Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Diagram Sistem Pengapian Motor Supra, Supra X, Supra fit dan Sejenisnya

Halo sobat mazyanto, kembali lagi dengan pembahasan seputar dunia otomotif, dan masih seputar pengapian pada kendaraan. Pengapian pada motor merupakan jantung yang memiliki peran sangat penting, sehingga proses kerja motor dapat bekerja dengan sempurna dan dapat menghasilkan proses  percikan pengapian yang baik.

Dan pada kesempatan ini akan dibahas tantang jalur rangkaian sistem pengapian motor honda supra atau sejenisnya, karena jenis pengapian ini memiliki banyak kesamaan pada jenis kendaraan lain.

Nah teruntuk para teman teman ada yang pernah mengalami masalah pada pengapian motor ini kah? Hehe, kalau saya sendiri sih sering ya.  Kira kira sering rusak apanya punya teman teman sekalian? Kalau saya sih, busi nya boros banget karena ring oli sudah bocor hehe, mau ganti belum ada dana

Oke lanjut pada topik pembahasan ya....

siste pengapian suprafit


Gambar Diatas merupakan skema dari sistem pengapian motor supra dan sejenisnya ya, nah sebenarnya dari gambar diatas sudah bisa dilihat dan urutkan jalur dan warna kabel nya ya teman teman, tapi untuk lebih jelasnya lagi akan saya tulis dibawah ini agar lebih jelas dan detail lagi.

Jalur dan warna kabel sistem pengapian motor suprafit dan sejeninsya:

1. Kabel berwarna Putih keluaran dari spul menuju ke kiprok yang memiliki fungsi sebagai pengisian 

2. Kabel berwarna kuning keluaran dari spul menuju ke kiprok ini juga merupakan kabel yang berfungsi sebagai penerangan.

3. Kabel berwarna hitam merah merupakan kabel keluaran dari spul menuju ke CDI sebagai Sumber/jalur Pengapian.

4. Kabel berwarna kuning biru ini merupakan kabel keluaran dari pulser menuju CDI yang fungsinya sebagai pemberi sinyal waktu pengapian.

5. Kabel berwarna kuning hitam keluaran dari CDI menuju ke koil adalah Output dari CDI sehingga  Koil dapat mengeluarkan pengapian.

6. Warna kabel hijau keluaran CDI adalah sebagai Massa untk semua arus.

7. Kabel berwarna hitam putih merupakan kabel keluaran dari CDI menuju ke kontak,

8. Dan yang terahir adalah kabel merah merupakan kabel jalur arus aki 12 volt.


Nah diatas merupakan penjelasan lengkap mengenai sistem pengpian dari motor supra jika masing menggunakan batrai lengkap, namun untuk kendaraan yang tergolong sudah lanjut usia ini sepertinya sudah banyak yang tidak lagi menggunakan batrai melainkan langsung tanpa batrai dan bahkan kunci kontak oun sudah tidak ada. 

sistem pengapian motor supra x


Untuk itu berikut ini penjelasan jika rangkaian tanpa menggunakan batrai.

Nah untuk memakai sistem pengapian tanpa batarai sangat mudah teman teman, karena pengapian dari motor jenis ini langsung ngambil dari spul menuju ke CDI, cara nya kita tinggal putus kabel warna dari kiprok ke aki kemudian tutup keluaran kabel merah dari kiprok ini agar tidak terjadi konslet.

Kemudian jika tidak menggunakan kunci kontak lagi adalah dengan memutus kabel hitam putih keluaran dari CDI menuju kontak, dan jangan lupa untuk menutup kabel ini karena jika tersenggol dengan massa bodi maka motor akan mati.

Nah baiklah teman teman itu saja sedikit penjelasan mengenai sistem pengapian pada motor supra dan sejenisnya, semoga informasi ini bermanfaat. terimakasih


Posting Komentar untuk "Diagram Sistem Pengapian Motor Supra, Supra X, Supra fit dan Sejenisnya"