Inilah Perbedaan Ring Piston Kompresi 1 dan Kompresi 2

Halo teman teman balik lagi dengan mazyanto.com, kali ini mazyanto akan menulis artikel lagi tentang ring piston. Tahukan kalian apa itu ring piston? Karena piston memiliki beberapa ring dengan masing masing ring memiliki fungsi yang berbeda beda.

Inilah Perbedaan Ring Piston Kompresi 1 dan Kompresi 2


Ring piston pada kendaraan memiliki peran penting karena untuk menjaga performa mesin lebih maksimal dan efektif serta efisiien.

Dari beberapa ring piston masing masing memiliki perbeaan fungsi, untuk itu jika diantara ring tersebut ada yang mangalami masalah maka sudah pasti performa mesin akan menjadi down.

Untuk mengetahui dimana dan apa yang menjadi penyebabnya yang perlu diketahui terlebih dahulu adalah apa perbedaan ring piston.

Kita ketahui ring piston kompresi satu dan ring piston kompresi 2 memiliki kemiripan, jika kita kurang teliti maka hal ini bisa terjadi kekeliruan pada saat pemasangan, jika hal ini terjadi maka akan berdampak pada performa dan kinerja mesin itu sendiri.

nah agar kalian tidak bingung apa itu ring kompresi satu dan ring kompresi dua maka melalui artikel ini mazyanto akan membagikan atau membahas tentang apa perbedaan ring komptresi 1 dan ring kompresi 2.

Dengan mengetahui fungsi dan perbedaan masing masing maka kita akan lebih teliti jika terjadi masalah pada ring piston teersebut.

Untuk lebih lengkap nya simak penjelasan dibawah ini:

Apa Itu Ring Kompresi 1

Komponen ini memiliki kemiripan antara ring kompresi satu dan ring kompresi 2, walaupun hampir sama tetapi memiliki fungsi yang berbeda, untuk ring kompresi 1 bertugas untuk mencegah terjadinya kebocoran udara. Serta merupakan salah satu penyalur panas dari piston ke dinding silinder. Ring piston 1 berada di posisi paling atas berdekatan dengan kepala silinder.  Ring piston 1 memiliki sisi tepian luar dengan sudut sejajar rata dinding silinder.

Apa itu ring Piston 2

Sedangkan untuk ring piston 2 ini dengan bentuk kemiripan yang sama dengan ring piston 1, sebenenrya fungsinya tidak lah jauh berbeda dengan ring piston 1,  ring kompresi 2 ini memiliki fungsi sebagai pencegah kebocoran udara yang lolos dari ring kompresi 1, selain sebagai pembackup dari ring kompresi 1 ternyata juga sebagai penyapu atau pembersih sisa oli yang melumasi dinding  silinder sehingga tidak masuk kedalam ruang bakar.

Nah untuk lebih jelasnya mengenai perbedaan ring piston 1 dan 2, simak penjelasan dibawah ini.

Inilah yang membedakan ring piston 1 dan 2

1. Dari segi pemasangan Ring piston 1 berada di paling atas, sedangkan ring piston 2 berada di no 2 setelah ring piston 1.

2. Bentuk tepi luar halus dan rata sedangkan untuk ring kompresi 2 halus namun lbih tajam dirasakan.

3. Bagian luar tepi rata namun bagian dalam tirus, sedangkan untuk ring piston 2 sebaliknya bagian luar tirus dan bagian dalam tepi rata.

4. Ring piston 1 umumnya  berwarna abu abu atau silver seddangkan ring piston 2 berwarna hitam gelap.

5. Biasanya ring piston 1 memiliki tanda dalam bentuk tulisan khusus seperti R,N,T,TOP sedangkan ring piston 2 memiliki tulisan seperti 2R


Untuk lebih memahami bagian bagian ring piston sebaiknya perhatikan denngan teliti saat akan melakukan pemasangan pada piston, periksa dan amati, maka perbedaan nya akan terlihat dengan jelas.


Nah itulah beberapa penjelasan mengenai perbedaan ring piston kompresi 1 dan ring piston kompresi 2, semoga artikel ini bermanfaat sekian terimakasih.


Tidak ada komentar untuk "Inilah Perbedaan Ring Piston Kompresi 1 dan Kompresi 2"