Cara Cas Aki Mobil Yang Baik Dan Benar Sesuai Waktunya

 Mazyanto.com- Cara cas aki mobil yang baik dan benar sesuai waktunya. Aki merupakan salah satu sumber daya kelistrikan yang dapat digunakan untuk keperluan kelistrikan, seperti hal nya aki pada kendaraan mobil yang memiliki peran penting dalam proses dan kinerja kelistrikan mobil.

Cara Cas Aki Mobil Yang Baik Dan Benar Sesuai Waktunya


Pentingnya aki pada kendaraan tentu tak luput dari bagaimana perawatan dan pemeliharaan pada aki itu sendiri, agar aki tidak gampang soak atau rusak, hal ini biasanya bisa dilakukan dengan cara membersihkan kotoran dan kerak atau karat yang menempel pada bagian terminal yang menempel pada aki tersebut, kemudian mengontrol kondisi air aki yaitu menambah dan mengisi air aki yang sudah mulai berkurang, sampai dengan melakukan pengisian daya aki atau mengecas aki.

Penting nya pengecasan aki tentu akan berdamapak pada hasil dari pada proses kelistrikan berlangsung, semakin stabil arus listrik maka akan semakin bagus pula hasil dari kelistrikan tersebut.

Untuk melakukan pengisian biasanya bisa dilakukan dibengkel resmi atau bengkel kaki lima yang memang sudah besar. Atau bisa membeli alat pengecas kemudian cas sendiri.

1. Gunakan alat pengecas aki mobil yang bagus/ sesuai

Nah hal ini penting kalian perhatikan ketika ingin membeli alat pengecas yang sesuai kebutuhan agar pengecasan dapat dilakukan dengan baik dan benar.

1. Pertama yang perlu diperhatikan adalah nilai ampere aki itu sendiri, sebaiknya gunakan alat cas aki yang memiliki nilai ampere untuk pengecasan minimal sepuluh persen dari nilai ampere aki itu sendiri.

2. Selanjutnya adalah dengan memperhatikan nilai tegangan aki, umumnya tegangan aki yang sering digunakan adalah sebesar 12 volt, jadi gunakan alat cas yang sesuai dengan tegangan tersebut.

3. Selanjutnya adalah ketika saat proses pemasangan, perhatikan petunjuk tentang cara pengecasan, karena biasanya ada tanda warna yang yang diberi pada kabel, seperti merah positif sedangkan hitam negative.

Begini cara mengecas aki yang baik dan benar

Jika kalian sudah membeli alat yang sesuai deperti penjelasan diatas maka langkah selanjutnya adalah dengan mengetahui bagaimana cara melakukan pengecasan yang benar. 

1. Pertama tentu kalian siapkan peralatan cas dan aki mobil yang ingin di cas.

2. Kemudian lepaskan semua tutup aki, periksa level air aki, jika perlu ditambahkan maka segera tambahkan sesuai levelnya.

3. Sebelum menyambungkan stop kontak ke listrik PLN pastikan saklar cas dalam kondisi OFF

4. Kemudian pasangkan kabel cask e masing masing terminal aki Positif (+) dan Negatif (-)

5. Setelah itu hidupkan dengan memutar saklar pengecas ke posisi ON

6. Atur tegangan saklar pada 12 Volt dan saklar amper sesuai dengan aki yang dicas.

7. Langkah selanjutnya tunggu beberapa jam hingga baterai terisi dengan penuh.

8. Kemudian langkah terahir setelah pengecasan selesai jangan lupa untuk matikan dan menutup kembali penutup air aki tersebut.

Berikut Hal Hal yang perlu diperhatikan pada saat mengecas Aki

Untuk melakukan pengecasan pada aki sebaiknya perhatikan beberapa hal ini untuk menghindari terjadinya hal hal yang tidak di inginkan, Pertama sebaiknya pada saat pengecasan, aki di usahakan dilepaskan dari tempatnya seperti pada kendaraan mobil. Kedua jangan hidupkan charger sebelum posisi rangkaian benar benar terpasang dengan benar. Dan yang terahir ketika selesai melakukan pengecasan adalah dengan mematikan alat pengecas terlebih dahulu baru melepas aki, hal ini bertujuan untuk mengurangi resiko terjadi nya konsleting.

Begini Tanda Jika Aki sudah penuh

Nah untuk melakukan pengecekan apakah aki sudah terisi dengan punuh atau belum dapat dilihat dari tanda lampu yang ada pada alat pengecas itu sendiri. Biasanya setiap produk memiliki tanda yang berbeda beda, amati dan pelajari.


Tidak ada komentar untuk "Cara Cas Aki Mobil Yang Baik Dan Benar Sesuai Waktunya"

Berlangganan via Email