Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Donasi

Inilah Penyebab Air Radiator Penuh Tapi Mesin Panas

Mazyanto.com- Assalamualaikum teman- teman, jadi pada kesempatan kali saya akan membahas artikel yang berjudul tentang “ Inilah penyebab air radiator penuh tapi mesin panas “. 

Radiator adalah salah satu komponen yang sangat berperan penting dalam proses kinerja mesin kendaraan bermobil.  Radiator bertugas sebagai pendingin mesin.

Radiator yang bagus tentu akan memberikan pengaruh besar terhadap kinerja dan suhu mesin, begitupun juga sebaliknya.  Pada saat mesin dalam kondisi hidup temperature suhu akan meningkat, hal ini disebabkan karena akibat dari kinerja dan proses pembalaran yang terjadi di dalam mesin.

Untuk mengatasi panas yang berlebihan maka radiator bekerja memberikan pendinginan terhadap komponen didalam mesin. Dengan adanya radiator ini maka suhu dan temperature mesin akan lebih stabil.

Namun terkadang ada banyak masalah yang terjadi pada mesin, karena mesikupun radiator sudah bekerja dengan baik tapi mesin masih tetap panas melebihi titik normalnya. 

Hal ini bisa saja terjadi pada mesin apa saja, dengan keadaan kondisi radiator masih bekerja dengan baik namun mesin malah panas berlebihan.

Masalah tersebut terjadi karena beberapa penyebab diantara nya seperti :

1. Terjadi Kebocoran pada Radiator

Mengingat fungsi radiator merupakan bagian dari mesin yang berfungsi untuk mendinginkan dari proses kinerja mesin (Mendinginkan Mesin). Jika komponen ini mengalami masalah maka sudah pasti akan berakibat pada temperature suhu yang tidak normal lagi. Seperti masalah kebocoran pada radiator itu sendiri, jika terjadi kebocoran secara langsung pasti air radiator akan semakin berkurang atau bahkan akan mongering, jika hal ini terjadi maka mesin bisa over head. Keboran tersebut dapat disebabkan karena memang usia pakai yang sudah tua / lama, selain itu sering mengganti air radiator dengan air biasa yang keruh /  kotor sehingga lama kelamaan akan membuat radiator menjadi keropos dan mengalami kebocoran.

2. Air Radiator Habis

Masalah yang menjadi penyebab lainya adalah karena radiator mengalami kekeringan. Hal ini bisa saja terjadi karena kurang nya perawatan dan perhatian dari si pemiliknya sehingga ada masalah kebocroan sirkulasi air radiator yang tidak diketahui.  Jika hal ini terjadi maka proses pendinginan gagal dilakukan  sehingga berakibat mesin panas berlebihan.

Untuk itu lakukan perawatan pada mesin terutama radiator sebagai komponen pendingin.

3. Tutup Radiator Bermasalah

Masalah yang menjadi penyebab lainya adalah bermasalahnya tutup radiator, tutp radiator yang berbahan karet memiliki fungsi sebagai penjaga tekanan air panas di dalam system pendingin mobil.  Jika terjadi kerusakan pada karet tersebut maka tutup radiator tidak dapat bekerja dengan baik pada saat suhu panas. Hal ini tentu berakibat pada mesin menjadi cepat panas. Karena setiap mobil memiliki titik tekanan panas yang berbeda beda pada jenis tutup radiator mobil, jika  tidak sesuai maka tidak akan bekerja dengan baik lagi.

4. Kipas Radiator Bermasalah

Penyebab lainya adalah kipas radiator mengalami masalah seperti tidak berputar. Kipas  radiator merupakan salah satu komponen pada radiator yang memiliki fungsi untuk menjaga suhu mesin dengan cara mendinginkan radiator melalui angin yang dibuatnya. Dengan begini kodisi temperature suhu akan stabil. 

Namun jika komponen ini mengalami masalah seperti tidak berputar atau putarannya tidak sesuai maka proses pendinginan tidak akan berjalan dengan baik. Hal ini akan berakibat kenaikan suhu panas mesin tersebut.


Nah itulah beberapa penjelasan tentang masalah penyebab mesin panas dengan kondisi radiator masih bekerja dengan baik.


Kesimpulan

Dari penjelasan diatas dapat disimpulkan bahwa sebab dari panas nya mesin yang berlebihan adalah dari radiator itu sendiri. Sebaiknya lakukan pemeriksaan secara rutin pada saat ingin memakainya dengan tujuan agar kondisi mobil tidak ada masalah krtika sedang dipakai.



Sumber Referensi : auto2000.co.id dan mazyanto.com


Posting Komentar untuk "Inilah Penyebab Air Radiator Penuh Tapi Mesin Panas"