Ternyata Ini Penyebab Mesin Diesel Common Rail Susah Hidup

Mazyanto.com- Ternyata ini penyebab mesin diesel common rail susah hidup. Bagi kalian pengguna mesin diesel pasti pernah mengalami masalah masalah seperti mesin susah sidup saat pertama kali dihidupkan. Tak heran jika kalian sudah menjadi pencinta mesin solar, namun bagi  kalian yang masih awal awal pemakai solar pasti bertanya tanya ada apa dengan mesin kendaraan saya.

Ternyata Ini Penyebab Mesin Diesel Common Rail Susah Hidup


Nah melalui artikel ini akan dibahas apa saja sih yang menjadi factor permasalahan kenapa mesin diesel common rail susah hidup.

Ternyata mesin diesel terdiri dari dua jenis yaitu pertama tipe konvensional dan kedua common rail, sedangkan untuk tipe common rail lebih modern dengan menggunakan system komputerisasi, terkususu pada suplai bahan bakar menuju ruang bakar. Nah jika mesin tipe ini mengalami masalah pada mesin yang susah hidup maka sudah dipastikan ada masalah yang menjadi penyebabnya. Apa saja masalah yang bisa menjadi penyebabnya? Simak penjelasan dibawah ini:

Faktor factor yang menjadi penyebab mesin diesel common rail susah hidup.

1. Bahan Bakar Solar

Nah untuk masalah penyebab utamanya bisanya pada bahan bakar itu sendiri, sebelum melakukan pemeriksaan lebih lanjut coba periksa dan amati bahan bakar solar tersebut, seperti yang diketahui solar merupakan salah satu bahan bakar utama mesin diesel, jadi ketika terjadi masalah pada bahan bakar tersebut maka secara otomatis akan berpengaruh terhadap  mesin menjadi susah hidup.

Biasanya masalah solar ini bisa saja terjadi karena solar terlalu kotor, atau solar bercampur dengan air atau sejennisnya, kemudian ada oknum yang sengaja mengoplos bahan bakar solar tersebut.

Untuk itu pastikan membeli solar yang berkualitas baik dan terpercaya untuk menjaga kinerja mesin, agar tidak terjadi masalah masalah seperti mesin  susah hidup ataupun mati mendadak.


2. Terjadi Masalah Pada Selang Bahan Bakar

Hal lain yang bisa saja menjadi masalah adalah terjadi nya kerusakan pada pipa atau selang yang mejadi tempat mengalirnya bahan bakar itu sendiri, karena hal ini tentu membuat bahan bakar tidak akan sampai menuju ke injector apabila terjadi masalah pada pipa/selang. Masalah itu bisa saja seperti terjadi kebocoran, selang sobek, selang lepas sehingga bahan bakar tidak mencapai injector dan hal ini akan lebih berbahaya jika bahan bakar sampai tercecer.


3. Filter Solar Bermasalah

Filter merupakan salah satu komponen yang memiliki fungsi sebagai penyaring kotoran pada bahan bakar sebelum bahan bakar masuk ke dalam ruang bakar. Hal ini dengan tujuan agar pasokan bahan bakar yang masuk ke dalam ruang bakar menjadi lebih bersih. Dengan begini pembakaran menjadi sempurna. Namun jika terlalu banyak kotoran pada filter tentu akan membuat aliran bahan bakar menjadi terhambat atau bahkan mampet, jika hal ini terjadi tentu mesin akan menjadi susah hidup. 

Sebaiknya lakukan perawtan pada filter seperti pergantian secara rutin.


4. Terjadi Masalah pada Priming Pump Rusak

Priming pump merupakan salah satu komponen yang memiliki fungsi untuk membantu kinerja supply pump untuk menghisap solar dari dalam tangki bahan bakar, jika komponen ini terjadi masalah tentu bahan bakar akan sulit untuk mengalir ke injector.


5. Supply Pump tidak bekerja

Supply pump adalah salah satu komponen utama yang memiliki fungsi memompa solar kedalam fuel rail yang menciptakan tekanan tinggi sehingga dapat di injeksikan ke dalam injector.  Jika terjadi kerusakan pada komponen ini seperti SCV rusak atau bocor dan bahkan mampet maka mesin akan menjadi susah hidup.


6. Fuel Rail Bermasalah

Ini merupakan salah satu komponen yang memiliki fungsi pembatas tekanan rel bahan bakar dan sebagai sensor tekanan rel abahan bakar. Sehingga jika terjadi masalah maka pembacaan CUR menjadi tidak akurat, kemudian akan berakibat mesin menjadi susah hidup.


7. Injektor Bermasalah

Injektor merupakan salah satu komponen utama pada system pembakaran yang memiliki fungsi untuk mengubah solar bertekanan menjadi kabut bahan bakar sehingga proses pembakaran bekerja dengan baik, jadi apabila komponen ini bermasalah sudah tentu akan berakibat pada mesin susah hidup akibat dari pembakaran menjadi tidak sempurna.


8. Senssor Common Rail Bermasalah

Sensor ini memiliki tiga jenis diantaranya CKP sensor, CMP sensor, dan MAP sensor. Jika terjadi masalah pada salah satu sensor tentu akan berdampak negative pada mesin menjadi susah hidup.


9. ECU Bermasalah

ECU merupakan salah satu komponen yang berfungsi untuk mengontrol dari keseluruhan system common rail, dengan ini system akan membaca, mengolah, hingga memutuskan komponen mana yang akan bekerja sesuai dengan yang dibutuhkan mesin.


Kesimpulan

Dari Penjelasan diatas dapat disimpulkan bahwa perawatan berkala pada mesin kenddaraan merupakan salah satu langkah penting untuk menjaga performa mesin.



Sumber Referensi : Auto2000.co.id dan mazyanto.com

Tidak ada komentar untuk "Ternyata Ini Penyebab Mesin Diesel Common Rail Susah Hidup"