Penjelasan Komponen Motor Starter Beserta Fungsinya

Mazyanto.com- Penjelasan Komponen Motor Starter Beserta Fungsinya.  Membahas Motor starter atau motor penggerak memang sangat  menarik, bagaimana tidak komponen ini memiliki peran penting dalam kendaraan, namun tidak bekerja seterusnya. Jadi komponen ini bekerja hanya ketika sedang menyalakan mesin kendaraan saja, setelah itu sudah tidak bekerja lagi.

Penjelasan Motor Starter Beserta Fungsinya


Motor starter merupakan komponen yang mengubah energi listrik menjadi energi mekanikal yang berguna untuk memutar flywheel.  Komponen ini memiliki fungsi yaitu untuk memutar mesin saat pertama kali akan dihidupkan dengan memanfaatkan energi listrik yang diperoleh dari aki mobil kemudian menjadi energi gerak yang digunakan untuk memutar roda gila/ flywheel.

Kemudian putaran yang dihasilkan oleh fltwheel akan menggerakan komponen piston dan lainya sehingga  proses pembakaran pada ruang bakar akan terjadi dengan sempurna.

Untuk dapat bekerja dengan baik motor starter disusun dengan berbagai komponen. Untuk mengetahui komponen apa sajakah itu simak penjelasan dibawah ini:

1. Magnetic Switch

Salah satu komponen didalam motor starter adalah magnetic swich yang memiliki fungsi sebagai saklar tempat mengalirnya arus listrik dari aki ke armature terminal utama. 

2. Solenoid Starter

Ini merupakan salah satu komponen motor starter yang memiliki fungsi sebagai pencipta medan magnet. Jadi solenoid merupakan sebuah gulungan kawat tembaga yang bekerja secara elektromagnetik, ketika komponen ini dialiri listrik maka terciptalah medan maganet. Kemudian meddan magnet inilah yang selanjutnya akan menggrakan plujgger kedalam solenoid dan output solenoid.

Pada dasarnya solenoid tarter memiliki dua kumparan, kedua kumparan tersebut adalah Pull ini koil dan Hold in koil. Pul ini Koil adalah sebuah kumparan dalam solenoid dtarter yang ketika mendapat aliran  listrik akan menimbulkan medan magnet. Pull ini koil memiliki fungsi untuk menarik plugger ka arah salam magnetic swich  sehingga gear pinion terdorong maju menempel sehingga terhubung ring gear flywheel. Hold In koil  adalah sebuah kumparan yang menimbulkan medan magnet saat dialiri arus listrik. Komponen ini memiliki fungsi menahan plugger agar tetap pada posisi tertarik didalam magnetikc swich.

3. Pluger

Komponen ini memiliki fungsi sebagai pendorong pinion gear pada bagian depan plunger sedangkan bagian belakang untuk mengaktifkan magnetic swich.

4. Yoke dan Pole Core

Komponen ini memiliki fungsi sebagai wadah atau tempat utuk meletakan pole core yang diikat dengan sekrup.

5. Kumoaran Medan

Komponen ini memiliki fungsi sebagai tempat untuk menciptakan medan magnet saat di aliri arus listrik dari aki.

6. Brush

Komponen yang terbuat dari tembaga lunak ini memiliki fungsi sebagai alat untuk meneruskan arus listrik dari kumparan medan menuju armature koil. Biasanya motor starter memiliki 4 buah Brush yang dikelompokan menjadi dua bagian. Pertama brush positif yang digunakan untuk menghubungkan arus listrik dari Field Coil ke Armature coil. Kedua Brush negative yang digunakan untuk menghubungkan arus listrik dari armature koil menuju massa.

7. Armature dan Shaft

Komponen ini memiliki fungsi untuk mengubah ebergi listrik menjadi gerak dengan Gerakan putar.

8. Kommutator

Komponen ini memiliki fungsi untuk mengalirkan arus listrik dari kumparan medan melalui sikat positif menuju ke sikat negative dengan melalui kumparan armature.

9. Driver Lever

Komponen ini memiliki fungsi untuk meneruskan Gerakan yang dihasilkan oleh plugger di solenoid starter.

10. Overrunning clutch

Komponen ini memiliki fungsi sebagai penerus torsi putaran yang dihasilkan dari armature menuju ke ring gear flywheel dan untuk mencegah rusaknya pinion gear setelah mesin hidup.

11. Pinion Gear dan helical spline

Komponen ini memiliki fungsi untuk meneruskan daya putar motor starter menuju mesin.

12. Planetary gear

Komponen ini memiliki fungsi untukmeningkatkan torsi dan daya putar dari armature.

13. Gear Reduction

Komponen ini memiliki fungsi untuk mereduksi kecepatan putaran armature dan mengubahnya menjadi torsi.

Itulah penjelasan mengenai fungsi komponen motor starter semoga penjelasan diatas dapat membatu teman teman. Sekian terimakasih


Tidak ada komentar untuk "Penjelasan Komponen Motor Starter Beserta Fungsinya"

Berlangganan via Email