Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Inilah Jenis Rotor Induksi Motor Listrik

Halo sobat mazyanto, kali kita akan bahas mengenai jenis jenis rotor pada motor listrik. Motor listrik merupakan sebuah alat untuk mengubah energi listrik menjadi energi mekanik, nah sedangkan pada motor listrik memiliki sebuah komponen penting yang bernama stator dan rotor. Rotor pada motor listrik adalah sebuah komponen penting  yang memiliki fungsi sebagai penciptanya kemagnetan, sehingga timbul kutup magnet.

Inilah Jenis Rotor  Motor Listrik


Saat ini motor listrik memang menjadi kendaraan yang paling dinanti nantikan oleh para masyarakat luas, karena memang sangat efisien dan ramah lingkungan. 

Bayangkan saja dengan konsisi saat ini yang menggunakan mesin berbahan bakar, dengan mahalnya harga bbm tentu motor listrik sangat menjadi transportasi terobosan masa kini yang bisa mengatasi mahalnya bbm.

Adanya motor listrik tentu akan memperingan beban biaya operasional karena tidak menggunakan bahan bakar bensi atau pun solar.

Sehingga untuk mengisi daya motor listrik kita hanya cukup mengecas batrai  motor listrik tersebut dirumah atau pun dimanapun yang penting ada listrik.

Sedangkan rotor  pada motor listrik memiliki dua jenis rotor, apa sajakah itu, simak penjelasa diawah ini:

Pada umumnya rotor dibagi menjadi beberapa jenis yaitu:

1. Squirrel cage (rotor sangkar motor induksi)

Rotor sangkar merupakan motor induksi yang memiliki rotor dengan jumlah kumparan yang terdiri dari beberapa batang konduktor yang disusun rapi sehingga menyerupai sangkar tupai. Jadi rotor ini adalah sebuah kontruksi sederhana tidak seperti kontruksi motor listrik lainya.

2. Wound Rotor (rotor gulung)

Disebut rotor gulung karena karena motor induksi yang memiliki  rotor berupa lilitan kumparan yang lilitan statornya. Kedua jenis rotor ini memiliki jumlah kumparan yang sama.

Jadi rotor memiliki dua jenis seperti yang sudah disebutkan diatas. Dan biasanya motor listrik yang digunakan di dunia industri adalah  motor listrik asinkron. Dengan standar global yang dimiliki antara lain IEC dan NEMA. Untuk mesin IEC berbasis metrik sedangkan motor listrik  NEMA berbasis Imperal atau Inch.

Sedangkan motor listrik dalam standar IEC dibagi menjadi kedalam beberapa sesuai dengan efisiensi yang dimilikinya, namun untuk standar yang dugunakan adalah kelas EFF1 karena motor listrik ini paling effisien dan paling sedikit memboroskan tenaga.

Demikian lah penjelasan mengenai jenis jenis rotor, semoga sedikit iformasi ini bermanfaat, terimakasih.


Posting Komentar untuk "Inilah Jenis Rotor Induksi Motor Listrik"