Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal 11+ Macam Jenis Gergaji Tangan Beserta Fungsinya

Mazyanto.com- Mengenal 12+ macam jenis Gergaji Tangan Beserta Fungsinya. Halo sobat, tahukah kalian dengan alat yang satu ini, gergaji tangan sering kita lihat dan kita digunakan juga di kehidupan sehari hari.

Memang benar salah satu alat perkakas tangan ini merupakan alat yang perlu kita miliki didalam rumah, karena terkadang dalam kegiatan sehari hari kita butuh sewaktu waktu untuk memotong kayu ataupun yang lainya. Sehingga dalam proses ini sangat membantu sekali.

Tidak hanya didalam rumah tangga saja, bahkan para tukang bangunan pun banyak sekali yang menggunakan alat gergaji tangan ini untuk membantu pekerjaan nya. 

Gergaji tangan yang sering kita pakai ternyata memiliki banyak jenis dan kegunaan nya. Tidak hanya jenis gergaji tangan untuk memotong kayu, ada juga jenis gergaji tangan untuk memotong besi dan teriplek.

Lalu apa sebenrnya gergaji tangan itu?

Gergaji adalah sebuah alat untuk membantu pekerjaan manusia memotong sebuah benda, artinya dengan adanya bantuan gergaji ini maka segala urusan potong memotong akan menjadi lebih mudah dibanding harus menggunakan alat yang lainya seperti pisau ataupun parang.

Apa Keuntungan dan kerugian menggunakan Gergaji Tangan?

Salah satu Keuntungan menggunakan gergaji tangan adalah:

1. Alat yang murah

2. Biaya operasi yang murah karena cukup menggunakan tenaga manusia

3. Tidak menggunakan listrik

Dari keuntungan tersebut tentu sangat tertatik bukan untuk memilikinya. Sedangkan untuk kerugian nya adalah

1. Pengerjaan nya cukup lama

2. Sangat melelahkan karena menggunakan tenaga manusia

3. Keakuratnya kurang


Diatas merupakan gambaran tentang kelebihan menggunakan alat gergaji tangan, dan sekarang mari kita bahas mengenai jenis jenis gergaji tangan beserta fungsi dari setiap masing masing alat itu sendiri.

Jenis –Jenis Gergaji Tangan Menurut Fungsinya

1. Janis Gergaji Kayu Handsaw / Ripsaw

jenis gergaji tangan handsaw


Alat ini merupakan salah satu jenis gergaji kayu yang biasa kita lihat di rumah atau dilingkungan sekitar kita. Gergaji jenis ini memiliki fungsi untuk memotong dan membelah kayu dengan jalur urat searah.  Sedangkan untuk gergaji jenis ini memiliki mata gergaji yang harus diasah setiap penggunaan waktu tertentu agar tetap tajam.  Selain itu harga dari jenis gergaji ini pun sangat terjangkau kemungkinan saat ini berkisar diatas 35.000 rupiah. Contoh kegunaan dalam kehidupan sehari hari  adalah untuk memotong, kayu, papan, pipa, dan lain lain, sedangkan untuk hasil dari potongan itu sendiri akan lebih kasar dibanding dengan alat lain.


2. Jenis Gergaji Ukir Coping Saw

jenis gergaji coping saw


Gergaji jenis ukir ini adalah sebuah gergaji yang memiliki fungsi untuk memotong sebuah pola atau gambaran pada triplek, kayu  papan dan jenis kayu lainya, dengan bentuk yang unik yaiutu seperti huruf U namun fungsinya sangat memudahkan sekali saat melakukan potong memotong pola lengkung. Selain itu juga memiliki bentuk yang sanngat tipis sehingga lebih tajam. Dan untuk harga nya sendiri saat ini berkisar 50.000 rupiah keatas yang bisa dicari di took bangunan terdekat.


3. Jenis Gergaji Besi (Hacksaw)

gergaji tangan hacksaw


Sedangkan untuk jenis gergaji besi ini merupakan gergaji kusus untuk memotong benda kerja yang berbahan logam, seperti contoh pipa besi, besi behel, pipa pvc dan yang lainya. Gergaji ini bentuk nya hamper mirip dengan dengan gergaji jenis ulir, hanya saja jenis gergaji ini lebih tebal dibanding gergaji jenis ulir. 


4. Jenis Gergaji Sudut /  Gergaji Punggung (Backsaw)

backsaw


Backsaw adakah sebuah gergaji yang memiliki fungsi untuk menahan gergaji agar tetap lurus ketika proses pemotongan sedang dilakukan. Biasanya jenis gergaji ini digunakan untuk membuat sambungan lemari, bingkai dan yang lainya.


5. Janis Gergaji Jepang

japanes saw


Untuk jenis gergaji jepang ini sendiri adalah gergaji yang memiliki tingkat ketajaman yang sangat baik dibanding dengan gergaji tangan yang lain, sedangkan dilihat dari ukuranya sendiri lebih tipis dan kuat. Untuk harganya sendiri terbilang cukup malah ya, mungkin dikisaran 600.000 rupiah ketas.


6. Jenis Crosscut Saw

crosscut saw


Sedangkan untuk jenis gergaji ini sendiri adalah gergaji yang memiliki fungsi untuk memotong sebuah kayu atau pohon yang melintang, untuk jenis mata gergaji ukurannya pun ada macam macam, ada yang besar yang bisa untuk menebang pohon begitupun yang kecil untuk membelah kayu.


7. Jenis Hand Powered Pocket Chainsaw

Hand Powered Pocket Chainsaw


Untuk gergaji jenis ini memiiliki mata gergaji yang berbentuk rantai yang panjang dengan dua pegangan dan memiliki gigi, biasanya jenis ini sangat cocok digunakan untuk memotong kayu dihutan.


8. Jenis Wallboar saw

Adalah sebuah jenis gergaji yang memiliki ukuran bilah lebih pendek dan lebar. Dan untuk gigi yang dimiliki pun lebih sedikit, hal ini karena untuk menembus tembok.


9. Jenis Pruning Saw

pruning saw


Sedangkan untuk jenis gergaji ini memiliki bilah pemotong dengan bentuk melengkung, dengan pegangan seperti pistol dan bentuk bilah potongnya sendiri lebarserta memiliki gigi dengan dua arah pemotongan.


10. Jenis Veneer Saw

Sedangkan untuk jenis gergaji ini dirancang kusus memiliki dua buah mata potong13 gigi/Inch. 


11. Jenis Keyhole Saw

keyhole saw


Dan yang terahir adalah gergaji jenis keyhole saw adalah gergaji yang memiliki bentuk  seperti kunci, gagang bundar dan bilah tunggal yang meruncing dari pangkal ke ujung. Sedangkan untuk gergaji jenis ini biasanya digunakan dalam pengerjaan dry wall.


Dari sekian banyak jenis gergaji tangan diatas, gergaji manakah yang saat ini kalian miliki. Semoga sedikit informasi diatas dapat membantu, sekian dan terimakasih.


Posting Komentar untuk "Mengenal 11+ Macam Jenis Gergaji Tangan Beserta Fungsinya"