Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Donasi

Inilah Jalur Rangkaian Sistem Pengapian Motor Suzuki Smash

Halo sobat mazyanto, pada kesempatan ini akan kita bahas mengenai sistem pengapian motor smash. Sebelum kita lanjut lebih dalam lagi coba kita kenali terlebih dahulu mengenai motor ini.

Jadi motor smash adalah produk dari suzuki yang sudah sangat melegenda pada era 2000 an ya prend, pasti sudah tidak asing lagi lah dengan motor yang sangat bandel ini, meskipul sparepart nya tergolong agak mahal dikit hehe, namun kualitas tidak diragukan lagi.

Saya sendiri dulu pernah memakai  dan sudah merasakan keawetan dan kebandelan dari motor ini, dan bahkan sampai saat ini pun masih banyak saya jumpai di pedesaan. 

Balik lagi ketopik awal ya, tentang pembahasan sistem pengapian pada motor suzuki smash, pada umumnya sistem dan jalur pengapian tidaklah jauh berbeda dengan motor lain, hanya letak dan warna komponen saja yang sedikit berbeda.  Lalu apa saja komponen sisem pengapian pada motor smash.

Komponen sistem pengapian pada motor suzuki Smash

1. Spul / Generator

2. CDI

3. Kiprok

4. Koil

5. Busi

Nah dari kelima komponen tersebut sistem pengapian suzuki smash dapat saya terangkan sebagai berikut,  lihat gambar dibawah ini:

Rangkaian Sistem Pengapian Motor Suzuki Smash


1. Pertama warna kabel putih / merah keluaran dari spul menuju ke kirpok ini memliki fungsi sebagai alur sumber pengisian. Dan kabel ini wajib mengeluarkan arus agar pengisian dapat bekerja dengan baik dan normal. Jika tidak ada arus maka sudah dipastikan motor tidak akan menyala  Dan spul wajib diperiksa, namun untuk masalah ini sangat jarang ditemui.

2. Selanjutnya kabel biru / kuning merupakan pulser  yang dihubungkan ke massa body .

3. Warna kabel kuning / putih  keluran dari spul adalah kabel untuk diteruskan sebagai penerangan, dari spul ke kirpok. Jadi jika kalian ada masalah pada penerangan seperti lampu sering mati atau tidak bisa hidup coba cek jalur ini.

4. Warna kabel  biru / putih adalah kabel keluaran pulser menuju ke CDI yang memiliki fungsi sebagai pengatur sinyal waktu pengapian. 

5. Warna kabel merah adalah kabel aki yang terhubung ke kiprok menuju ke kunci kontak. Kabel ini adalah no 4 dari kabel kiprok Dan untuk melihat apakah pengisian normal atau tidak bisa di lepas kabel merah dari aki dan amati apakah ada percikan api, jika ada maka pengisian normal, karena memang seharusnya ada arus pengisian.

6. Warna kabel oren adalah kabel kontak sebagai sistem beban menuju ke CDI.

7. Dan yang terhair adalah Warna Kabel Hitam/Putih adalah kabel massa untuk semua arus.

Penjelasan diatas merupakan alur rangkaian sistem pengapian motor suzuki smash 110 yang sampai saat ini masih enak dipakai untuk sehari hari dan perawatan nya pun tergolong tidak susah.

Sampai jumpa diartikel selanjutnya, terimakasih




Posting Komentar untuk "Inilah Jalur Rangkaian Sistem Pengapian Motor Suzuki Smash"