Cara Kerja Flasher Mobil dan Fungsi Bagaimana Menggunakanya

Mazyanto.com- Ini fungsi flasher mobil dan cara kerjanya.  Flasher mobil merupakan salah satu komponen penting yang memiliki fungsi sebagai pemberitahu atau lampu peringatan. Saat berkendara di jalan raya kita pasti akan belok ke kanan dan ke kekiri, nah disinilah lampu flasher tersebut akan bekerja. Lampu ini akan memberikan pertanda atau memberitahu kepaa pengguna jalan dibelakang kita ataupun didepan kita bahwa akan berbelok.

Cara Kerja Flasher Mobil dan Fungsi Bagaimana Menggunakanya


Ketika akan berbelok ke kanan maka lampu sein kanan akan dinyalakan dan begitupun ketika akan berbelok ke kiri, maka sein kiri juga akan dihidupkan guna memberikan tandan pada pengendara lainya.

Flasher itu sendiri adalah salah satu komponen pada kendaraan yang bertugas untuk mengatur agar lampu sein dapat terlihat berkedip. Dengan demikian para pengemudi lainya akan tahu ketika akan berbelok kemana dengan jarak yang aman.

Tanpa adanya lampu sein tentu akan lebih berbahaya saat berkendara dijalan raya, karena tidak ada yang tahu kapan dan dimana kita akan belok.


Apa Fungsi Flasher pada mobil?

Pentingkah flasher mobil pada kendaraan? Kemudian untuk apa sih flasher pada kendaraan?

Jadi flasher pada mobil sangat penting karena memang dengan menggunakan nya akan memberikan kemudahan bagi pengguna jalan lainya kemana arah dan tujuan pada saat akan berbelok. Hal ini tentu dapat mencegah terjadinya kecelakaan pada kendaraan.

Kemudian fungsi flasher pada kendaraan adalah sebagai penyuplai arus listrik ke lampu sein agar lampu menyala dan terlihat berkedip.

Flasher sebagai alat penyuplai arus listrik ke lampu merupakan komponen penting karena dengan flasher bekerja dengan baik maka lampu pun akan berfungsi dengan baik pula.

Bagaimana cara menggunakan flasher mobil?

Untuk menggnakan flasher sebenernya tidaklah susah karena memang sudah di rancang dan diposisikan sedemikian rupa agar pengendara mudah menggunakan nya. Jika kita ingin menggunakan fungsi flasher mobil cukup aktifkan tuas yang ada di area kemudi.

Jika kita mengaktifkan tuas maka secara otomatis flasher akan mengalirkan arus listrik ke bagian lampu sein sehingga lampu sein akan menyala dan berkedip kedip.

Dengan begini kita dapat mengatur dan menyalakan nya sesuai dengan arah tujuan kemana kita akan belok.

Flasher sendiri bekerja ketika kunci kontak on atau pada saat dialiri arus listrik melalui kumparan. Kemudian Kumparan ini berfungsi sebagai sirkuit arus listrik yang menciptakan relay sehingga lampu sein dapat berkedip dan menyala.

Dengan Menggunakan flasher ini maka arus listrik yang mengalir ke lampu sein akan di putus dan sambung, secara otomatis lampu akan mati-hidup dan berkedip kedip.


Agar flasher selalu dalam kondisi baik maka hal yang harus dilakukan adalah dengan melakukan perawatan secara rutin dan melakukan perbaikan apabila terjadi suatu masalah. Untuk itu apa saja yang harus dirawat dan juga diperbaiki jika sudah dalam kondisi bermasalah, simak penjelasan dibawah ini:

1. Periksa kedua lampu sein, jika lampu tidak menyala maka coba periksa pada bagian kunci kontak, sekring, dan flasher itu sendiri. Karena kemungkinan besar terjadi masalah pada salah satu komponen tersebut.

2. Nah jika kalian mengalami masalah seperti lampu tidak dapat berkendip maka sudah dipastikan pada bagian flasher mengalami masalah, sebaiknya periksa pada bagian kabel sampai kunci kontak.

3. Kemudian masalah lainya seperti lampu menyala sebelah tapi tidak bisa berkedip, untuk masalah ini sabaiknya periksa pada bagian saklar lampu tanda belok, biasanya terjadi konslet.

4. Jika lampu tidak menyala baik kanan maupun kiri maka bisa jadi menjadi penyebab adalah pada lampu itu sendiri, periksa apakah lampu dalam keadaan baik atau sudah putus.


Kesimpulan

Penting nya lampu sein di jalan raya dapat meminimalisir terjadinya kecelakaan. Dengan begitu lakukan pemeriksaan pada saat akan berkendara. 



Sumber Referensi :Auto2000.co.id dan mazyanto.com


Tidak ada komentar untuk "Cara Kerja Flasher Mobil dan Fungsi Bagaimana Menggunakanya"