Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengganti CDI Jupiter MX Lama Manjadi CDI Racing

Mazyanto.com- Ketahui Cara mengganti CDI jupiter MX, halo teman teman, kali ini saya akan bercerita tentang bagaimana saya mengganti CDI motor MX dan bagaimana setelah diganti.

Mengganti CDI Jupiter MX Lama Manjadi CDI Racing


Kita tahu cdi pada motor merupakan komponen dari salah satu pengapian yang peran nya sangat lah penting, 

Namun disini yang akan kita bahas adalah CDI asli bawaan dari motor jupiter mx, karena saya mengalami masalah pada motor mx saya. Ntaah kenapa sepertinya cdi nya baawaan dari mx sendiri kurang pas.

Dan setelah saya cari cari informasi ternyata memang benar, cdi bawaan mx sedikit kurang pas, ketika digas pada rpm tertentu akan terasa mrebet.

Cobe deh buat kalian para pemakai motor mx, apakah hal ini Cuma saya saja yang megalami atau ada yang lain juga. 

Jadi cara saya untuk mengatasi maslah ini adalah dengan merombak CDI menjadi CDI racing, karne hal ini sangat berpengaruh terhadap performa dan tenaganya.

Jadi selain setting pada bagian karburator cdi pun juga harus di up ke rasing  untuk meningkatkan performa motor. Hal ini dilakukan untuk memperbaiki kurva pengapian karena motor jupiter mx kendalanya tenaga yang masih terbatas dan terdengar brebet ketika digas untuk kecepatan tertentu.

Cara saya mengganti CDI Jupiter MX ke Racing

Tujuan dari pada pergantian ini adalah meningkatkan performa mesin. Dengan mengganti cdi standar bawaan jupiter mx menjadi  cdi racing, ada beberapa keunggulan yang akan dirasakan dari perubahan motor jupiter MX yaitu:

1. Meningkatkan tenaga mesin pada komponen pengapian

2. Mampu mendongkrak power hingga 0,4 horse power

Selain itu juga kita dapat mengganti beberapa komponen untuk ditingkatkan seperti  mengganti koil, busi, kepala busi, dan kenalpot racing.

Penyatuan sensor extra fan atau yang biasa disebut kipas radiator menyebabkan ukuran pada peranti pengatur timing motor jupiter MX menjadi lumayan besar. Kemudian ada 2 soket di CDI, pertama soket yang besar terhubung ke CDI dan soket kedua yang kecil menuju ke sensor kipas.

Siapkan soket cdi racing yang bisa dibeli di toko  sparepart motor, kemudian lepas soket besar aatau bisa mencangkok dengan kabel soket kecil milik jupiter z. Intinya disini kita hanya mengambil soket CDI nya saja ya.

Selanjutnya  cangkok kan ke kabel soket jupiter MX, kabel orange koil  bertemu dengan kabel orange juga, kabel putih pulser bertemu dengan kabel putih juga, kabel coklat + bertemu dengan kabel coklat juga, kabel merah masa bertemu dengan kabel hitam strip biru pada kabel soket jupiter MX. 

Setelah semua kabel sudah bertemu maka tinggal kita lakukan isolasi dari hasil penyambungan tersebut agar aman tidak terjadi konslet,  dan pasang CDI baru disoket yang baru.

Namun dari hasil pergantian ini ada salah satu komponen yaitu lampu indikator suhu menjadi tidak berfungsi dan sensor karburator menjadi tidak bekerja, namun hal ini tidak menjadi masalah, semua akan bekerja dengan baik dan  selain itu normal semua.

Salam Bahagia,

Referensi : http://konsultasimotor.blogspot.com


Posting Komentar untuk "Mengganti CDI Jupiter MX Lama Manjadi CDI Racing"