Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Donasi

7 Tanda Gejala Kerusakan CVT Motor Matic

Halo sobat mazyanto.com, kali ini kita akan bahas mengenai gejala tanda tanda kerusakan pada CVT motor metik. Nah jadi teruntuk kalian para pemilik motor metik wajib nih mengetahui masalah ini.

Saat ini kendaraan metik memang sangat menjadi primadona banyak orang, hampir semua orang memiliki motor metik, jadi tak heran jika kita semua wajib mengetahui masalah masalah pada cvt metik itu sendiri.

Transmisi metik memang sangat memberikan kemudan setiap penggunanya, pasalnya para pengguna tidak perlu susah payah lagi memasukan / mengoper gigi untuk mengurangi atau pun menambah kecepatan kemudi, sehingga kita tinggal tambah kecepatan dan mengurangi kecepatan saja.

Motor metik memang sudah dirancang sedemikian rupa, seperti pada komponen yang satu ini fungsinya sangat penting. Karena proses jalannya kendaraan berada pada komponen tersebut.

Ya ini dia CVT motor metik, komponen ini memang sangat penting karena didalamnya ada banyak komponen komponen utama yang menunjang proses kerja motor tersebut. 

Cvt merupakan komponen yang bisa kita ibaratkan sebagai Gardan, jika pada motor bebek garden dan transmisi terpisah namun tidak untuk motor metik ini. Untuk metik senidiri gardan dan transmisi berada dalam satu tempat yaitu CVT.

Mengenal CVT dan gejala kerusakan nya

CVT merupakan kepanjangan dari continuous variable transmission, dan motor dengan tipe ini sudah banyak sekali di Indonesia. Namun masih banyak diantara pengguna yang masih awam belum mengerti  tentang CVT, Gejala Kerusakan dan bagaimana perawatanya.

Tanda Gejala Kerusakan CVT Motor Matic


Gejala kerusakan yang tibul biasanya terjadi kurangnya perawatan pada motor dan usia pakai yang sudah terlalu lama ditambah lagi sipemakai terlalu ugal ugalan.

Untuk itu berukut gejala gejala kerusakan pada CVT motor metik yang perlu dipahami

1. Timbul Suara Berisik  Pada Bagian Dalam CVT

Salah satu tanda ini sering muncul, pasti banyak diantara kalian  yang sudah tidak heran lagi, ini merupakan salah satu tanda tanda mulainya ada kerusakan pada komponen CVT. Untuk menganalisanya lebih jauh cukup mendengarkan dari mana suara tersebut, kemudian buka bagian cvt dan periksa bagian yang mengeluarkan sumber suara tersebut.

2. Terjadi Getaran yang kuat saat di Gas (Bagian CVT)

Salah satu tanda lainya adalah adanya getaran yang muncul ketika pertama digas atau ketika saat aselerasi. Hal ini biasanya terjadi karena ada komponen didalam cvt yang sudah mulai rusak atau keausan seperti pada bagian roller cvt. Akibat masa pakai yang sudah terlalu lama dan tidak pernah dilakukan perawatan maka bisa saja hal ini terjadi sewaktu waktu. Untuk itu  lakukan perawatan secara berkala.

3. Tenaga Menjadi Lemah (Akselerasi Berkurang)

Salah satu yang menjadi genjala lainya adalah ketika tenaga / akselerasi motor semakin melemah.  Biasanya hal ini terasa jika motor saat digas, ada akselerasi yang sharusnya digas spontan akan melesat kuat tenaganya maka ini hanya dengung dan melemah.

Artinya salah satu komponen pada cvt ada yang sudah lemah atau bahkan rusak, biasanya hal ini terjadi pada komponen kampas sentrifugal.

Karena kita ketahui bahwa kampas sentrifugal ini memiliki fungsi menekan dan menahan mangkok kopling sehingga proses transfer tenaga bisa sampai ke roda.

Tanda Gejala Kerusakan CVT Motor Matic


Jika kampas mengalami keausan atau bahkan kerusakan maka secara otomatis tenaga akan melemah dan tidak maksimal lagi.

Itulah mengapa tenaga menjadi melemah /  berkurang, jika sudah seperti itu maka sebaiknya segera lakukan perbaikan agar tidak merembet ke komponen yang lainya.

Karena jika tidak diganti maka secara terus menerus besi tumpuan pada kampas akan beradu langusng dengan besi mangkok koping dan akan lebih mahal dan banyak lagi uang yang dikeluarkan.

4. Saat digas Tersendut sendut.

Kondisi ini sering terjadi dan jika kalian yang sudah paham tentu tidak heran dan langsung memperbaikinya.  Kondisi seperti ini terjadi tidak hanya di motor metik tapi hamper juga di motor bebek, hal ini biasanya terjadi karena mangkok kopling sudah mengalami keausan atau dalam bahasa awamnya gentung terlalu dalam.

Jika masalah ini terjadi pada motor kalian maka sebaiknya segera lakukan perbaikan dan jangan melakukan perjalanan terlalu jauh jika belum diperbaiki.

5. Ada suara Dencitan saat digas

Suara dencitan yang timbul dari dalam cvt menandakan bahwa ada komponen yang sedang tidak dalam keadaan baik baik saja, biasanya kasus yang sering terjadi adalah bearing cvt yang sudak oblak, kampas kopling yang sudah aus. 

Jika masalah itu terjadi, maka sebaiknya segera periksa dan lakukan perbaikan untuk menghindari kerusakan yang lebih parah.

6. Terjadi Kebocoran bagian Seal Askruk

Untuk motor yang jarang melakukan perawatan pasti pernah mengalami hal ini, umumnya usia pakai seal ini sekitar 3 tahunan tergantung pemakaian juga. Namun jika hal ini terjadi tentu oli mesin akan berkurang dan kondisi cvt akan mengalami kebasahan akibat oli yang bocor dan tentu akan mempengaruhi ke komponen yang lainya seperti fan belt, kampas kopling , roller dan yang lainya.

7. BBM Menjadi Lebih Boros

Kondisi ini wajar terjadi jika komponen didalam cvt mengalami kerusakan, pasalnya putaran yang dihasilkan dari mesin untuk kemudian diteruskan ke roda menjadi tidak normal.

Penjelasan nya seperti ini, untuk rpm yang seharusnya bisa mendapatkan kecepatan tertentu ini malah harus menggunakan rpm tinggi untuk sampai di kecepatan tertentu.

Sehingga  campuran bahan bakar dan udara yang terbakar menjadi lebih banyak dikeluarkan.

Kesimpulan

Dari penjelasan diatas dapat diambil kesimpulan bahwa pentingnya perawatan pada kenadaraan sangat mempengaruhi usai pakai dan kenyamanan saat berkendara. Sebaiknya lakukan perawatan secara berkala untuk selalu mendapatkan kenyamanan saat berkendara.


Itulah sedikit penjelasan tentang tanda tanda gejala kerusakan pada CVT motor metik, semoga informasi ini bermanfaat, sekian dan terimakasih sampai jumpa di artikel selanjutnya.


Posting Komentar untuk "7 Tanda Gejala Kerusakan CVT Motor Matic"