2 Tak


Silinder blol atau yang nama lainya adalah blok motor ini adalah tempat yang memiliki ruang volume tabung yang berisi piston, dan disinilah langkah kerja mesin terjadi sampai terjadi nya pembakaran yang sempurna.


Blok pada kendaraan bermotor memang sengaja di desain terpisah dengan mesin karena memang untuk memudahkan saat pergantian atau pun melakukan perawatan.


3. Transmisi

10 Komponen Utama bagian Mesin Sepeda Motor 4 tak dan 2 Tak


Pada komponen transmisi didalamnya banyak sekali gear gear pemindah gigi yang fungsinya untuk memindahkan tenaga, missal dari gigi satu untuk mendapatkan tenaga besar namun kecepatan rendah dan begitu pula gigi 5 kecepatan tinggi namun tenaga rendah.


4. Piston, Ring Piston, dan stang Piston

10 Komponen Utama bagian Mesin Sepeda Motor 4 tak dan 2 Tak


Untuk piston sendiri merupakan sebuah komponen yang berbentu bulat yang berada didalam silinder yang bisa menimbulkan efek vakum dan kompresi untuk proses pembakaran.


Sedangkan ring piston memiliki fungsi yaitu sebagai alat untuk mencegah kebocoran oli yang masuk keruang bakar dan juga mencegah kebocoran kompresi mesin. Ring piston berbentuk lingkaran yang melekat pada bagian piston.


Sedangkan untuk stang piston itu sendiri adalah komponen yang memiliki fungsi untuk menyealurkan gerakan poros engkol  menuju ke piston, sehingga proses kerja mesin dapat berjalan dengan baik seperti langkah hisa, kompresi, usaha dan buang.


5. Katup atau klep (valve)

bagian katup atau klep sepeda motor


Sedangkan untuk klep sendiri merupakan komponen utama juga dalam mesin kendaraan, karena alat ini memiliki fungsi  untuk mengantur keluar masuk nya campuran bahan bakar dan udara didalam ruang bakar, khususnya pada bagian kepala silinder.


6. Mekanisme Penggerak katup  (noken As)

10 Komponen Utama bagian Mesin Sepeda Motor 4 tak dan 2 Tak


Komponen ini adalah alat yang berfungsi untuk mengatur buka tutup sebuah katup sesuai dengan waktu timing yang pas ketika poros engkol berputar.


7. Poros engkol

poros engkol sepeda motor


Sedangkan untuk poros engkol sendiri adalah sebuah komponen yang memiliki fungsi mengubah gerakan naik turun piston menjadi gerak putar. Untuk itu ini memiliki peran yang paling krusial di dalam proses kerjanya.


8. Intake Manifold

Sedangkan untuk intake manifold ini sendiri adalah komponen yang berfungsi  untuk menyalurkan campuran bahan bakar dan udara yang akan masuk menuju ke ruang bakar.  Pada proses ini mesin akan bekerja dengan baik jika komponen ini tidak mengalami masalah seperti kebocoran seal dan lain lain.


9. Exhaust manifold

10 Komponen Utama bagian Mesin Sepeda Motor 4 tak dan 2 Tak


Ini merupakan sebuah kompoenen yang berfungsi sebagai tempat penyaluran pembuangan gas sisa pembakaran yang terjadi didalam ruang bakar tersebut, dengan diberikan sebiah  kenalpot maka suara yang dihasilkan dari hasil pembakaran tersebut akan lebih halus dibanding jika tidak dipasang kenalpot.

Itulah beberapa komponen utama pada bagian mesin kendaraan sepeda motor yang peran nya sangat penting dan perlu diperhatikan agar tidak terjadi nya kerusakan sangat kecil.

Kesimpulan

Dari penjelasan diatas dapat disimpulkan bahwa komponen mesin sepeda motor adalah sebagai berikut:

1. Kepala silinder

2. Blok silinder

3. Transmisi

4. Piston

5. Ring piston

6. Stang piston

7. Busi

8. Roker arm

9. Noken as

10. Klep

11. Poros engkol

12. Intake manifold 

13. Exhaust manifold



Posting Komentar untuk "10 Komponen Utama bagian Mesin Sepeda Motor 4 tak dan 2 Tak Beserta Fungsinya"