Inilah Penyebab Kopling Mobil Bunyi Saat Diinjak / DiLepas

Mazyanto.com- Inilah Penyebab Kopling mobil Bunyi saat dilepas.  Kopling pada kendaraan merupakan salah satu komponen penting yang memiliki fungsi memutus dan menyambung putaran dari mesin menuju ke transmisi sebuah kendaraan. 

Inilah Penyebab Kopling Mobil Bunyi Saat Diinjak / DiLepas


Kopling sebagai salah satu komponen yang berperan penting pada kendaraan sangat menentukan jalanya proses perpindahan gigi, kopling yang normal atau dalam kondisi baik akan menghasilkan perpindahan yang halus, cepat dan mudah.

Hal ini tentu akan membuat kenyamanan tersendiri bagi para penggunanya, namun semakin lama dipakai kopling pasti akan mengalami kelemahan ataupun semakin lama akan semakin berkurang kinerjanya.

Keadaan ini biasanya akan memberikan banyak masalah misalnya seperti kopling slip, bunyi denyit saat di injak maupun dilepas, mulai getar dan bahkan hingga bisa terjadi macet atau mogok.

Namun untuk masalah yang sering terjadi di lapangan adalah kopling mobil bunyi saat di injak ataupun saat dilepas. Masalah seperti ini kerap terjadi pada kendaraan-kendaraan yang tergolong sudah tua.

Bunyi yang di timbulkan biasanya seperti cit cit, krek-krek, dengung. Beragam  masalah yang sering di alami seperti ini di karenakan beberapa sebab. Apa sajakah yang menjadi penyebab nya itu, simak penjelasan dibawah ini:

Inilah Penyebab Kopling Mobil bunyi saat di injak / dilepas

Kopling yang normal akan memberikan kenyamanan dan kopling yang bermasalah sudah tentu sangat menggangu dan bahkan berasa was was saat dipakai.

1. Release Bearing Aus atau biasanya Kering

Salah satu yang menjadi penyebab kopling bunyi adalah kering nya bearing, karena semakin lama usia pakai maka biasanya pelumas pada bearing itu sendiri akan habis, karena memang setiap komponen pasti memiliki usia pakai. Selain bearing yang kering bearing yang sudah lama digunakan tanpa melakukan perawatan ataupun pergantian juga akan mengalami keausan, karena aus dan kering inilah yang menimbulkan bunyi tersebut.

2. Roda Gila sudah tidak Rata / pressure plate tidak rata

Salah satu penyebab lainya adalah flywheel dan pressure plat sudah aus atau sudah tidak rata lagi. Hal ini dapat terjadi karena akibat dari gesekan antara flywheel dengan pressure plat terhadap kampas kopling. Semakin lama salah satu dari komponen ini tentu akan mengalami kausan. Sehjingga akan meimbulkan masalah berupa suara dan bahkan perpindahan gigi akan menjadi terhambat atau leboh keras.

3. Per Kopling sudah lemah (Pegas Kopling)

Salah satu yang menjadi penyebab lainya adalah lemahnya pegas kopling atau per kopling itu sendiri.  Mengingat pegas pada kopling memiliki fungsi untuk mengurangi hentakan dan getaran ketika proses memutus dan menyambung putaran dari mesin ke transmisi. 

Apabila pegas lemah tentu bisa saja terjadi kopling slip saat dinjak maupun saat dilepas.

4. Kampas Kopling Sudah habis

Penyebab bunyi lainya adalah terjadi masalah pada kampas kopling itu sendiri,  seperti kampas kopling akan habis atau bahkan memang sudah habis, kampas kopling yang sudah habis tentu akan menimbulkan bunyi dan dan bahkan bau gosong yang di timbulkan akibat dari gesekan antara flywheel dan plat kopling itu sendiri. Hal ini biasanya terjadi karena lama nya pemakain tanpa melakukan perawatan yang baik.

5. Bermasalah Pada clutch hub dan disc plate

Penyebab lainya adalah pada clutch hub dan disc plate, komponen ini biasanya mengalami masalah seperti sudah oblak akibat dari benturan pada saat kopling diinjak. Jika sudah mengalami hal ini tidak menuntut kemungkinan kopling akan bunyi saat diinjak.


Kesimpulan

Untuk mendapatkan kinerja kopling yang maksimal sebaiknay lakukan perawatan berkala dengan baik.



Sumber Referensi: daihatsu.co.id dan mazyanto.com


Tidak ada komentar untuk "Inilah Penyebab Kopling Mobil Bunyi Saat Diinjak / DiLepas"

Berlangganan via Email