Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Macam Jenis Contoh Workshop Equipment dan Fungsinya

Halo sobat mazyanto, balik lagi dengan pembahasan mengenai contoh contoh peralatan workshop equipment berserta fungsi dan kegunaan masing masing.

Workshop equipmwn merupakan sebuah peralatan perlengkapan tambahan untuk membantu proses kerja, sehingga dengan menggunakan alat ini maka pekerjaan akan menjadi lebih ringan, alat ini bisa berupa alat bantu angkat, alat bantu penampung dan bahkan juga alat bantu untuk memindahkan barang.

Workshop equipment dalam dunia otomotif sering sekali digunakan karena memang sangat membantu sekali dalam melakukan pekerjaan. Tak hanya itu juga dalam kegitan sehari hari pun sangat berguna.

Dalam pembahasan ini akan dijelaskan mengenai apa saja contoh pengaplikasian peralatan workshop equipmen dalam kehidupan seharii hari, atau yang sering digunakan. Untuk itu simak penjelasan selanjutnya dibawah ini:


Contoh 5 Workshop Equipment

Sebenarnya ada banyak sekali peralatan workshop eqipment yang bisa kita cari namun dalam hal ini tidak semua akan dibahas hanya peraltan yang sering dipakai saja. 

1. Crane

Peralatan Yang pertama Adalah crane, peralatan ini ini memiliki fungsi untuk mengangkat suatu benda dari tempat semula ketempat yang akan dipindah. Biasanya seperti akan mengangkat mesin , mengangkat transmisi dan yang lainnya.

contoh workshop equipment crane


Sebagai contoh biasanya cran digunakan di bengkel untuk mengangkat mesin, dan bahkan disebuah proyek proyek besar.


2. Forklift

Workshop equipment jenis peralatan ini memiliki fungsi untuk memindahkan dari suatu tempat ketempat yang lain. Alat jenis ini memiliki kemampuan daya angkat yang mulai dari 2 ton, 5 ton 10 ton dan masih tergantung dengan jenis forklift tersebut.

workshop equipment  forklif


Sebagai contoh biasanya alat ini digunakan untuk mengangkat barang disebuah gudang


3. Engine Stand

Sedangkan untuk workshop jenis ini adalah peralatan yang berfungsi untuk menahan engine ketika sedang dilepaskan dari kendaraan.  Alat jenis ini biasanya kebanyakan dipakai pada bengkel otomotif. 

workshop equipment engine stand


Sebagai contoh alat ini biasanya digunakan dibengkel untuk menahan kendaraan ketika roda sedang dilepas dalam waktu yang lama.


4. Dongkrak

Selanjutnya untuk contoh workshop equipment adalah dongkrak, alat ini memiliki fungsi mendongkrak atau mengangkat  benda ataupun mesin kendaraan dengan ketinggian kira kira kurang dari 1 meter saja. Kebanyakan alat ini sangat dibutuhkan dalam bengkel otomotif.

10 Macam jenis Contoh Workshop Equipment dan Fungsinya


Sebagai contoh digunakan untuk mendongkrak kendaraan mobil


5. Carlift

10 Macam jenis Contoh Workshop Equipment dan Fungsinya


Sedangkan untuk alat workshop equipmen  jenis carlift ini memiliki fungsi untuk mengangkat mesin atau pun kendaraan. Prinsipnya hampir sama dengan dongkrak namun pada alat ini untuk ketinggian angkat bisa mencapai 2 meter. Dan pada titik tumpunya sendiri memiliki 4 titik dibanding dengan dongkrak yang hanya satu titik saja.


6. Jack Stand

10 Macam jenis Contoh Workshop Equipment dan Fungsinya


Kemudian untuk workshop equipment jenis ini sendiri memiliki fungsi untuk menopang kendaaraan setelah didongkrak. Artinya peralatan ini sangat dibutuhkan ketika kendaraan yang sudah didongkrak akan ditahan dalam waktu yang cukup lama.


7. Hidraulic press

Workshop equipment jenis ini merupakan peralatan yang memiliki fungsi untuk mendorong sebuah komponen yang sulit dilepas dengan kunci atau tangan.  Hidraulicc press ini bekerja dengan cara menekan, melalui cairan hydraulic itulah komponen ayang tertekan dengan tekanan tang kuat. 

10 Macam jenis Contoh Workshop Equipment dan Fungsinya


Sebagai salah satu contoh yang sering digunakan untuk membuka busing kepak, bearing dan karet shok lainya.


8. Kompresor

10 Macam jenis Contoh Workshop Equipment dan Fungsinya


Kompreseor merupakan salah satu komponen yang berfungsi untuk menghisap udara disekitar kemudian akan di keluarkan lagi dalam bentuk tekanan yang tinggi.  Kompresor sendiri adda dua jenis yakni kompresor sentrifugal dan aksial sedangkan dari sisi perpindahan sendiri piston kerja tunggal ganda, diagfragmaa dan putar.


9. Mesin Las

10 Macam jenis Contoh Workshop Equipment dan Fungsinya


Sedangkan untuk peralatan mesin las ini sendiri memiliki fungsi sebagai penyambung pada bagian material untuk menyatu lagi.  Jenis las ini biasanya yang sering dipakai di lingkungan masyarakat sekitar adalah jenis las karbit dan las listrik, dimana las listik menggunakan kawat las atau elektroda sedangkan las karbit menggunakan kawat.


10. Wheel Balancer

Peralatan jenis ini sangat berguna sekali di dalam bengkel otomotif, pasalnya tingkat ketelitian untuk mengetahui besarnya unbalance pada sebuah  roda sangat tinggi. Sedangkan untuk pengoprasiannya pun tidak terlalu sulit.


Contoh alat ini digunakan di bengkel bengkel resmi seperti Toyota, Honda, Daihatsu dan bengkel bengkel kaki lima pun yang memang tergolong besar.


Demikian lah penjelasan mengenai contoh peralatan workshop equipment dalam kehidupan sehari hari, semoga informasi ini bermanfaat sekian dan terimakasih.


 

Posting Komentar untuk "10 Macam Jenis Contoh Workshop Equipment dan Fungsinya"