Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Metode Penggerak katup, Mekanisme Katup

Halo sobat mazyanto, metode penggerak katup, pada alurnya camshaft digerakan oleh crankshaft  dengan beberapa metode.

Pada proses kerjanya camshaft bekerja karena mendapat putaran dari poros engkol atau crankshaft sehingga katup dapat digerakan membuka dan menutup dengan timing yang pas.

Dan untuk mendapatkan timing yang pas maka perlu metode metode dalam menggerakan katup, nah dibawah ini akan saja jelaskan beberapa metode metode dalam menggerakan katup

Jadi untuk menggerakan katup ternyata ada 3 metode yang bisa kita jumpai pada mesin kendaraan seperti pada mesin mobil inova bensin ada yang menggunakan timing belt dan ada juga yang menggunakan timing chain.

Dari ketiga metode tersebut sebenernya bagus namun ada juga kelemahan nya,  karena memiliki keuntungan dan kerugian setiap  masing masing jenis penggerak. Untuk itu simak penjelasan dibawah ini:

Metode atau mekanisme dalam menggerakan katup

1. Timing gear

Untuk metode ini digunakan pada mekanisme katup jenis OHV atau Over head Valve.  Dengan menggunakan timing gear ini memiliki keuntungan dan kerugian.

Keuntungan nya adalah lebih kuat dan tahan dalam jangka waktu yang lama sedangkan,

Kerugianya adalah menimbulkan bunyi yang besar.


2. Timing Chain

Metode Penggerak katup, Mekanisme Katup


Sedangkan untuk metode ini digunakan pada mekanisme katup jenis OHV (over head valve dan OHC over head camshaft. Dengan menggunakan metode timing chain ini maka keuntungannya adalah bunyi yang ditimbulkan lebih kecil dibanding dengan timing gear, sedangkan untuk kerugianya adalah umur atau usia pakainya lebih pendek dari pada timing gear. Namun untuk jenis ini sangat banyak dipakai pada kendaraan mobil dan motor karena suara nya yang tidak berisik.


3. Timing Belt

Metode Penggerak katup, Mekanisme Katup


Sedangkan untuk metode ini digunakan pada mekanisme katup jenis OHC (over head camshaft) dan DOHC (double over head camshaft).  Untuk timing belt ini sendiri terbuat dari fiberglass yang diperkuat dengan serat sehingga memiliki daya regang yang sangat baik dan ketika panas penguluranya pun hanya sedikit.

Dan untuk metode ini memiliki keuntungan tidak menimbulkan bunyi dan tidak memerlukan pelumasan. Namun kerugianya adalah umurnya lebih pendek dibanding dengan timing chain, jadi kira kira setiap tahun harus diganti atau ketika sampai di km beberapa ribu.

Kesimpulan

Dari penjelasan diatas dapat dimpulkan bahwa ketiga metode tersebut yang paling ramah dan efisien adal metode timing belt, karena harga murah dan tidak menimbulkan bunyi suara.


Demikianlah penjelasanya mengenai metode penggerak katup, semoga informasi ini bermanfaat, sampai jumpa diartikel selanjutnya.


Posting Komentar untuk "Metode Penggerak katup, Mekanisme Katup"