Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Donasi

Cara Mudah Memperbaiki Katup (Valve) Yang Rusak atau Aus Beserta Penyebabnya

Halo sobat mazyanto.com, semoga kalian semua dalam keadaan sehat dan selalu diberikan kelancaran serta kesehatan dalam segala urusan amin. Jadi kali ini mazyanto akan membahas artikel tentang bagaimana cara memperbaiki katup yang rusak atau katup yang sudah aus.

Kita tahu katup merupakan salah satu komponen penting pada mesin, pasalnya yang mengatur buka tutup aliran fluida yang kemudian akan dietruskan ke ruang bakar.

Jadi jika komponen ini dalam keadaan baik maka tentu proses kerja mesin akan baik juga, akan  tetapi sebaliknya jika komponen ini mengalami masalah maka proses pembakaran juga akan menjadi terganggu dan hasilnya pembakaran menjadi tidak sempurna sehingga performa tenaga mesin melemah.

Untuk itu ketahui lah kenapa klep itu rusak dan bagaimana cara mengatasi atau memperbaiki  jika terjadi kerusakan tersebut, mari simak penjelasan dibawah ini:

Katup (valve)

Cara Mudah Memperbaiki Katup (Valve) Yang Rusak, Aus Beserta Penyebabnya


Secara umum ukuran klep hisap dan klep buang memiliki perbedaan, hal ini dilakukan untuk pengisian gas yang baru agar lebih optimal,  umumnya klep hisap sendiri terbuat dari bahan campuran baja dan silicon, kemudian pada bagian dudukan dan ujung batang dibuat lebih keras bertujuan untuk mendapatkan keawetan.

Sedangkan untuk klep buang sendiri bahanya terbuat dari logam baja yang kuat, dan pada bagian paying klep itu sendiri terbuat dari baja tahan panas sehingga mampu menahan panas nya gas buang yang bisa saja mencapai 800 derajat selsius.

Sehingga jika kita dekat kan dengan magnet maka salah satu dari payung klep akan lengket dengan magnet tersebut dan yang satunya tidak begitu lengket.  Itu merupakan salah satu bukti dari bahan klep tersebut.

Cara Mudah Memperbaiki Katup (Valve) Yang Rusak, Aus Beserta Penyebabnya


Gambaran umum kerusakan kerusakan pada katup atau klep

Berikut ini beberapa kerusakan yang sering terjadi pada katup / klep mesin motor selama pemakaian  yakni sebagai berikut:

1. Dudukan daun katup aus / pecah

2. Terjadi keausan pada batang katup / klep

3. Terjadi kebengkokan pada batang katup / klep

Jika kendaraan kalian terjadi masalah seperti diatas maka secara otomatis akan mengakibatkan masalah seperti berikut ini:

1. Kompresi menjadi Bocor

2. Mesin sulit dihidupkan

3. Bahan bakar menjadi lebih boros

4. Permforma mesin tidak stabil

5. Mesin  sulit lansam

Untuk mengatasi hal tersebut, berikut ini cara apa saja yang  harus dilakukan untuk  memperbaikinya.

1. Cara memperbaiki Katup yang sudah aus

Untuk memperbaiki katup yang sudah aus sebenarnya bisa dilakukan pembubutan ulang, namun hal itu tidak mungkin karena ongkos nya lebih mahal dari pada harga baru katup tersebut, jadi solusinya adalah dengan mengganti katup yang baru.

Akibat dari masalah ini adalah motor susah lansam dan susah dihidupkan, kemudian keausan semakin parah. Sebaiknya segera lakukan pergantian dengan komponen yang baru.

2. Cara memperbaiki katup yang bengkok

Hal ini biasanya sering setrjadi karena timing tidak pas, rantai timing putus dan rantai timing loncat. Dan jika masalah itu terjadi maka secara otomatis dengan kecepatan tinggi maka katup akan bertabrakan dengan piston  sehingga menyebabkan kebengkokan.

Untuk cara memperbaikinya adalah dengan melakukan pergantian katup yang baru. Karena klep yang bengkok sulit untuk diluruskan kembali, kalaupun bisa tidak akan center lagi.

3. Dudukan katup yang aus

Untuk mengatasi dudukan katup yang aus tidak lah sulit, karena kita cukup men skir ulang maka masalah sudah selesai, namun jika klep pecah maka harus dilakukan pergantian baru.  Sedangkan akibat dari masalah ini bisa menimbulkan:

a. Klep menjadi longgar

b. Karena longgar maka gerak klep tidak stabil

c. Sudah pasti oli dari silinder head merembes masuk ke ruang bakar

d. Karena merembes sehingga oli cepat hasib

e. Oli yang habis tersebut menimbulkan asam putih atau bahkan asap hitam

f. Ruang bakar kotor dan berkerak

Itulah beberapa  permasalahan dan cara memperbaikinya mengenai katup yang rusak, yang harus kita lakukan adalah dengan melakukan pemeriksaan terlebih dahulu, apa saja kerusakan nya dan apa yang menjadi penyebab nya, kemudian barulah kita lakukan perbaikan jisa sudah mengetahui kerusakanya.

Terimakasih semoga sedikit informasi mengenai cara mudah memperbaiki katup ini dapat membatu.

.


Posting Komentar untuk "Cara Mudah Memperbaiki Katup (Valve) Yang Rusak atau Aus Beserta Penyebabnya"