Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Biar Gak Gampang Rusak! Inilah Prosedur Pengoprasian Pompa yang Benar

Halo sobat mazyanto, Untuk rumah tangga, mesin pompa sangat difungsingkan sebagai penyuplai air untuk memenuhi kebutuhan mulai darii mandi, mencuci pakaian, hingga untuk kebutuhan konsumsi. Dengan demikian mesin pompa harus bekerja setiap hari atau setiap saat sesuai kebutuhan. Perlunya mengerti prosedur pemakaian mesin pompa, agar mesin pompa tak rentan rusak saat dibutuhkan.

prosedur pengoprasian pompa yang benar


Hal-hal di bawah ini menyangkut prosedur pemakaian pompa yang benar, untuk mencegah kerusakan pada mesin pompa. Apa sajakah yang harus diperhatikan pada prosedur penggunaan mesin pompa? Inilah jawabannya:


1. Peletakan mesin pompa


Peletakan mesin pompa, juga dapat mempengaruhi ketahanan mesin pompa. Saat melakukan pemasangan mesin pompa, jangan ditaruh di tempat yang rendah atau di bawah isapan air. Dengan begitu, pompa beresiko akan terendam air hingga mengalami kerusakan pada mesin.


2. Berikan pelindung


Agar mesin pompa terhindar dari genangan air, perlunya pompa diberikan pelindung atau penghalang supaya genangan air tidak mengenai pompa agar pompa tetap teroptimisasi.


3. Jangan operasikan pompa dalam kondisi kering


Hentikan penggunaan mesin pompa saat berada dikondisi kering, karena bisa menjadi sumber penyebab kerusakan pompa.


4. Perhatikan suhu pompa


Perlu menakar suhu sebelum melakukan pengunaan mesin pompa. Suhu ekstrem berada di 40°C atau 5°C, tidak dianjurkan pada penggunaan mesin pompa.


5. Berikan oli pada gigi putar secara berkala


Melakukan perawatan intens pada mesin pompa sangat harus dilakukan, untuk menjaga mesin pompa tetap optimal. Bagian dari pemeliharaan mesin pompa, memberikan oli pada gigi putar secara berkala.


6. Cabut saklar kabel mesin pompa


Bila pengunaan mesin pompa dirasa tidak diperlukan, pastikan kabel  pompa yang tertancap pada stop kontak sudah tercabut. Dengan ini, akan membantu menghemat dari konsumsi listrik.


7. Hindari membungkus mesin pompa dengan bahan mudah terbakar


Bahan yang mudah terbakar untuk membungkus mesin pompa, adalah bahan seperti kain 


8. Hindari banyak tikungan pada pipa


Menciptakan banyak tikungan pada pipa, dapat berimbas menghambat aliran air hingga dapat menyebabkan kebocoran.


Itulah rangkaian dari prosedur pemakaian mesin pompa, yang dapat menjadi terapan dalam mengantisipasi kerusakan pada mesin pompa.


Posting Komentar untuk "Biar Gak Gampang Rusak! Inilah Prosedur Pengoprasian Pompa yang Benar"