Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Rotary Engine, Pengertian, Komponen dan Cara Kerja Mesin Wankel

Mazyanto.com- Mengenal  Rotary Engine, Pengertian, Fungsi, Komponen dan cara kerja Mesin Wankel. Mesin wankel atau  yang biasa disebut mesin rotary merupakan sebuah mesin yang dapat menghasilkan energi atau pembakaran dari gerakan berputar.  Untuk pembakaran itu sendiri adalah hasil dari piston yang berbentuk segitiga yang berputar pada rotor dengan digerakan oleh sumbu.

Mengenal Rotary Engine, Pengertian, Komponen dan Cara Kerja Mesin Wankel


Seorang insinyur jerman yang bernama Felix wankel telah mengembangkan mesin ini pada tahun kisaran 1950, pengembangan atau penelitian ini dilakukan di NSU Motorenwerke AD,  dan dari penelitian ini kemudian dilisensikan oleh beberapa perusahaan otomotif dan selalu dikembangkan.

Salah satu pabrikan otomotif yaitu Mercedes-Benz, Rolls Royce, mazda dan pabrikan lainya mulai mengaplikasin mesin ini saat awal awal peluncuran awal mesin ini.  Salah satunya mobil mazda yang telah menggunakan mesin rotary ini adalah mobil sport all new mazda RX 7 tahun 1991, kemudian tahun selanjutnya mazda RX 8 bermesin rotary tahun 2008 versi facelift.

Apa sih mesin wankel atau rotary engine?

Jadi mesin wankel adalah sebuah mesin yang dapat menghasilkan energi ataupun pembakaran melalui gerakan putaran (rotasi), seperti yang sudah dijelaskan diatas, pembakaran atau energi tersebuut dihasilkan dari sebuah piston segitiga yang berputar pada rotor dan digerakan oleh sebuah poros.  Pada proses ini kompresi atau tekanan lah yang menggerakan piston segitiga tersebut.


Pada umumnya mesin mesin lain piston bergerak naik turun, namun untuk mesin rotary ini berbeda karena menggunakan rotor yang berbentuk segitiga yang gerkan nya memutar, pada prinsipnya crankshaft tetap diam ketka mesin sedang bekerja.


Mesin jenis ini dari dulu yang dipakai pada mesin pesawat namun sekarang juga banyak dipakai pada beberapa pabrikan mobil, seperti mazda dan yang lainya.

Komponen komponen mesin wankel (rotary engine )

1. Intake manifold, komponen ini merupakan jalan masuknya campuran bahan bakar dan udara 

2. Exhaust manifold, adalah komponen yang berfungsi sebagai tempat saluran pembuangan gas sisa pembakaran.

3. Rumah stator adalah komponen yang berfungsi sebagai rumah berputarnya rotor. 

4. Chamber, adalah komponen yang berfungsi sebagai tempat terjadinya proses kerja pada setiap langkah.

5. Pinion, adalah komponen yang berfungsi sebagai tempat berputarnya crown gear.

6. Rotor, adalah komponen yang berfungsi menghisap campuran bahan bakar kemudian mengkompresi dan membuang sisa gas pembakaran serta menyalurkan tenaga ke proros engkol.

7. Crown gear, adalah komponen yang berfungsi meneruskan tanaga putar dari rotor menuju poros engkol.

8. Eccentric shaft, adalah komponen yang berfungsi untuk menerima putaran tenaga dari rotor yang akan diterukan menuju ke fly wheel atau roda gila.

9. Spark plug atau busi, adalah komponen yang berfungsi membakar campuran udara dan bahan bakar dengan cara memercikan bunga api didalam ruang kompresi.


Bagaimana cara kerja mesin wankel atau rotary engine?

Pada dasarnya cara kerja mesin wankel sama dengan mesin mesin lainya, hanya saja mesin ini lebih sederhana dibanding dengan yang lain,  untuk langkah kerja nya pun sama yaitu langkah hisap, langkah kompresi , langkah usaha dan langkah buang. Dan pada mesin wankel ini sedniri setiap satu kali putaran penuh poros engkol akan menghasilkan 4 langkah kerja sekaligus mencakup yaitu langkah hisap, kompresi, usaha dan buang. Seperti halnya

1. Posisi Langkah hisap, pada proses ini campuran bahan bakar dan udara akan terhisap masuk melalui intake manifold ke dalam ruang bakar.

2. Langkah kompresi, pada langkah ini campuran bahan bakar dan udara yang sudah masuk akan di mampatkan atau ditekan

3. Posisi langkah usaha, pada proses ini campuran bahan bakar dan udara yang dimampatkan akan dibakar oleh percikan bunga api busi kemudian akan meledak dan menghasilkan daya ledak dan tenaga mesin.

4. Langlah buang, pada posisi ini gas sisa dari hasil pembakaran akan keluar melalui  exhaus manifold karena didorong rotor yang berbentuk segitiga tersebut.


Jadi ketika mesin rotary bekerja, semua langkah bekerja hampir dalam waktu yang bersamaan, karena ketika rotor melakukan langkah hisap maka pada sisi rotor lainya sedang melakukan langkah kerja, dan langkah buang.

Apa kelebihan dan kerugian mesin wankel atau rotary engine?

Keuntungan:

1. Sangat sederhana, artinya mesin ini hanya memiliki sedikit bagian yang bergerak dibanding dengan mesin yang bekerja dengan piston lainya.

2. Beratnya sangat ringan

3. Pendinginan mesin, saat mesin bekerja maka aliran udara akan tercipta sehingga pendinginan akan bergerak cepat.

4. Putaran engine bisa sangat tinggi, karena sangat sederhana tidak ada komponen bolak balik seperti piston.

5. Pengiriman daya, karena rotor berputar sehingga pengiriman daya cepat dan halus

6. Setiap satu kali putaran rotor akan terjadi 3 langkah kerja sehingga power yang dihasilkan lebih tinggi

Jadi kelebihan yang paling utama mesin ini adalah PWR yang superior, handal dan murah.


Sedangkan kerugian nya:

1. Intake port tidak ada klep sehingga kompresinya rendah jadi bahan bakar akan menjadi  lebih boros karena kurang terkontrol.

2. Mudah terjadi kebocoran kompresi karena bentuk dari rotor segitiga yang rumit

3. Busi mudah mati

4. Nilai torsi lebih rendah

5. Pengereman engine brake kecil

Jadi kelemahan utama pada mesin wankel ini adalah lebih boros dan emisi gas buang nya lebih tinggi.


Kesimpulan

Mesin wankel ini merupakan mesin yang memiliki performa sangat tinggi dibanding dengan piston engine dengan bobot engine yang sama, namun lebih boros dibanding dengan piston engine.




Posting Komentar untuk "Mengenal Rotary Engine, Pengertian, Komponen dan Cara Kerja Mesin Wankel"