Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Inilah Sistem Rangkaian Klakson Motor Yamaha dan Honda Beserta Cara Kerjanya

 Halo sobat mazyanto, kali ini masih dalam pembahasan seputar otomotif yaitu tentang rangkaian klakson motor yamaha maupun honda, sebenernya kedua jenis motor ini sama hanya saja penempatan komponen nya saja yang sedikit berbeda.

Klakson merupakan komponen penting yang tepasang pada kendaraan, pasalnya komponen ini akan membantu para pengendara untuk memberikan aba aba, atau memberi tahu kepada pengandara lain, pentingnya klakson seperti saat kita berkendara di depan keramaian, pada saat akan mendahului kendaraan, tikungan tajam dan bahkan tak sedikit orang untuk menyapa.

Untuk itu klakson memang sangat membantu kegiatan sehari hari terkusus ketika berkendara,  karena penting tersebut maka coba kita lihat bagaiamana sih rangkaian klakson itu sendiri, karena biar bagaimanapun ketika kita sudah tau maka saat terjadi kendala setidak nya tahu bagaimana langkah perbaikanya.

Apa itu Klakson?

Klakson adalah sebuah komponen yang dapat menimbulkan suara ketika ada pemicu dari energi listrik, klakson dapat bekerja dengan baik jika komponen komponen pendukung nya bekerja dengan normal tanpa ada nya gangguan.

Ada berapa jenis klakson?

Kemudian klakson sendiri memiliki 2 jenis diantaranya:

1. Jenis electric Horn, klakson jenis ini merupakan klakson yang bekerja atau mengeluarkan suara ketika dialiri listrik. Sedangkan untuk sistem kerjanya sendiri spiral baja yang digerakan  oleh gaya elektromagnet dan saat baja spiral melaju ketitik maksimal maka arus akan hilang dan kemudian spiral baja akan kembali pada posisi semula selanjutnya akan bergerak ketika arus dihubungkan. Dan dari pergerakan inilah suara klakson akan berbunyi.

2. Jenis Air horn, atau yang disebut klakson angin, karena  jenis klakson ini akan bekerja jika mendapatkan energi berupa tekanan dari angin tersebut.  Kemudian untuk contoh cara kerjanya sendiri seperti kita sedang meniup terompet, ketika kia tiup dengan tekanan yang tinggi makan akan semakin bunyi sura yang dihasilkan. Jenis klakson ini memiliki kelebihan yaitu bunyi suara yang dihasilkan dapat kita atur dengan seberapa kita mau dengan mengatur panjang selumbung terompet.


Sekilas komponen klakson secara umum

Pada dasarnya semua komponen klakson sama saja, hanya saja letak dan posisi komponen tersebut saja yang berbeda, seperti klakson mobil mungkin lebih besar dan yang lainya. Untuk itu berikut komponen klakson secara umum.

1. Batrai

2. Kabel

3. Skring (fuse)

4. Saklar klakson

5. Relay

6. Klakson itu sendiri


Penjelasan diatas merupakan sekilas mengenai apa itu klakson dan komponen komponen nya, sekarang bagaimana cara kerja nya.

Gambar rangkaian klakson motor yamaha

Inilah Sistem Rangkaian Klakson Motor Yamaha dan Honda Beserta Cara Kerjanya


Dari gambar diatas dapat dijabarkan seperti:

1. Kabel berwarna merah keluaran 12 volt menuju ke skring kemudian ke kabel kontak

2. Kabel berwarna coklat ialah output kontak menuju ke sistem beban dan salah satunya juga menuju ke klakson

3. Kabel berwarna merah muda/pink adalah kabel massa dari klakson menuju ke saklar

4. Sedangkan kebel berwarna hitam merupakan kabel dari massa body itu sendiri


Rangkaian klakson motor honda

Pada umumnya semua jenis klakson sama rangkaianya, hanya saja ada yang menggunakan relay dan ada yang tidak, untuk jenis motor honda rangkaian nya sama dengan motor yamaha, hanya saja ada perbedaan warna kebel di setiap jenis motor tersebut.

Rangkaian klakson dengan menggunakan Relay

rangkaian klakson mobil


Dari gambar diatas sudah bisa kita lihat sekilas bagaimana cara kerjanya.

 

Pertama

Ketika saklar posisi off

Bisa kita lihat pada gambar listrik dari batrai mengalir menuju ke fuse relay kemudian terminal 30 relay

Kedua

Ketika Tombol klakson ditekan

Listrik mengalir dari batrai menuju ke skring tanpa kunci kontak kemudian ke terminal relay 85 selanjutnya terminal 86 relay kemudian saklar lalu ke massa. Dan dari proses ini saklar 30 dan 87 akan terhubung karena adanya kemagnetan pada lampu kota.

Ketiga

Aliran arus kerja klakson

Untuk proses ini sendiri arus listrik yang mengalir dari batrai menuju ke fuse relay kemudian terminal relay 30 lalu terminal relay 87 lalu klakson dan massa. Dan dari proses ini lah klakson akan mengeluarkan suara dan suara akan berhenti atau hilang ketika saklar dilepas sehingga kemagnetan pada relay akan hilang dan aliran listrik menuju klakson terputus.

Dari penjelasan diatas sudah bisa kita pahami bagaimana cara kerja klakson ketika menggunakan relay maupun tanpa menggunakan relay. 

Dan itulah sedikit penjelasan semoga informasi ini bermanfaat sekian terimakasih.


Posting Komentar untuk "Inilah Sistem Rangkaian Klakson Motor Yamaha dan Honda Beserta Cara Kerjanya"