Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Donasi

Cara Mudah Membuat Kunci Rahasia Motor || Buat Kunci Rahasia Motor Sendiri !!

Halo sobat Mazyanto.com. Kali ini saya akan membahas tentang bagaimana cara membuat atau merangkai kunci rahasia pada kendaraan motor kalian.

Kanapa harus memasang kunci rahasia pada motor kita?  Apa manfaatnya?  Nah jadi begini teman teman pentingnya memiliki kunci tambahan atau kunci rahasia ini, yang pasti keamanan motor menjadi lebih terjamin dibanding masih bawaan ori pabrik ya.

Dengan memasang kunci pengaman tambahan ini tentu motor hanya kita yang bisa mengendlikan nya, artinya tidak ada yang bisa mengoprasikan nya selain kita sendiri yang tahu, kecuali mungkin teman teman kasih tau banyak orang tentang rahasia pengaman motor tersebut.

Karena memang saat ini banyak kasus kasus curanmor yang selalu ada dimana mana, mereka beraksi tanpa melihat siapa dan dimana, tapi ketika ada kesempatan mereka tidak sia siakan. Nah ini merupakan salah satu penting nya memasang kunci rahasia.

Meskipun konsisi kontak motor On tetapi kendaraan tidak dapat di hidupkan apalagi dioperasikan, hal ini tentu akan membuat pencuri berfikir lagi untuk mengambilnya dengan waktu yang begitu cepat.

Nah sebelum masuk ke pembahasanya akan saya jelaskan apa saja keuntungan menggunakan kunci rahasia ini.

Keuntungan Menggunakan Kunci Rahasia

1. Motor dapat kita kendalikan

2. Tidak sembarang orang bisa memakainya

3. Bisa dijadikan alasan ketika ada teman yang akan meminjam

4. Dalam keadaan bahaya motor bisa kita kendalikan dengan cara menghidupkan kunci rahasia yang tanpa disadari oleh orang orang

5. Kemanan ganda

Nah itu merupakan salah satu keuntungan dengan menggunakan pengaman rahasia ya teman teman, lalu bagaimana cara membuat kunci rahasia tersebut, oke simak penjelas dibawah ini ya teman teman.

Cara dan langkah membuat kunci rahasia

Untuk membuat kunci rahasia pada motor kita perlu menyiapkan beberapa komponen atau perlatan pendukung yang bisa kalian beli atau cari di marketplace.  Karena kunci yang akan kita buat ini merupakan sebuah rangkaian saklar yang kita letakan secara tersembunyi agar tidak ada orang yang tau selain kita sendiri.

Langkah Umum Membuat Kunci Rahasia/saklar anti maling  pada Motor

Tujuan dari pada kunci rahasia ini adalah tak lain menghindari dari marak nya kasus curanmor.

1. Pertama kita pahahami terlebih dahulu pada bagian warna kabel CDI motor tersebut, karena setiap motor biasanya warna kabel nya tidak semua sama.

2. Siapkan Saklar anti maling dan kabel

3. Cari kabel masa pada bagian cdi dan putus kabel tersebut, kemudian sambung dan rangkai dengan menggunakan kebel dan saklar tersebut.

4. Jika sudah dirangkai, jangan lupa untuk menyembunyikan ditempat yang jarang diketahui orang.

5. Untuk lebih jelas tentang kabel masa pada setiap cdi motor bisa kalian lihat di youtubr atau pun google sesuai dengan jenis dan merek motor kalian.


Nah itu merupakan gambaran secara umum ketika akan memasang saklar rahasia anti maling, setiap mekanik tentu beda beda cara membuatnya, ada yang mengambil dari kunci kontak da nada yang langsung dari cdi, namun cara itu sama sama untuk melindungi kendaraan dari para curanmor.

Nah untuk itu saya akan sedikit jelaskan ke beberapa kendaraan tentang bagaimana pemasangan nya dan apa saja alat alatnya, simak pejelasan dibawah ini:

Cara Buat dan Pasang Saklar Rahasia Di Motor Honda  Metik

1. Bahan yang digunakan adalah saklar on off, kabel kurang dari 1 meter, untuk saklar sendiri bisa kalian cari dan beli dengan harga 2000 an saja ya.

2. Buka bagian bok depan sehingga bisa melihat kunci kontak

3. Pada bagian kunci kontak terdapat dua kabel, biasanya berwarna hitam dan merah, kabel ini positif semua ya.

Cara Buat dan Pasang Saklar Rahasia Di Motor Honda  Metik


4. Setelah itu putus salah satu kabel tersebut, seperti contoh pada gambar diatas saya putus kabel hitam, kemudian sambung ke kaki saklar 

5. Buatkan dudukan saklar / tempat tersembunyi saklar, usahakan hanya kita sendiri yang tahu.

Catatan: Pemasangan salar ini cukup sederhana, yaitu memutus kabel on kontak dan menyambungkan ke kaki saklar, sehingga ketika kunci kontak on akan berpengaruh pada saklar tersebut.

Cara Membuat dan memasang Kunci rahasia Motor Yamaha Vixion New, Old dan R15

Cara kedua ini bisa di terapkan diseluruh kendaraan yang mekanismenya memiliki engine stop, seperti pada Yamaha vixion terdapat dibagian kemudi bagian kanan bersebelahan dengan Gas.

1. Siapkan saklar engine stop seperti pada gambar yang biasanya harga nya hanya 20. 000

Cara Membuat dan memasang Kunci rahasia Motor Yamaha Vixion New, Old dan R15


2. Siapkan kabel kurang lebih 2 meter

3. Buka pada bagian kepala Yamaha vixion kalian, kemudian cari soket warna hitam yang menuju engine stop, kemudian cari kabel merah strip putih lalu potong kabel tersebut, karena itu adalah kabel arus keluaran kunci kontak 12 volt

4. Fungsinya Dari Saklar engine stop menuju ke pengapian ke koil  kemudian ke EC hingga ketika saklar ini dimatikan secara otomatis pengapian akan hilang. tidak ada arus dari kunci kontak menuju ke koil dan ECU.

5. Potong kebel merah strip putih lalu pasang dengan  saklar tersebut,  kemudian pasang/simpan saklar rahasia yang sudah dirangkai, usahakan tersebunyi jangan sampai ada yang tau.

Catatan: Saklar ini merupakan saklar pengaman kedua engine stop yang cara kerja nya memutus arus pengapian sebelum ke engine stop utama. Jadi dengan memasang 2 engine stop maka keamanan motor akan semakin baik.

Cara membuat dan memasang kunci rahasia motor Scoopy

1. Siapkan Saklar  dan kabel

2. Buka bagian body depan dan kita cari jalur menuju standar, seperti pada gambar dibawah saya akan ambil jalur standar.

Cara membuat dan memasang kunci rahasia motor Scoopy


3. Saya akan putus kabel hijau putih dan menyambungkan ke kaki kaki saklar. Kemudian simpan / pasang saklar sesuai dengan yang kalian ingin tepatkan.

4. Karena cara ini sangat aman tidak mengotak atik pada bagian pengapian.

Cara buat kunci rahasia motor supra x 125

1. Siapkan saklar dan kabel  merah + hitam secukupnya ( panjang kabel menyesuaikan dimana kita akan menepatkan kunci rahasia tersebut)

2. Buka bagian body depan dan cari soket keluaran kunci kontak

3. Pilih salah satu kabel keluaran berwarna merah, kemudian putus dan buat saklar  pada bagian kabel tersebut.

Cara buat kunci rahasia motor supra x 125


4. Jangan lupa untuk menyimpan saklar ditempat tersembunyi sehingga sulit ditemukan orang, dan hanya kita saja yang tahu.

Catatan: cara ini sangat mudah dilakukan  oleh siapapun, bahkan kalian tidak perlu kebengkel untuk membuat kunci rahasian ini, hanya saja kita butuh bahan bahan seperti saklar dan kabel yang sedikit panjang.

Kunci saklar rahasia yang dipasang pada motor merupakan cara ampuh untuk mengatasi curanmor ditempat umum seperti pasar, parkiran dan lainya. Ketika kunci rahasia kita hidupkan meskipun si maling sudah membobol kunci kontak dengan kunci T maka motor tidak akan menyala. Hal ini akan membuat simaling menjadi lebih lama  dan ahirnya tidak jadi diambil.

Kesimpulan

Pentingnya memasang kunci rahasia merupakan cara antisipasi yang baik untuk menjaga motor dari para pencuri.  Pasang saklar rahasia ditempat yang sulit ditemukan, sehingga keamanan kendaraan dapat kita kendalikan karena hanya kita saja yang tahu

Itulah beberapa tips memasang kunci rahasia pada motor sesuai dengan jenis nya. Semoga informasi ini bermanfaat


Posting Komentar untuk "Cara Mudah Membuat Kunci Rahasia Motor || Buat Kunci Rahasia Motor Sendiri !!"