Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

3 Faktor Utama Yang Mempengaruhi Hasil Pengukuran

Halo sobat mazyanto, selamat datang di kembali  dengan pembahasan artikel tentang faktor apa saja yang mempengaruhi hasil pengukuran. Pelajaran tentang pengukuran merupakan pelajaran dasar kelas 10 SMK, dan bahkan sampai perguruan tinggipun masih tetap dipelajari. Karena memang pengukuran sangat pengting baik dalam dunia kerja maupun dunia pendidikan.

Pentingnya pengukuran dalam dunia kerja akan mempengaruhi  hasil dan kualitas dari kerjaan tersebut, itulah dalam dunia kerja pengukuran  sangat dianjurkan untuk benar benar dilakukan oleh orang yang memiliki skil dibidang nya. Salah satunya memiliki ketelitian saat pengukuran.

Dalam pengukuran tentu ada faktor faktor yang mempengaruhi hasil dari pengukuran tersebut, karena tidak semua hasil pengukuran selalu benar dan presisi dan itu memang merupakan hal yang harus diketahui oleh seorang pengukur.

Nah dalam hal ini saya mendapat tugas dari sekolah untuk mencari apa saja hal yang mempengaruhi hasil pengukuran, jadi baik dan tidaknya hasil pengukuran itu dari mana, apakah karena kurangnya kalibrasi? Ternyata setalah saya cari dibuku tidak. Jadi ada hal lain yang mempengaruhi baik buruknya hasil pengkuran tersebut.

Untuk itu akan saya share hasil pencarian tugas  sesuai dengan buku tentang pengukuran yang saya baca dan ketahui.

3 Faktor Utama Yang Mempengaruhi Hasil Pengukuran


Inilah fator-faktor yang mempengaruhi hasil pengukuran

1. Pertama, Ketelitian Alat Ukur

2. Kedua, Keterampilan Mengukur

3. Ketiga, Faktor Tak terduga / Faktor Luar 


Ketika saat melakukan pengukuran tentu tak lepas dari gangguan  gangguan yang akan mempengaruhi hasil pengukuran sehingga akan menyebabkan perhitungan atau nilai tidak pasti. Untuk itu kenapa disimbolkan dengan simbol ±.

1. Ketelitian Alat ukur

Ketelitian dalam proses pengukuran akan mempengaruhi hasil daripada pengukuran tersebut, untuk itu ketika tingkat ketelitian lebih tinggi maka angka ketidakpastian akan semakin kecil. Sehingga hasil dari pada pengukuran tersebut akan lebih akurat.

2. Keterampilan Mengukur

Tidak semua orang memiliki keterampilan dalam mengukur, artinya hal ini dapat dilakukan oleh orang orang tertentu saja, keterampilan menguku ini sendiri terbagi menjadi dua:

a. Keterampilan ketika menggunakan alat ukur, artinya seorang pengukur harus tau titik acuan awal ialah tepat diangka nol dan alat ukur tidak miring.

b. Keterampilan ketika membaca hasil pengukuran, artinya seorang pembaca, tolak ukur untuk menentukan hasil pengukuran adalah dimana mata pembaca harus tepat tegak dan lurus pada titik nol dan hasil serta teliti terhadap skala perhitungan.

3. Faktor Luar / faktor tak terduga

Sedangkan untuk faktor tak terduga atau faktor luar ini banyak dipengaruhi oleh beberapa kemungkinan, sebagai contoh berikut ini:

a. Dipengaruhi oleh suhu ditempat itu, artinya ada kenaikan ataupun penurunan suhu yang signifikan sehingga menyebabkan hasil pengukuran menjadi tidak akurat.

b. Getaran, hal ini tentu sangat mempengaruhi hasil pengukuran karena dapat menyebabkan perhitungan menjadi meleset. Seperti mungkin tangan buyutan, grogi sehingga tangan bergetar, tak sengaja disenggol teman atau pun pada saat pengukuran terjadi tsunami, hehe tapi semoga saja tidak ya.

c. Tegangan listrik tidak stabil /flugtuasi tegangan listrik

Tegangan listrik yang tidak stabil juga dapat mempengaruhi hasil pengukuran.


Kesimpulan

Dari penjelasan tentang faktor yang mempengaruhi hasil pengukuran dapat disimpulkan sebagai berikut:

a. Ketelitian

b. Keterampilan

c. Gangguan tak terduga seperti, suhu berubah ubah, getaran dan arus listrik yang tidak stabil.


Itulah sedikit penjelasan tentang faktor yang mempengaruhi hasil pengukuran, semoga bermanfaat buat teman teman yang sedang mencari, jangan lupa minta doa dan dukungan semoga rezeki kita semua dipermudah amin.


Posting Komentar untuk "3 Faktor Utama Yang Mempengaruhi Hasil Pengukuran"