Tips Membersihkan Injektor Mobil

Halo teman teman balik lagi sama Mazyanto.com, kali ini mazyanto akan membahas aertikel tentang  Tips membersihkan injector mobil. Jadi perlu kalian tau injektor pada  kendaraan merupakan salah satu komponen  penting yang memiliki fungsi sebagai pengubah bensin yang bertekanan dari fuel pump agar mudah terbakar dengan cara mengubah bahan bakar yang tadinya cair menjadi kabut.

Dengan adanya injector tersebut maka bahan bakar yang masuk keruang bakar dalam bentuk kabut ini akan terbakar sempurna, sehingga tidak menyisakan kerak pembakaran yang menjadi kotoran.

Peran injector adalah menginjeksikan bahan bakar kedalam mesin ruang bakar dalam bentuk kabut dan uap bahan bakar sehingga pembakaran menjadi lebih sempurna.

Untuk itu pentingnya peran injector sangat mempengaruhi proses kinerja mesin dalam proses pembakaran yang terjadi. Jika injector mengalami masalah tentu hal ini akan menimbulkan masalah yang tidak baik seperti mesin menjadi brebet, pincang, tenaga menjadi kurang, rpm tidak stabil, nyendat nyendat dan lain lain.

Untuk itu supaya terhindar dari masalah seperti diatas maka sebaiknya lakukan lah perawatan yang baik da rutin secara berkala agar kondisi injector tetap baik dan terjaga.

Untuk melakukan perawatan agar injector bersih dan terawat maka ada beberapa langkah yang harus kalian lakukan, diantaranya  akan mazyanto jelaskan dibawah ini:

Tips Membersihkan Injektor Mobil


Tips Membersihkan atau merawat Injektor mobil

Untuk melakukan perawatan atau membersihkan injector mobil ada beberapa langkah yang harus dilakukan, apa saja itu? Simak penjelasan dibawah ini!

1. Dengan Menggunakan Cairan Pembersih yang dimasukan kedalam tangki bahan bakar

Sebenarnya hal ini sama dengan ketika kita akan membersihkan radiator, membersihkan injector mobil juga sama. Jadi dengan memasukan cairan pembersih injector ini kedalam tangki maka nanti akan mengalir Bersama bahan bakar menuju keruang bakar dengan menggunakan injector. Hal ini sangat mudah dilakukan karena kita hanya memasukan kemudian menunggu dengan cara menjalan kan mesin maka cairan pembersih akan bekerja dengan sendirinya. Untuk menganasilas hasil sendiri saya bilang hal ini kurang maksimal karena memang kita ketahui cairan ini tidak murini melainkan ada campuran bahan bakar.


2. Semprotkan cairan pembersih

Mungkin diatara kalian sudah banyak yang tahu cara ini, yah dengan menggunakan cairan pembersih ini kita akan membersihkan injector dengan cara menyemprotkan ke dalam lubang injector, jadi hal ini menharuskan untuk membongkar dan melepas komponen injector dari mesin. Hal ini diperlukan keahlian kusus untuk melakukannya. Jadi cara kerjanya adalah ketika injector sudah dilepas maka pasang semprota injector ke tempat dimana bahan bakar masuk kedalam injector, kemudian aktifkan maka cairan pembersih akan mengalir membersihkan kotoran ataupun kerak pada injector tersebut. Begitulah caranya.


3. Pakai alat kusus pembersih injektor

Untuk langkah dan cara ini tergolong sangat bagus dan ampuh sehingga hasilnya lebih baik dan memuaskan dari pada cara pertama tersebut. Caranya yaitu dengan melakukan pembongkaran pada komponen injector itu sendiri, langkah pertama lepas injector dan keluarkan injector dari dalam mesin, kemudian rendam injector yang sudah dilepas tersebut dengan menggunakan cairan kusus pembersih dalam wadah. Setelah dirasa kotoran dan kerak sudah bersih atau sudah rontok maka langkah selanjutnya adalah dengan melakukan pengetesan dengan cara memasang injector ketabung tabung kaca supaya nanti hasil dari penyemprotan dapat terlihat dengan jelas. Lihat hasil semprotan yang keluar dari injector jika dirasa sudah bagus maka injector bisa dipasng kembali ketempatnya. Namun hasilnya dirasa kurang baik maka sebaiknya lakukan perendaman ulang hingga mendapatkan hasil yang baik.


Itulah beberapa langkah dan cara membersihkan injector mobil dengan mudah dan praktis untuk menjaga agar injector tetap dalam kondisi baik.

 

Tidak ada komentar untuk "Tips Membersihkan Injektor Mobil"