Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Donasi

10 Cara Ampuh Membuka dan Melepas Magnet Motor Yang Macet, lengket dan susah Dicabut

Cara Membuka Dan Melepas Magnet Motor Yang macet dan Susah dicabut.
Kendaraan yang kita pakai sehari hari tentu akan mengalami masa kerusakan, walaupun rutin melakukan perawatan, sebagai contoh komponen yang sering mengalami kerusakan adalah rantai keteng dan piston, komponen ini sering mengalami masalah untuk itu harus dilakukan pembongkaran pada bagian silinder head dan bagian bak magnet. 
cara melepas magnet motor dengan cara dipanasi
Dengan cara Dipanaskan


Namun untuk kendaraan yang jarang ataupun belum pernah dibongkar bagian magnet biasanya untuk proses pelepasan nya lebih susah, seperti kasus yang pernah saya alami sendiri di bengkel. Hingga untuk melepas kan nya pun harus menggunakan berbagai macam cara dan waktu yang cukup lama. Berikut macam macam cara mengatasi megnet yang sudah dilepas atau lengket:

Cara Melepas atau membongkar magnet motor yang macet atau susah dicabut

1. Minyak Kayu Putih
Cara ini biasanya saya lakukan ketika mengalami kesulitan dalam melepas magnet motor, dengan melumasi bagian ujung baut kruk as  kemudian tunggu kurang lebih 15 menit lalu buka kembali dan biasanya langsung berhasil dan jika tidak berhasil maka saya lakukan cara yang selanjutnya.

2. Minyak Cap Kapak
Berdasarkan Pengalaman pernah mengalami Motor Mio M3 3 traker sampai bengkok dan tidak bisa terlepas hingga saya coba ku tetesi minyak cap kapak kemudian di diamkan selama kurang lebih 1 jam, kemudian saya hajar lagi  dan ahirnya lepas juga.

3. Minyak rem
Coba sebelum melakukan pembongkaran lumasi minyak rem terlebih dahulu, karena minyak rem sedikit panas. Tunggu hingga beberapa menit kemudian buka kembali dengan menggunakan traker.

4. Las Assitilin
Panaskan dengan menggunakan las assitilin, setelah benar benar panas congkel sambil digetok dengan palu.

5. Minyak Bensin dan Minyak Rem
Campur kedua fluida ini kemudian rendam magnet selama kurang lebih 1 jam, setelah di rasa lebih dari satu jam buka kembali dengan traker, mudah mudahan terbuka.

6. ES Batu
Kompres dengan es batu sebanyak mungkin hingga kurang lebih 30 menit, lalu coba dibuka kembali dengan menggunakan tracker.

7. Las Karbit
Coba panasi terlebih dahulu menggunakan las karbit, setelah itu buka kembali dengan menggunakan traker, mudah mudahan terbuka jika tidak terlalu lengket.

8. Semprot WD 40
Coba semprot dengan menggunakan WD 40 kemudian tunggu hingga 30 menit dan pastikan benar benar lembab baru buka kembali dengan menggunakan traker.

9. Impact
Coba buka dengan menggunakan Impact ini, karena memiliki daya hentaan yang cukup kuat.

10. Mata Bor
Cara terahir jika masih tetap tidak bisa dibuka, bor 3 lubang kruk as nya pakai mata bor ukuran kecil kemudian semprot dengan menggunakan WD.

Dari 10 cara diatas coba lakukan yang ringan ringan terlebih dahulu namun sering mengalami keberhasilan sebagai referensi yang sering berhasil adalah sebagai berikut:
1. Minyak Cap Kapak\
2. Minyak kayu putih
3. Di panaskan
4. Es batu
5. Minyak Bensin dan minyak rem
6. Semprot WD 40
7. Impact

Jika dari 5 cara diatas masih tidak teratasi maka langkah terahir adalah lakukan cara sebagai berikut:
1. Menggunakan Las
2. Congkel dan Pukul dengan palu
3. Bor menggunakan mata bor kecil pada bagian kruk as
4. Potong dengan menggunakan  Gerinda 

melepas magnet motor dengan cara di las

trik melepas magnet motor yang macet dan lengket
Langkah ahir melepas magnet motor


Dijamin langkah terahir berhasil, namun sebelum melakukan itu semua sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan sang pemilik motor bahwa komponen ini susah dilepas karena lengket, sehingga harus menggunakan kekerasan dan harus diganti dengan komponen yang baru.
Namun sesusah susahnya  biasanya dapat terselesaikan hanya dengan minyak cap kapak ya teman teman, jadi jangan putus asa tetap semangat dalam mencari rupiah.
Inilah sedikit pengalaman dari teman teman mekanik, semoga bermanfaat terimakasih

Posting Komentar untuk "10 Cara Ampuh Membuka dan Melepas Magnet Motor Yang Macet, lengket dan susah Dicabut"