Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Donasi

Jalur Sistem Rangkaian Pengapian Motor Honda Grand atau Supra lama

Halo sobat mazyanto, balik lagi dengan pembahasan tentang jalur pengapian pada kendaraan motor honda grand atau honda supra ya, motor ini tergolong motor tua namun eksistensinya sampai saat ini masih sangat tinggi peminatnya, motor kelahiran 2000 an ini sangat cocok dipakai untuk motor kebun.

Banyak keunggulan yang dimiliki oleh motor ini sehingga banyak para penggunanya, salah satunya adalah bahan bakar yang tergolong irit, perawatan dan perbaikan yang mudah, harga peralatan komponen nya pun juga mudah murah dan mudah dicari dan yang tak kalah penting adalah bertenaga juga.

Honda grand merupakan jenis kendaraan yang pengapian nya berjenis AC sehingga tanpa batrai pun motor tetap bisa dipakai, jadi tidak ribet ribet lagi seperti motor motor keluaran erbaru saat ini yah hehe.

Nah dalam pembahasan kali ini akan saya coba jelasakan mengenai sistem dan rangkain pengapian motor honda grand.

Komponen pengapian pada Motor Honda Grand 

1. Spull

2. Fulser

3. CDI

4. Koil

5. Busi

Jalur Sistem Rangkaian Pengapian Motor Honda Grand atau Supra lama


Nah diatas merupakan komponen pengapian yang bekerja pada kendaraan honda grand, dan sekarang bagaimana cara kerja dan alurnya, simak penjelasan dibawah ini:

- CDI 

Bisa kita lihat pada gambar cdi diatas ada 5 cabang yang terhubung ke beberapa komponen diatas seperti:

- Warna kabel  hitam kuning dari cdi menuju ke koil,  berfungsi untuk menerus pengapian menuju ke busi, dan koil sendiri menaikan tegangan menjadi lebih besar  sehingga busi dapat memercikan bunga api dengan sempurna. 

- Warna kabel merah /hitam ini merupakan kabel keluaran dari spul menuju ke CDI, kabel ini berfungsi untuk meneruskan pengapian dari spul untuk diteruskan ke CDI yang kemudian akan di teruskan lagi menuju ke koil, artinya spul ini merupakan sumber dari pengapian. 

- Warna kabel biru kuning, ini merupakan kabel keluaran dari pulser menuu ke CDI.  Kabel ini berfungsi untuk meneruskan sinyal pengapian dari pulser untuk memberi tahu CDIkapan waktu nya untuk memercikan arus pengapian. Jadi pulser adalah sumber sinyal.

- Warna kabel hitam putih adalah kabel keluaran dar CDI menuju ke kunci kontak, jalur ini memiliki fungsi sebagai saklar on/off atau untuk mematikan pengapian sehingga mesin mati.

- Warna kabel hijau merupakan masa dari CDI itu sendiri.

Nah penjelasan diatas merupakan urutan rangkaian pengapian mulai dari busi, koil, CDI, Pulser dan Spull kemudian kunci kontak sebagai saklar pemutus dan penyambung arus pengapian.

Samapai disini dulu penjelasan mengenai rangkaian pengapian honda grand, semoga informasi ini bermanfaat dan sampai jumpa diartikel selanjutnya.


Posting Komentar untuk "Jalur Sistem Rangkaian Pengapian Motor Honda Grand atau Supra lama"