Penyebab dan Cara Mengatasi Busi Mobil Hitam Pekat atau Berkerak

 Mazyanto.com- Penyebab dan cara mengatasi busi mobil hitam pekat. Busi Merupakan salah satu komponen pada kendaraan dengan kinerja yang sangat dibutuhkan. Busi pada kendaraan mobil memiliki peran aktif, fungsi busi pada kendaraan ialah memberikan percikan bunga api di dalam ruang bakar untuk membakar campuran udara dan bahan bakar tersebut sehingga proses pembakaran menjadi sempurna.

Penyebab dan Cara Mengatasi Busi Mobil Hitam Pekat atau Berkerak


Namun jika busi selalu dipakai tanpa melakukan pergantian atau perawatan maka secara perlahan pasti akan mengalami kerusakan. Hal ini wajar saja karena komponen ini memiliki usia pakai tertentu.

Namun bagaiamana jika sebelum melampaui usia pakai namun busi segera bermasalah seperti busi hitam pekat atau busi berkerak. Tentu hal ini menjadi tidak wajar bukan, dengan kondisi yang seharusnya masih Panjang usianya kini menjadi rentan terhadap kerusakan. Umumnya  busi memiliki usia pakai tertentu dengan jarak berkendara yang sudah disesuaikan untuk melakukan pergantian. 

Apabila kendaraan mengalami masalah pada busi yang seharusnya belum melakukan pergantian namun kini sudah rusak. Hal ini ada beberapa factor yang menjadi penyebabnya. Apa sajakah itu? Simak penjelasan dibawah ini:

Penyebab Busi Menjadi Hitam Pekat

1. Filter Udara Bermasalah

Salah satu yang menjadi penyebab ringan nya adalah filter udara mengalami masalah, seperti terdapat kotoran ataupun alirannya buntu tersumbat sesuatu.  Mengingat filter udara merupakan salah satu komponen pada kendaraan yang berfungsi sebagai penyaring kotoran dan debu sebelum udara masuk ke dalam ruang bakar. 

Ketika terdapat kotoran kemudian jarang melakukan perawatan seperti pembersihan maka lama lama kotoran tersebut akan semakin menumpuk hingga membuat filter kotor dan mampet. 

Akibat dari kotoran ini lah membuat udara yang masuk ke dalam ruang bakar mejadi lebih sedikit atau tersumbat sehingga mempengaruhi performa mesin, kurang nya campuran udara membuat bahan bakar menjadi lebih banyak yang masuk saat proses pembakaran dan mesin menjadi tidak bertenaga karena pembarannya tidak sempurna. Hasil daripada pembaran tersebutlah menyisakan kabut hitam lebih banyak sehingga busi menjadi jitam pekat.

2. Karburator Bajir

Bagi mobil yang masih menggunakan karburator bensin yang masuk ke dalam mesin terlalu banyak tentu akan berdampak pada busi menjadi hitam pekat. Karena dengan kondisi banjir ini pembakaran yang terjadi diruang bakar menjadi tidak Simbang sehingga membuat pembakaran menjadi tidak sempurna. Jika semakin lama maka hal ini dibiarkan maka akan mempengaruhi busi menjadi hitam pekat.

3. Silinder / ring Oli Mengalami Keausan

Salah satu yang sering manjadi penyebab lainya adalah terjadi keausan didalam ruang bakar atau terdapat celah kebocoran pada ruang bakar. Biasanya hal ini dipengaruhi oleh beberapa hal seperti ring oli aus, silinder tergores/cacat, seal klep mengalami kebocoran, dan piston sudah aus. Hal ini membuat pembakaran menjadi tidak sempurna sehingga mempengaruhi busi menjadi hitam.

4. Koil Sudah lemah

Salah satu yang manjadi penyebab lainya adalah mengalami maslaah pada pengapian seperti koil. Jika koil mengalami masalah seperti sudah lemah maka hasil yang diberikan koil pun menjadi tidak sempurna sehingga percikan bunga api menjadi lebih kecil. Sehingga campuran bahan bakar dan udara yang ada didalam ruang bakar tidak terbakar dengan sempurna. Hal ini akan meninggalakan sisa pembakaran pada ruang bakar termasuk juga busi menjadi hitam.

Cara mengatasi busi mobil manjadi hitam

Jika kalian sudah menganalisa penyebab busi menjadi hitam pekat, maka tentu segera lakukan perbaiakan pada masalah masalah tersebut. Kemudian untuk mengatasi busi hitam pekat adalah dengan membersihkannya menggunakan ampalas dan bensin supaya kerak yang menempel hilang dan bersih.

Kesimpulan

Lakukan perawatan secara berkala pada kendaraan jika ingin mendapatkan performa mesin yang baik. Segera lakukan pengecekan dan pembersihan pada busi jika dirasa sudah waktunya.

Sumber Referensi : Pindahlubang.com dan mazyanto.com

Tidak ada komentar untuk "Penyebab dan Cara Mengatasi Busi Mobil Hitam Pekat atau Berkerak"