Inilah Perbedaan Crankshaft dan Camshaft (Penjelasan Lengkap)

Mazyanto.com- Inilah Perbedaan Crankshaft dan Camshaft (Penjelasan Lengkap). Istilah  shaft untuk kedua komponen ini merupakan salah satu bagian terpenting yang berperan paling utama didalam mesin. Keduanya saling bekerja sama sehingga menghasilkan siklus langkah kerja mesin yang sempurna. 

Inilah Perbedaan Crankshaft dan Camshaft


Crankshaft dan camshaft pada dasarnya sama sama bekerja dengan hasil mendapatkan  siklus langkah kerja mesin dengan baik. Karena kedua poros ini memiliki kemiripan maka tak banyak juga ada beberpa yang belum mengetahui apa itu crankshaft dan camshaft, apakah kedua komponen ini sama atau tidak. 

Nah untuk membahas apa itu camshaft dan crankshaft kemudian apa yang membedakan diantara keduanya, mari kita bahas lebih lanjut dibawah ini, Yang pertama kita bahas dari bagian atas terlebih dahulu yaitu camshaft:

1. Camshaft

Pernahkah kalian mendengar kata kata camshaft atau nama lain yang sering disebut seperti noken as. Nah ternyata camshaft atau noken as ini merupakan salah satu komponen utama pada sebuah mesin yang berfungsi sebagai pengatur buka tutup klep (valve atau katup). Itulah mengapa noken as ini sering sekali kita jumpai di pasang pada bagian silinder head.

Dibuat dari bahan campuran carbon steel ataupun aluminium alloy yang dibentuk sedemikian rupa dengan rancangan yang telah disesuaikan stadar masing masing pabrik otomotof seperti bentuk lobe dan journal. Journal memiliki fungsi sebagai tempat poros camshaft berotasi kemudian lobe memiliki fungsi sebagai penekan klep.

Kemudian supaya camshaft dapat berputar maka komponen ini dihubungkan dengan crankshaft menggunakan timing belt, timing gear atau pun juga timing chain, dengan begini maka putaran camshaft atau noken as tersebut akan mengikuti putaran dari crankshaft. Untuk mesin 4 tak setiap kali crankshaft melakukan dua kali putaran maka camshaft akan berputar satu kali putaran sedangkan untuk mesin dua tak satu kali putaran poros engkol atau crankshaft akan menghasilkan satu putaran camshaft.

2. Crankshaft

Crankshaft atau yang sering disebut poros engkol ini adalah salah satu komponen penting pada proses kerja mesin. Poros engkol merupakan komponen yang memiliki fungsi untuk mengubah gerak naik turun piston hingga menjadi Gerakan putar.  Umumnya crankshaft terletak pada bagian bawah silinder bore atau pada bagian bawah blok.

Kemudian poros engkol terhubung dengan piston melalui  connecting rod atau nama lainya adalah stang seher. Jadi ketika proses pembakaran terjadi diruang bakar dan menghasilkan ledakan yang mendorong piston untuk bergerak kebawah sehingga Gerakan ini akan menjadi berputar dengan adanya stang seher tersebut. 

Dengan begitu perputaran poros engkol yang diakibatkan dari hasil pembakaran didalam ruang bakar tersebut yang kemudian hasil putaran inilah digunakan untuk memutar camshaft, transmisi sampai ke penggerak roda belakang atau pun depan.

Pada dasarnya crankshaft terdiri dari  beberapa bagian penting yakni:

1. Balncer weight 

yang memiliki fungsi untuk menyeimbangkan sketika crankshaft berputar.

2. Crank Journal

Komponen ini memiliki fungsi untuk tempat poros berputarnya crankshaft didalam silinder blok.

3. Crank Pin

Komponen ini memiliki fungsi untuk dudukan tempat connecting rod


Apa perbedaan Crankshaft dan Camshaft?

Dari penjelasan diatas kita sudah tau apa itu crankshaft dan apa itu camshaft, untuk menganalisa lebih lanjut simak penjelasan dibwah ini mengenai apa yang membedakannya:

Pertama: Camshaft memiliki fungsi sebagai pengatur Gerakan buka tutup katup (katup masuk intake dan katup buang exhaust). Kemudian untuk crankshaft memiliki fungsi sebagai konversi atau pengubah Gerakan piston maju mundur menjadi Gerakan putar.

Kedua: Setiap Dua kali putaran Poros engkol maka crankshaft hanya melakukan satu kali putaran

Ketiga: Posisi Crankshaft dibawah silinder bore sedangkan camshaft diatas pada bagian silinder head.

Nah itulah penjelasan mengenai apa saja yang membedakan antara crankshaft dan camshaft. Terimakasih semoga bermanfaat.

Sumber referensi: Tehnikmesin.com dan mazyanto.com


Tidak ada komentar untuk "Inilah Perbedaan Crankshaft dan Camshaft (Penjelasan Lengkap)"

Berlangganan via Email