Cara Menggunakan Kunci Momen (Torque Wrench) Yang Baik Sesuai SOP

Mazyanto.com- Cara Menggunakan (Pengoprasian) Kunci Momen. Berbicara kunci momen, apa sih kunci moment? Dan untuk apa sih kunci moment? Lalu bagaimana sih penggunaan atau pengoprasian kunci moment? 




Untuk membahas dan mengetahui tentang pertanyaan pertanyaan diatas mari kita bahas satu persatu. 

Apa Itu Kunci Moment?

Jadi kunci moment adalah sebuah alat yang sudah dirancang sedemikian rupa yang digunakan untuk mengetahui atau mengukur momen kekencangan pada baut dan mur agar mencapai momen atau torsi tertentu.

Kunci momen atau yang dikenal dengan kunci torsi sering digunakan untuk memperbaiki kendaraan dan beberapa bangunan konstruksi, dengan melakukan kalibrasi alat ini tentu akan memberikan torsi atau gaya rotasi untuk mengencangkan baut dan mur menjadi lebih mudah dan akurat dibandingkan dengan alat atau kunci kunci biasanya.

Apa fungsi kunci Moment?

Nah setelah membaca pembahasan diatas pasti sudah tau bukan bahwa kunci moment atau kunci torsi memiliki fungsi untuk mengukur momen kekencangan pada baut dan mur agar sesuai dengan ketegangan tertentu. Sebagai salah satu contoh misalkan pada suatu bauta tau mur dengan nilai kekecangan standar pabrik 100 Nm, maka dengan menggunakan alat ini kita dapat mengetahuinya.

Apa saja Jenis Jenis Kunci Momen?

Sebelum menggunakan kunci momen atau akan membeli kunci momen maka coaba ketahui dulu apa saja jenis jenis kunci meomen, karena kunci momen memiliki beberapa jenis, jenis kunci momen yang pertama adalah sebagai berikut:

1. Tipe defelksi balok

Untuk tipe jenis ini biasanya memiliki ukuran momen kencang yang ditunjukan oleh sebuah jarum penunjuk. Jarum ini akan bergerak sesuai dengan ukuran kekencangan baut tersebut.

2. Tipe Klik

Kemudian untuk tipe yang kedua ini dapat digunakan dengan cara menarik tangkai kunci momen kemudian momen kencang dapat diatur dengan cara memutar tangkai sesuai dengan yang diinginkan.

3. Tipe Dial Indikator

Dan untuk kunci momen jenis ini sesuai dengan Namanya untuk mengukurnya dapat dilihat dari dial indikatornya. Jarum indikator akan bergerak dan menunjukan skala tertentu sesuai dengan momen yang dikencangkan.

Bagaimana cara menggunakan Kunci Momen?

Untuk dapat menghasilkan kekencangan baut yang sesuai dengan standar yang sudah ditentukan tentu harus tau bagaimana cara dan pemakaian atau pengoprasian kunci momen itu sendiri.  Untuk menggunakan kunci momen ada beberapa langkah yang harus dilakukan seperti dibawah ini:

1. Gunakan Kunci momen yang sesuai dengan kapasitas spesifikasi pengencangan.

2. Periksa terlebih dahulu sebelum menggunakan apakah kunci momen sudah terkalibrasi dengan benar

3. Kemudian Atur atau lakukan penyetelan sesuai petunjuk repair manual dengan spesifikasi baut dan mur yang akan dikencangkan.

4. Sebaiknya sebelum mengencangkan menggunakan kunci momen, kencangkan dengan kunci yang lainya terlebih dahulu.

5. Jangan Lupa pasang kepala shock sesuai ukuran kepala bauta tau mur yang dikencangkan.

6. Perlu diperhatikan ketika mengencangkan baut dan mur alakah baiknya tahan dengan tangan pada bagian ujung shocket untuk mencegah supaya kepala shocket tidak meleset.

7. Perhatikan pada saat pengencangan, biasanya terdengar suara (klik) atau bisa dilihat dari jarum setelah mencapai tingkat pengencangan.

8. Kencangkan semua baut dengan urutan yang sesuai atau bisa melakukan nya secara silang.

Note: Jika menggunakan tipe Beam maka kalian harus melihat jarum untuk mengetahui kekencangannya. Kemudian jika menggnakan tipe klik berhentilah ketika sudah terdengar (klik)


Bagaimana contoh penggunaan Kunci Momen Pada Silinder Head?

Sebagai salah satu contoh pada kepala silinder. Pada kepala silinder motor memiliki 4 buah baut yang mengikat.  

1. Pertama kencangkan baut dengan kunci biasa.

2. Lalu setting kunci momen sesuai dengan kekencangan baut. Contoh kita akan mengeset kunci momen dengan angka 30 Nm.

3. Selanjutnya kencangkan ke 4 baut dengan kunci momen yang sudah di setting tersebut.

Untuk mengecek apakah benar benar sudah kencang atau belum bisa dilakukan dengan cara mengendorkan dengan kunci biasa 180 derajat, kemudian kencangkan kembali baut dengan kekencangan 35 Nm. Hal ini dilakukan untuk melihat apakah memang benar baut benar benar sudah kencang atau bauta da yang macet.

Kesimpulan

Untuk dapat menggunakan kunci momen yang baik dan benar sebaiknya lakukan pemahaman terlebih dahulu, mulai penggunaannya dan satuan konversinya. 



Tidak ada komentar untuk "Cara Menggunakan Kunci Momen (Torque Wrench) Yang Baik Sesuai SOP"

Berlangganan via Email