Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Inilah 3 Hal Penting Yang Harus Diperhatikan Saat Menggunakan Alat Ukur

Halo sobat mazyanto, ketemu lagi dengan pembahasan seputar alat ukur, sebelumnya sudah kita bahas tentang faktor faktor yang mempengaruhi hasil pengukuran dan pada artikel ini pun sudah dibahas secara detail apa saja faktor faktor nya, namun pada pembahasan kali juga tidak jauh dari seputar pengukuran.

Inilah 3 Hal Penting Yang Harus Diperhatikan Saat Menggunakan Alat Ukur


Ya, pada pembahasan kali ini adalah tentang hal hal apa saja yang harus diperhatikan saat menggunakan alat ukur, karena mengukur bukan merupakan suatu hal yang sekedar mengukur saja, namun harus bisa medapatkan perhitungan yang akurat dan pasti, untuk itu harus diketahui apa saja hal yang harus diperhatikan.

Kenapa saya menulis artikel tentang hal yang harus diperhatikan saat mengukur atau menggunakan alat ukur, yah karena saya mendapat tugas dari sekolah untuk membuat dan menjelaskan apa saja hal hal tersebut.

Namun sebelum membahas apa saja hal yang harus diperhatikan, perlu diketahui terlebih dahulu tentang kesalahan dalam pengukuran, apa saja kah kesalahan dalam pengukuran tersebut, simak penjelasan dibawah ini:

a. Kesalahan Sistematis

Ialah sebuah kesalahan yang berhubungan dengan alat ukur, seperti contoh kesalahan kalibrasi alat itu sendiri, kemudian kondisi dari alat tersebut dan bahkan juga bisa karena lingkungan disekitar tersebut.

b. Kesalahan acak, kesalahan ini biasanya terjadi seperti nilai yang berubah ubah atau tidak pasti, semisal nilai lebih besar atau bahkan lebih kecil dari nilai yang aslinya.  Hal ini bisa dilihat dan dibandingkan dengan menggunakan alat yang lainya.

c. Skala terkecil sebuat alat ukur itu sendiri

d. Kurangnya pengamatan


Nah dari penjelasan diatas sudah dapat dlihat apa saja kesalahan dalam pengukuran, dan sekarang kita harus tau hal  hal apa yang harus diperhatikan saat akan melakukan pengukuran agar tidak terjadi kesalahan saat proses pengukuran.

Inilah 3 hal penting yang harus diperhatikan saat melakukan pengukuran

Ternyata saat pengukuran itu tidak asal ukur saja, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan diantaranya :

1. Pertama, Akurasi

Akurasi artinya sebuah ketepatan saat pengukuran yang mengarah pada seberapa nilai yang disetujui atau nilai yang hampir memiliki kesamaan saat dilakukan secara berulang ulang. Dan hal ini juga dapat dihitung selisih antara nilai pengukuran tertinggi dan nilai pengukuran terendah guna untuk mengetahui ketelitian hasil pengukuran tersebut.  Sebagai contoh saat kita melakukan penelitian skripsi, 

2. Kedua, Presisi

Presisi artinya seberapa dekat nilai dari hasil pengukuran terhadap nilai yang sebenarnya, dan jika nilai tersebut jauh melebihi dari nilai yang sebenarnya, artinya pengukuran tidak presisi.  Sebagai contoh saya telah menguji alat yang saya gunakan untuk skripsi, dalam setiap kali pengujian saya melakukan nya sebanyak 3 kali, pengujian pertaman mendapat nilai 0,8 l/jam, kedua mendapatkan nilai 0,7 l/jam, dan yang ketiga mendapat nilai 0,9 l/jam. Dari hasil pengukuran tersebut artinya nilainya yang diperoleh tidak selisih jauh dan terbilang masih teliti.

3. Ketiga, Sensitivitas atau kepekaan

Kepekaan artinya sebuah kemampuan yang dimiliki alat ukur tersebut untuk memberikan tanggapan terhadap perubahan nilai pengukuran yang terjadi, tentu nya untuk mendapatkan sensitivitas yang baik harus menggunakan sesuai dengan batas ukur  masksimum kemudian pembacaan skalanya pun harus benar. Selain itu juga penting perawatan juga mempengaruhi sensitivitas.

Kesimpulan

Dari pejelasan tentang apa saja hal yang harus diperhatikan saat menggunakan alat ukur adalah sebagai berikut:

1. Akurasi

2. Presisi

3. Sensitivitas


Semoga penjelasan diatas dapat membantu tugas dari teman teman, terimakasih telah berkunjung


Posting Komentar untuk "Inilah 3 Hal Penting Yang Harus Diperhatikan Saat Menggunakan Alat Ukur"