Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

3 Macam Jenis Mekanisme Katup Pada Sistem Motor Bakar 4 Tak

Halo Sobat mazyanto, mekanisme katup pada sistem motor bakar 4 tak merupakan sebuah komponen penting yang akan memasukan campuran bahan bakar dan udara sehingga terjadi nya pembakaran diruang bakar dan kemudian akan dibuang gas sisa pembakaran tersebut melalui mekanisme katup buang.

Jadi katup masuk memiliki tugas mengatur banyak atau sedikitnya bahan bakar yang masuk kamudian  untuk katup buang sendiri memiliki tugas untuk mengatur gas sisa pembakaran yang akan dibuang melalui jalur kenalpot.

Untuk mekanisme katup sendiri ternyata memiliki 3 jenis mekanisme katup, diantaranya adalah tipe OHV, tope SOHC, dan Tipe DOHC, dari ketiga jenis mekanisme katup tersebut ternyata masing masing jenis mekanisme katup memiliki keuntungan dan kerugian masing masing, untuk mengetahui apa saja keuntungan den kerugian katup tipe OHV, SOHC dan DOHC simaka penjelasanya Disini.

Diatas sudah disebutkan bahwa ada tiga mekanisme jenis katup pada sistem motor bakar 4 tak, yang inti dari fungsinya sama yaitu untuk memasaukan campuran bahan bakar dan udara serta membuang gas sisa dari hasil pembakaran didlam ruang silinder tersebut. Untuk itu simak penjelasan jenis mekanis katup dibawah ini:

Jenis jenis Mekanisme katup

1. Tipe Over Head Valve (OHV)

3 Macam Jenis Mekanisme Katup Pada Sistem Motor Bakar 4 Tak


Untuk mekanisme katup tipe ini sendiri sangat sederhana dan dapat diandalkan, karena pada blok silinder penempatan camshaftnya dbantu oleh:

- Valve filter

- Push rod

- Rocker arm

Sehingga untuk mekanisme jenis katup OHV ini sangat lah awet dan jarang mengalami kerusakan untuk jangka waktu yang lama.


2. Tipe Over Head Camshaft (OHC)

3 Macam Jenis Mekanisme Katup Pada Sistem Motor Bakar 4 Tak


Sedangkan untuk mekanisme katup jenis tipe ini posisi camshaft ditepatkan di bagian kepala silinder  kemudian camshaft lah yang menggerakan rocker arm tanpa melalui pusrod dan lifter. Mangkanya untuk tipe ini pada saat kecepatan tinggi katupnya lebih stabil untuk membuka dan menutup namun sangan disayangkan karena tipe ini lebih rumit.


3. Tipe Double Over Head Camshaft (DOHC)

3 Macam Jenis Mekanisme Katup Pada Sistem Motor Bakar 4 Tak


Sedangkan untuk mekanisme jenis katup tipe DOHC ini adalah jenis katup yang pada bagian kepala silindernya memiliki 2 poros camshaft. Pada sisi satu poros camshaft nya berfungsi untuk menggerkan katup masuk dan pada camshaft kedua berfungsi untuk menggerakan katup buang.  Dan untuk  membuka dan menutup katup secara langsung sudah tidak memerlukan rocker arm langsung melalui camshaft itu sendiri.

Jadi untuk sistem konstruksinya terbilang sangat rumit namun untuk efisiensinya lebih tinggi serta beban katup lebih kecil dan ruang buka lebih besar.


Untuk tipe dohc ini sendiri lebih banyak digunakan pada mesin kendaraan tahun terbaru ini, karena memang sangat efisien.


Demikianlah penjelasan mengenai 3 jenis mekanisme katup pasa sistem motor bakar 4 tak, semoga sedikit informasi ini bermanfaat, sampai jumpa pada artikel selanjutnya.


Posting Komentar untuk "3 Macam Jenis Mekanisme Katup Pada Sistem Motor Bakar 4 Tak"