Inilah Perbedaan Baut dan Mur

Mazyanto.com- Assalamualaikum teman teman jadi pada kesempatan kali saya akan membuat sebuat artiekl mengenai Perbedaan mur dan baut, baut halus dan kasar. Baut dan mur dalam kehidupan sehari hari pasti sudah tidak asing lagi.

Inilah Perbedaan Baut dan Mur


Baut dan mur merupakan salah satu komponen pasangan yang biasanya dipakai dalam industry otomotif.  Komponen ini sangat  penting dalam dunia industry seperti indutri otomotif dan lainya.

Mur dan baut merupakan salah satu alat yang berfungsi untuk menyambung sebuah benda atau menyatukan kedua buah benda namun tidak permanen. Jadi sewaktu waktu dapat dilepas.

Kenapa dikatakan baut dan mur merupakan pasangan, yak karena memang bentuk dan ukuran tidak jauh berbeda dengan bentuk ulir yang sepasang. 

Dengan bentuk dan ukuran yang berbeda beda, baut yang merupakan batang berbentuk silinder dengan ulir dibagian silindernya kemudian dilengkapi dengan kepala. Bentuk kepala baut tersebut umumnya berbentuk persegi empat atau enam.

Setiap Baut memiliki ukuran berbeda beda, seperti Panjang baut dan Panjang ulir. Umumnya baut terbuat dari baja lunak, baja karbon rendah, kuningan dan baja tahan karat.

Ada juga baut dan mur yang memang dibuat kusus untuk kebutuhan dengan kekuatan yang tinggi, biasanya dibuat dengan logam paduan atau logam lainya.

Kemudian untuk mur sendiri adalah bagian dari pasangan baut itu sendiri.  Mur memiliki bentuk persegi enam dengan lubang tengah berbentuk ulir.

Agar pasangan mur dan baut dapat bekerja sama dengan baik maka ulir baut dan mur harus memiliki kesamaan pada ulirnya.

Mur biasanya dibuat dari bahan logam, baja dan kuningan. Dengan adanya ulir pada bagian dalam mur sehingga dapat bekerja sama dengan baut.

Lalu apa sih yang membedakan antara baut dan mur?

Inilah Bedanya Mur Dan Baut

1. Saat Pembuatan Ulir

Salah satu yang membedakan mendasar antara baut dan mur adalah pada saat proses pembuatannya. Baut biasanya dibuat dengan menggunakan mesin bubut atau mesin cnc dengan menggunakan program.  Jika dibuat dengan manual maka akan memakan waktu yang lebih lama dengan hasil belum tentu bagus. Untuk pembentukan ulir bisa dilakukan dengan cara menggunakan alat berupa snei.

Kemudian mur dibuat dengan menggunakan mesin cnc, bisa juga dibuat dengan alat secara manual namun akan memakan waktu yang lebih lama, biasanya jika dibuat dengan alat manual bisa menggunakan alat berupa tap.

2. Ukuran Panjang Baut.

Baut memiliki ukuran lebih Panjang dibanding dengan mur, baut memiliki kepala dan bagian silinder yang berbentuk ulir,  berbeda dengan mur yang memiliki tebal sama dengan kepala baut itu sendiri.

3. Ukuran Ulir / Panjang ulir

Salah satu yang membedakan nya adalah pada Panjang ulir yang bervariasi, ada yang memiliki ulir sepanjang bagian silindernya, ada juga yang hanya sebagian saja. Jika pada mur ulirnya hanyalah sepanjang ukuran lubang mur saja. Jadi sudah bisa dibanyangkan bukan perbedaannya.

4. Letak Ulirnya

Selanjutnya yang menjadi pembeda adalah pada posisi ulirnya itu sendiri,  untuk letak ulit pada baut berada di luar silinder. Sedangkan untuk mur memiliki ulir dibagian dalam yang biasa disebut sebagai ulir dalam. Hal ini sudah tentu dapat dilihat secara langsung perbedaannya.

Itulah sedikit tentang pembahasan perbedaan antara mur dan baut di dalam dunia industry, penting nya penggunaan mur dan baut sehingga produksi mesin bubut semakain canggih, yang dulunya masih menggunakan konvensional sekarang sudah modern.

Terimakasih sudah mampir, semoga bermanfaat.

Baca Juga : Cara membaca semua ukuran baut


Sumber Referensi : Gridoto.com dan mazyanto.com


Tidak ada komentar untuk "Inilah Perbedaan Baut dan Mur"